BRI Liga 1 Pelatih Terbaik Liga Indonesia Hingga Saat Ini

0
55

Debatbola.com – BRI Liga 1 : Pelatih Terbaik Liga Indonesia Hingga Saat Ini BRI Liga 1 selalu menarik untuk dibahas, Liga dengan kasta tertinggi di Indonesia tersebut selalu memiliki sisi menarik. Mulai dari klub-klubnya, pemain-pemainnya, hingga pelatih-pelatihnya. Dari sekian banyak pelatih yang ada, tercatat ada 4 pelatih yang bisa dikatakan sukses berkarir di Liga 1 Indonesia hingga saat ini, siapa saja mereka?

Robert Alberts

Robert Alberts merupakan pelatih yang berasal dari Negeri Kincir Angin. Pelatih ini sebenarnya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berkarir di kancah sepak bola Malaysia. Meskipun demikian, kehadirannya di liga sepak bola Indonesia langsung mencuat dan menarik perhatian. Kala itu dirinya melatih Arema Indonesia pada musim liga tahun 2009-2010.

Menakjubkannya adalah pada musim itu juga Robert Alberts berhasil mempersembahkan trofi juara ISL untuk Arema. Namun sangat disayangkan ini menjadi trofi pertama sekaligus terakhir yang dipersembahkan dirinya selama menempuh karir di Indonesia. Karena pada liga-liga selanjutnya dirinya hanya mampu menjadi runner-up. Predikat tersebut diperoleh tahun 2018 bersama PSM Makassar dan 2021/2022 bersama Persib Bandung.

Stefano Cugurra Teco

Sepertinya semua kenal dengan pelatih yang satu ini, namanya semakin terkenal karena Stefano merupakan salah satu pelatih yang sangat fenomenal. Stefano Cugurra Teco mampu menjuarai gelar Liga 1 Indonesia tiga kali berturut-turut dalam 3 musim terakhir. Bahkan gelar tersebut mampu dipersembahkan dengan melatih 2 klub sepak bola yang berbeda.

Kariernya di Indonesia terbilang cukup mentereng sehingga dirinya mudah dikenali masyarakat apalagi pecinta sepakbola Indonesia. Sebelum menjadi pelatih inti, perjalanan kepelatihannya berawal dari menjadi pelatih fisik Persebaya Surabaya. Saat itu dirinya berada di bawah kepemimpinan pelatih Jacksen F. Tiago yang mampu meraih juara pada musim 2004. Stefano Teco baru menjadi pelatih kepala saat musim 2017 ketika menaungi Persija Jakarta.

Saat menaungi Persija Jakarta, dirinya mampu membawa klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut meraih gelar pada musim 2018. Kemudian pada tahun 2019 dirinya pindah melatih Bali United. Ternyata di Bali United dirinya mampu mempersembahkan dua trofi Liga 1 berturut0turut yaitu pada musim 2019 dan 2021.

Jacksen F. Tiago

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Jacksen F. Tiago pernah melatih Persebaya Surabaya. Dirinya mampu memimpin klub berjuluk Bajul Ijo tersebut meraih gelar juara Liga 1 pada musim 2004. Menakjubkannya adalah saat itu Persebaya Surabaya merupakan tim promosi yang sebelumnya berasal dari juara Divisi 1 tahun 2003. Hal ini langsung menyita perhatian banyak kalangan.

Tidak heran bahwa pelatih asal Negeri Samba tersebut bisa dibilang sebagai salah satu pelatih tersukses yang menangan tim Liga 1 Indonesia hingga saat ini. Tidak puas menjuarai satu kali, Jacksen F. Tiago bahkan memimpin klub yang diampunya menjuarai ISL musim 2008/2009, 2010/2011 dan 2013. Semua itu berhasil diraihnya ketika melatih klub Persipura Jayapura.

Rahmad Darmawan

Dari namanya sudah bisa disimpulkan bahwa pelatih ini berasal dari Indonesia. Tidak seperti pelatih-pelatih yang disebutkan sebelumnya yang berasal dari luar negeri, Rahmad Darmawan patut dibanggakan sebagai pelatih asal tanah air yang mampu bersaing dengan pelatih berkualitas asal Negara lain. Karirnya mulai mentereng saat dirinya melatih klub Persipura Jayapura dan menjuarai liga pada musim 2005.

Kemudian namanya semakin naik saat melatih Sriwijaya FC karena mampu meraih lima trofi sekaligus untuk klub yang sering disebut Laskar Wong Kito ini. Gelar juara pertama kali diraih pada musim 2008/2-018, kemudian 3 kali beruntun dirinya membawa tim asuhannya menjuarai Piala Indonesia pada musim 2007/2008, 2008/2009, dan 2010. Bahkan terakhir dirinya mampu meraih juara Piala Gubernur Kaltim tahun 2018.

Kemudian dirinya melatih klub asal Cilegon yaitu RANS Cilegon yang saat itu bermain di divisi 2. RANS Cilegon mampu menjadi runner-up pada liga 2 2021. Hal tersebut dianggap berhasil karena saat itu juga RANS Cilegon statusnya naik kasta menjadi salah satu peserta Liga 1 pada musim depan. Banyak yang menantikan bagaimana Rahmad Darmawan berajang di Liga 1 Indonesia dengan klub barunya yang masih promosi tersebut. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here