Brazil ke Final Copa América, Tite Kian Perkasa

0
221

Debatbola.com – Keperkasaan timnas Brazil di ajang Copa América edisi tahun 2021 kian berlanjut selepas mereka sukses sungkurkan Peru di babak semifinal. Pasukan Tite yang mendominasi hampir seluruh jalannya pertandingan hanya bisa meraih kemenangan 1-0. Kemenangan inipun membuat rekor Tite bersama Brazil kian mentereng.

Menang Tipis Atas Peru

Dominan di fase grup, Brazil kian perkasa kala kompetisi Copa América kian mendekati akhir. Perlahan namun pasti, Tim Samba asuhan Tite mulai merangsek mencari tempat tertinggi di kompetisi antar negara Amerika Selatan ini. Teranyar, mereka baru saja mengalahkan Peru di babak semifinal untuk melangkah ke final turnamen.

Sepanjang pertandingan, Brazil memang mendominasi dengan mencatatkan 56 persen penguasaan bola, sedang lawannya hanya sebesar 44 persen. Delapan shoot on target juga berhasil dilepaskan oleh armada Tite. Tetapi dari delapan shoot on target itu, tercatat hanya ada satu yang berhasil merobek jala gawang Peru.

Berkali-kali, Brazil berusaha memecah kebuntuan dengan menyarangkan bola ke gawang Peru, tapi tangguhnya Pedro Gallese di bawah mistar membuat Brazil kesusahan. Brazil akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-35. Gallese akhirnya terpedaya oleh sepakan Lucas Paquetá usai memanfaatkan umpan silang Neymar.

Di babak kedua, Peru yang ketinggalan satu gol berusaha meningkatkan intensitas serangan, dan mereka beberapa kali sukses merepotkan kiper Brazil Ederson. Brazil tak mau kalah. Mereka juga terus berusaha mencuri gol ke-2 melawan Peru. Sayang, hingga pertandingan semifinal Copa América ini berakhir, keunggulan satu gol Brazil tetap bertahan.

Tite Kian Perkasa

Kemenangan atas Peru ini tentu terasa sangat indah untuk Brazil karena berkat kemenangan ini, mereka berhasil merebut satu kursi di babak final. Tak cuma itu, kemenangan ini juga sukses membuat pelatih mereka Tite kian perkasa. Berkat kesuksesannya ini, pelatih berusia 60 tahun lagi-lagi sukses mengantar Brazil menuju final Copa América.

Perlu diingat, pada kompetisi Copa América edisi sebelumnya, Brazil juga berada di bawah asuhan Tite. Tite kala itu sudah menjadi pelatih Brazil sekitar tiga tahun, menggantikan posisi Dunga. Pelatih bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi itupun sukses membawa Brazil ke final Copa América di tahun tersebut, dan pada akhirnya keluar sebagai jawaranya.

Sekarang, Tite tercatat telah lolos ke final Copa América sebanyak dua kali, dan ia juga melakukannya dua kali beruntun. Tite pun masuk ke dalam lima besar pelatih dengan persentase kemenangan paling bagus sepanjang eksistensi Copa América. Eks manajer Corinthians diketahui punya persentase kemenangan di angka 75 persen.

Dengan kemenangan ini, Tite juga sukses memperpanjang rekor unbeatennya bersama Brazil. Lewat kemenangan kontra Peru, Brazil asuhan Tite berarti belum tersentuh kekalahan selama 12 laga beruntun Copa América. Hal ini membuat nama Tite sejajar dengan eks pelatih dan pemain Brazil Mário Zagallo yang memiliki persentase kemenangan sama di Copa América.

Secara keseluruhan, statistik timnas Brazil sendiri terlihat begitu mengerikan karena dalam 13 laga terakhir di semua ajang, belum ada yang mampu mengalahkan mereka. Rekor Tite kala melawan Peru juga bertambah bagus. Kemenangan ini tercatat menjadi kemenangan ke-6 Tite kontra Peru kala menangani Brazil.

Cuma Satu Tujuan Brazil

Satu tiket ke babak final sudah berhasil digenggam, dan kini, Brazil tinggal menunggu pemenang pertandingan antara Argentina menghadapi Kolombia. Siapapun lawannya di final nanti, Brazil hanya punya satu tujuan. Mereka ingin menjadi juara untuk memastikan gelar Copa América ke-10 dan gelar Copa América ke-2 secara berturut-turut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here