Bowen mencetak gol kemenangan di menit

0
191

Debatbola.com – Gol kemenangan Jarrod Bowen di menit-menit akhir membuat West Ham mengakhiri penantian mereka selama 43 tahun untuk meraih trofi dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Fiorentina di final Liga Europa. The Hammers memenangkan trofi pertama mereka sejak Piala FA tahun 1980, dan trofi Eropa pertama mereka sejak tahun 1965, pada malam yang bersejarah dan emosional di Praha.

Kini David Moyes telah mencatatkan namanya dalam sejarah West Ham, bergabung dengan Ron Greenwood dan John Lyall sebagai manajer the Hammers yang memenangkan trofi. Sebuah tempat di Liga Europa musim depan berarti klub telah lolos ke Eropa tiga musim berturut-turut, untuk pertama kalinya.

Dukungan tandang mereka hampir selalu baik hati di sepanjang musim, jadi sangat memalukan melihat para penggemar West Ham melemparkan peluru ke dalam lapangan ke arah para pemain Fiorentina. Kebanyakan berupa gelas plastik, namun sebelum turun minum, setidaknya satu benda menyeramkan membuat kapten Fiorentina, Cristiano Biraghi, terluka di bagian belakang kepalanya, memaksa wasit Carlos Del Cerro Grande untuk menghentikan pertandingan sejenak, ketika sebuah pesan melalui sistem pengeras suara meminta para penggemar untuk berhenti melempar rudal. Penyelidikan UEFA pasti akan dilakukan.

Pada tendangan sudut Fiorentina berikutnya, sundulan Christian Kouame membentur tiang gawang dan Luka Jovic menceploskan bola rebound, namun untungnya bagi West Ham dan terutama bagi penjaga gawang Alphonse Areola ia dinyatakan offside. The Hammers sesekali mengancam melalui serangan balik di babak pertama yang berlangsung cukup ketat, namun tendangan mendatar Michail Antonio dapat diselamatkan oleh Pietro Terracciano dan sebuah tendangan dari Rice yang memanfaatkan bola muntah dari Vladimir Coufal masih melebar.

Del Cerro Grande sempat membuat West Ham frustasi dengan beberapa keputusan aneh, namun wasit eksentrik asal Spanyol tersebut tidak dapat menolak permintaan penalti mereka di menit ke-90 setelah melihat tayangan di layar kaca. Bola terlihat jelas mengenai tangan Biraghi setelah Bowen mengontrol bola dengan dadanya dan Said Benrahma menceploskan bola dari titik putih ke dalam gawang di depan para pendukung the Hammers.

Namun Fiorentina menyamakan kedudukan hanya empat menit kemudian ketika Nicolas Gonzalez memenangkan sebuah sundulan dan bola jatuh ke Giacomo Bonaventura untuk dikontrol dan melepaskan tendangan yang melewati Rice dan Nayef Aguerd ke pojok gawang.

Mereka hampir saja unggul namun Rolando Mandragora mengarahkan tendangannya melebar dari depan gawang. Namun West Ham kembali mendapatkan ketenangan mereka dan Tomas Soucek, yang bermain di kandang mantan klubnya, Slavia Prague, dua kali digagalkan oleh Terracciano. Kemudian tibalah saat yang ditunggu-tunggu.

Umpan terobosan dari Lucas Paqueta berhasil melewati barisan pertahanan Fiorentina dan di sana terdapat Bowen, yang berlari dengan cepat dan menaklukkan Terracciano. Kegaduhan di atas lapangan, di touchline dan di tribun penonton. Penantian telah berakhir dan West Ham akhirnya dapat merayakan beberapa piala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here