Bisakah tim Afrika mencapai semifinal Piala Dunia 2022?

0
20
Bisakah tim Afrika mencapai semifinal Piala Dunia 2022_

Debatbola.com – Ada langit-langit kaca yang jelas di atas Afrika di dalam Piala Dunia 2022 tahun ini.

Dalam mencapai perempat final di Piala Dunia 1990, Kamerun menetapkan tolok ukur yang belum diperbaiki. Senegal dan Ghana juga mencapai delapan besar, masing-masing pada tahun 2002 dan 2010, tetapi kisah masa lalu benua di panggung global telah menjadi salah satu pencapaian yang relatif rendah.

Didukung oleh pinggul berputar Roger Milla dan atletis tak kenal takut, Singa Indomitable Kamerun adalah cahaya bersinar dari Piala Dunia 1990 di Italia. Kemenangan atas pemegang gelar Argentina, Rumania dan Kolombia menetapkan standar tinggi dan, untuk pertama kalinya, tim Afrika mengklaim tiga kemenangan di Piala Dunia.

Kinerja itu secara luas diharapkan untuk menandai era baru pencapaian. Itu juga tampaknya membenarkan pernyataan Pele bahwa tim Afrika akan memenangkan Piala Dunia pada tahun 2000.

Namun, prediksi itu pada akhirnya akan gagal.

Pada tahun 2010, Ghana adalah satu-satunya dari enam wakil yang lolos dari babak penyisihan grup di Afrika Selatan.

The Black Stars, menggabungkan pengalaman debut mereka pada tahun 2006 dengan janji tim pemenang Piala Dunia U-20 2009 mereka, bermain sepak bola yang terorganisir dan disiplin, setelah menang atas Serbia dan Amerika Serikat.

Lantas, apakah semua janji dan harapan itu sirna begitu saja atau semua harapan tersebut menjadi sebuah realita?

Pertandingan Piala Dunia Afrika telah dikotori dengan skandal, sebagian besar tentang gaji yang belum dibayar, yang menyebabkan kehinaan dan fokus yang tergelincir.

“Politik terlalu dekat terlibat dalam sepak bola,” kata mantan pemain internasional DR Kongo Gabriel Zakuani.

Poin pembicaraan besar lainnya adalah terbatasnya jumlah slot yang diberikan ke Afrika untuk Piala Dunia.

Untuk benua yang terdiri dari 54 negara anggota, hanya mendapat lima slot, dan itu pun baru sejak 1998.

Dari sudut pandang probabilistik murni, ini sangat mengurangi peluang Afrika untuk membuat kesan. Itu juga berarti Kualifikasi Piala Dunia Afrika adalah salah satu yang paling sulit untuk dinegosiasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here