Billy Gilmour dan Kesan Tak Terlupakan Pada McTominay

Debatbola.com – Di usia 18 tahun, awal karier professional Billy Gilmour berada di jalur yang tepat. Usia yang masih teramat muda tak membuat dirinya dikesampingkan oleh manajer Chelsea, Frank Lampard.

Lampard tak hanya mempromosikan Gilmour ke skuad utama Chelsea, melainkan juga memberikan debut professional pada pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah tersebut. Debutnya terjadi pada laga Premier League melawan Sheffield United setelah menggantikan Tammy Abraham di menit ke-84 akhir Agustus lalu.

Setelah itu, Gilmour dipersiapkan Lampard untuk sejumlah laga atau setidaknya masuk dalam daftar pemain cadangan Chelsea. Hingga Maret 2020, total 7 laga sudah dimainkan pemain yang direkrut Chelsea dari Glasgow Rangers tersebut. 

Walaupun kesempatan bermainnya masih minim, permainan Gilmour beberapa kali mencuri perhatian publik. Salah satunya pada laga Piala FA melawan Liverpool. Kala itu Chelsea menang dengan skor 2-0. Tak mencetak gol, kontribusi besar Gilmour terlihat dari operan-operannya yang menjadi awal mula serangan The Blues.

Menikmati kariernya saat ini, Gilmour sendiri ternyata cukup terinspirasi oleh gelandang Skotlandia milik Manchester United, Scott McTominay. Bukan karena keduanya berasal dari negara yang sama, tapi karena McTominay yang lebih tua empat tahun dari Gilmour itu memberikan pesan yang membuat Gilmour menjadi lebih bersemangat dalam berlatih dan bermain.

“Di sebuah pertandingan, lawan tersulitku adalah Scott McTominay. Bukan karena dia orang Skotlandia, tapi kupikir pertandingan itu yang menurutku sangat sulit,”ujar McTominay dilansir Metro saat mengenang kembali laga Chelsea melawan Man United di Piala Liga. 

“Tidak ada rivalitas, lagipula aku tak akrab dengannya. Tapi setelah pertandingan dia mengirimiku pesan dengan bilang, ‘Terus lakukan apa yang sedang kamu lakukan’. Kupikir itu sangat menyenangkan buatku.”

Sebagai sesama gelandang tengah, bukan tak mungkin McTominay akan menjadi duet Gilmour di Tim Nasional Skotlandia pada masa yang akan datang. Namun tentu perjalanan keduanya masih panjang karena keduanya masih belia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here