Bermain Imbang, Shin Tae Yong Beri Poin Pertama Untuk Timnas Indonesia

0
126
Bermain Imbang, Shin Tae Yong Beri Poin Pertama Untuk Timnas Indonesia

Debatbola.com – Tim Garuda baru saja menyelesaikan pertandingan pertamanya di putaran kedua gelaran World Cup Qualification. Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil menahan imbang tim Gajah Putih, Thailand di laga tersebut.

Shin Tae Yong yang baru ditunjuk pada Januari tahun lalu ini begitu banyak membuat perubahan di kubu timnas. Pelatih berusia 50 tahun tersebut juga sukses mempersembahkan poin pertama bagi skuat Garuda.

Menahan Imbang Tim Gajah Putih

Pertandingan lanjutan World Cup Qualification grup G telah dilaksanakan dan bertempat secara pusat di UEA. Langkah tersebut diambil oleh pihak penyelenggara, FIFA lantaran untuk meredam badai pandemi Covid-19.

Laga keenam, timnas Indonesia tampil menghadapi negara Asia Tenggara lainnya, Thailand. Di partai yang menandai masa kerja Shin Tae Yong pertama kali itu berhasil diakhiri dengan kedudukan yang imbang.  

Gol pertama datang bagi skuat asuhan Akira Nishino tepat saat laga baru berjalan lima menit. Bek kanan tim, Narubadin Weerawatnodom sukses menggetarkan gawang yang dijaga oleh Nadeo Argawinata. Gol tersebut dicetak dengan memanfaatkan kemelut di mulut gawang selepas sepak pojok.

Tepat pada menit ke-39, gantian tim Indonesia yang membalas lewat kaki gelandang Bali United, Kadek Agung. Sodoran umpan manis dari Syahrian Abimanyu yang memperdayai bek Thailand sukses memudahkan Kadek Agung dalam menjebloskan bola. Kedudukan menjadi imbang 1-1 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Peluit tanda babak kedua dimulai pun ditiupkan, kembali lagi tim Thailand mencetak gol setelah babak kedua baru berjalan lima menit. Striker Muangthong United, Adisak Kraisorn adalah orang dibalik gol tersebut.

Selepas gol dari Adisak Kraisorn, tim Indonesia kembali bermain ngotot. Anak asuh Shin Tae Yong tentunya tidak mau pulang dengan tangan kosong. Kapten Timnas Indonesia , Evan Dimas sukses membobol gawang yang dijaga oleh Siwarak Tedsungnoen itu tepat pada menit ke-60.

Sampai sang pengadil lapangan yang bertugas, Ammar Mahfoodh meniupkan peluit panjang, tak ada gol lagi yang tercipta. Skor imbang 2-2 bertahan dan dengan begitu, Evan Dimas dan kawan-kawan sukses meraih poin pertama mereka.

Poin Pertama Shin Tae Yong

Berlaga pertama kali di laga resmi merupakan sebuah pengalaman yang sangat menegangkan, tak terkecuali bagi Shin Tae Yong. Sebelumnya pada putaran pertama yang lalu, timnas dibawah asuhan mantan pelatih, Simon McMenemy, tim Garuda belum mendapatkan poin.

Dalam lima pertandingan sebelumnya itu, tim Indonesia mengalami kekalahan demi kekalahan beruntun. Hingga menghuni posisi dasar klasemen grup G dengan jumlah kebobolan 18 gol dari lima laga.

Kini, arsitek timnas pun berganti dan bertanggung jawab penuh bagi timnas di putaran kedua World Cup Qualification ini. Di laga pertamanya, pelatih berkewarganegaraan Korea Selatan itu mampu mempersembahkan satu poin.

Gaya Baru Timnas

Lain pelatih lain pula taktik dan gaya permainan timnas. Begitu juga dirasakan oleh timnas Indonesia yang berada dibawah kendali pelatih terbarunya. Uniknya pemain yang dipanggil oleh sang pelatih adalah pemain yang masih muda dan baru pertama kali membela timnas.

Akan tetapi dengan semangat dan permainan ngotot serta kedisiplinan yang dibawanya, para pemain muda itu mampu berkembang. Mereka mampu berbaur dan melebur dengan para pemain senior seperti Evan Dimas.

Permainan tim Indonesia pun berangsur-angsur membaik dan mempertontonkan semangat bertanding yang apik pada laga melawan Thailand. Namun juru mudi tim, Shin Tae Yong mengaku masih belum puas dan bakal lebih mendorong anak asuhnya untuk bermain lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here