Berlabuh ke Meksiko, Begini Kontrak Yang Ditandatangani Dani Alves

0
47

Debatbola.com – Tidak hanya membeli namun Barcelona ternyata juga menjual sejumlah pemainnya. Selain untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka yang dalam beberapa waktu ini kerap diisukan ‘gonjang-ganjing’, terdapat beberapa alasan yang lain. Salah satunya adalah regenerasi tim yang dimana tercermin dari tindakan pihak El Barca yang memutuskan untuk melepas Dani Alves ke Meksiko.

Bergabung UNAM Pumas

Mantan pemain PSG ini langsung mendapatkan tim baru di Meksiko usai dirinya hengkang dari Barca. Adapun klub yang dibela Dani Alves di Liga MX Apertura (Divisi 1 Liga Meksiko) adalah UNAM Pumas. Klub yang bermarkas di Estadio Olímpico Universitario tersebut bisa dibilang merupakan salah satu klub tersukses di tanah Meksiko.

Klub yang juga berjuluk Universitarios tersebut telah memenangkan 13 trofi berdasarkan data dari Transfermarkt. Adapun dari ke-13 trofi tersebut, 3 diantaranya merupakan trofi CONCACAF Champions. Yang dimana ketiga trofi tersebut sudah lama dimenangkan bahkan sebelum tahun 1990. Trofi-trofi tersebut dimenangkan UNAM Pumas pada musim 88/89, 81/82, serta pada musim 79/80.

Sementara 10 gelar lainnya merupakan trofi yang dimenangkan dari kompetisi gelaran domestik. Rentetan trofi tersebut diantaranya adalah 3 piala Mexican Champion, kemudian 3 trofi Mexican Clausura Champion, dan 2 Mexican Campeon De Campeones. Sementara itu 2 sisanya merupakan 1 gelar juara Champion Arpertura serta 1 trofi Mexican Cup.

Kedatangan Dani Alves tentu bisa juga dipengaruhi oleh faktor sejarah dari UNAM Pumas yang cukup mentereng. Bukan tidak mungkin bersama Dani Alves musim ini, UNAM Pumas akan mengulangi prestasi mereka. Mengingat mental juara yang dimiliki Dani Alves yang telah memenangkan banyak trofi menjadi salah satu poin penting dari perekrutannya.

Kontrak Satu Musim

Masih dikutip dari data Transfermarkt, pemain yang kini berusia 39 tahun tersebut memiliki kontrak jangka pendek bersama UNAM Pumas. Sejak bergabung pada tanggal 23 Juli lalu, Dani Alves sepakat menandatangani kontrak selama 1 tahun bersama UNAM Pumas. Adapun kontrak pemain Brazil tersebut akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2023 mendatang.

Beralih ke biaya transfer yang dibutuhkan, UNAM Pumas bisa dibilang nyaris tak mengeluarkan uang mereka untuk mendatangkan seorang Dani Alves. Dani Alves sendiri bergabung ke UNAM Pumas dengan status bebas transfer dari Barcelona. Kepindahan Dani Alves secara gratis bisa juga dipengaruhi oleh neraca keuangan Barca yang tidak memungkinkannya untuk bertahan.

Jalani Laga Debut Liga Meksiko

Pada tanggal 28 Juli lalu, Dani Alves telah menjalani laga debutnya bersama UNAM Pumas di Liga Meksiko. Pada laga melawan Mazatlan FC tersebut, Dani Alves diturunkan sebagai seorang gelandang tengah. Dirinya bermain selama 90 menit penuh dan berhasil mencatatkan 1 assists.

Kemudian tanggal 31 Juli yang lalu, Dani Alves kembali diturunkan sebagai starter. Dalam laga melawan Monterrey tersebut, Dani Alves kembali dimainkan sebagai gelandang tengah. Namun kali ini, dirinya gagal mencetak gol ataupun assist. Dan laga yang ia mainkan tersebut harus kembali dengan hasil imbang, 1-1.

Sepertinya, Dani Alves harus diberi kesempatan untuk bermain di posisi aslinya. Selama bermain di Barcelona, Dani Alves bahkan tak pernah sebagai starter mengisi posisi gelandang tengah. Adapun posisi yang paling sering diisi oleh Dani Alves adalah sebagai bek kanan. Setidaknya, Dani Alves telah memainkan hingga 386 laga sebagai bek kanan.

Contohnya ketika ia bermain sebagai gelandang tengah pada laga Joan Gamper Cup melawan Barcelona, timnya jadi kalah telak. Bahkan ketika Dani Alves bermain, UNAM Pumas sudah kebobolan 5 gol lebih dulu. Kemudian mereka hanya kebobolan 1 gol setelah di menit 60, Dani Alves diganti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here