Berkat Gol Alvaro Morata, Spanyol Berhasil Bangkit

0
164
Berkat Gol Alvaro Morata, Spanyol Berhasil Bangkit

Debatbola.com – Bertanding di fase 16 besar, timnas Spanyol harus melawan runner up Piala Dunia, Kroasia. Sebelumnya tim yang dipimpin oleh Luka Modric itu finish di peringkat kedua pada grup D. Setelah hanya meraih empat poin dari tiga laga.

Hal yang sama juga diraih oleh skuat yang berjuluk La Furia Roja. Dimana mereka juga berhasil keluar sebagai runner up grup E. Mereka mengemas lima poin dari total tiga pertandingan. Timnas Spanyol berselisih dua poin dari sang pemuncak grup, Swedia.

Timnas Spanyol memastikan diri ke babak perempat final EURO 2020 setelah menjungkirbalikkan Kroasia di fase 16 besar. Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Parken, Kopenhagen, skuat asuhan Luis Enrique sempat tertinggal dan mengejar tetapi di akhir laga hasil imbang menjadi hasil yang diraih.

Hasil Imbang Waktu Penuh

Sejak peluit babak pertama ditiupkan, kedua tim langsung menampilkan permainan menyerang mereka. Gol pertama pada laga tersebut tercipta pada menit ke-20 berkat gol bunuh diri dari gelandang Barcelona, Pedri.

Backpass yang dilakukan gelandang berusia 18 tahun tersebut tidak bisa dikontrol dengan baik oleh kiper Spanyol, Unai Simon. Keunggulan pun menjadi milik skuat asuhan Zlatko Dalic dan bertahan setidaknya 18 menit.

Sebab pada menit ke-38, La Furia Roja sukses menyeimbangkan kedudukan. Sang winger, Pablo Sarabia menjadi kreator gol serangan setelah memanfaatkan bola muntah hasil tepisan kiper skuat Vetreni, Dominik Livakovic. Hasil imbang 1-1 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, kedua tim tidak mengendorkan serangan mereka. Namun Spanyol berhasil membalikkan keadaan menjadi keunggulan setelah pada menit ke-57, bek sayap kanan tim mencetak gol.

Bek yang bermain bagi Chelsea, Cesar Azpilicueta menjadi pencetak gol kedua tim di laga tersebut. Gol tersebut tercipta setelah Ferran Torres memberikan umpan silang yang langsung diteruskan kapten The Blues itu dengan sundulan.

20 menit berselang, anak asuh Luis Enrique kembali menambah keunggulan mereka. Kali ini duet Pau Torres dan Ferran Torres menjadi assist dan pencetak gol. Bek Villareal itu berhasil membuat umpan terobosan ke arah pertahanan kubu Vetreni.

Dimana winger muda Manchester City, Ferran Torres tinggal berhadapan saja dengan kiper musuh, Dominik Livakovic. Dengan tendangan ke pojok kanan gawang, kiper Dimano Zagreb tersebut tidak mampu menjangkau dan menghalau bola. Skor menjadi 3-1 untuk Sergio Busquets dan kawan-kawan.

Namun petaka mulai datang untuk skuat Spanyol, dua gol langsung dilesatkan pada waktu kurang dari 10 menit. Menit ke-85 menjadi titik balik bagi tim Kroasia, winger mereka, Mislav Orsic berhasil membuat kedudukan menjadi 3-2.

Menjelang babak kedua berakhir senyum lebar para suporter La Furia Roja seakan menghilang. Gelandang tengah Atalanta, Mario Pasalic menjadikan skor imbang 3-3 pada menit-menit akhir yaitu menit ke-90+5.

Alvaro Morata Jadi Pahlawan

Waktu pun dilanjutkan ke babak extra time selama 30 menit. Dewi Fortuna kembali menghampiri skuat asuhan Luis Enrique pasalnya mereka sukses menambah dua gol lagi di babak ini. Dua gol dari masing-masing Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal sukses menyegel tempat di fase selanjutnya.

Kedua pemain tersebut menjadi pahlawan negaranya untuk lolos ke fase berikutnya di EURO 2020. Namun Alvaro Morata patut disorot berkat golnya itu yang menambah harapan bagi skuatnya. Gol tersebut juga menjadi titik baliknya yang selalu dicemooh oleh fans Spanyol lantaran kurang subur sebagai striker.

La Furia Roja pun dipastikan melaju ke babak perempat final EURO 2020. Mereka akan melawan Swiss yang tampil fantastis saat berhadapan dengan juara dunia, Prancis. Laga kedua tim ini pun akan tersaji pada Jumat (2/7) mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here