Berkarir Selama 20 Tahun, Arjen Robben Putuskan Pensiun

0
366

Debatbola.com – Arjen Robben telah resmi menyatakan pensiun dari karirnya sebagai pemain sepakbola. Mantan pemain Bayern Munchen itu mengakhiri masa baktinya selama 20 tahun berkarir di dunia sepakbola. Pemberitahuan sang pemain tersebut sudah resmi diumumkan di akun media sosialnya.

Arjen Robben menuliskan bahwa dirinya telah memutuskan untuk berhenti dari karir sepakbolanya. Pemain yang dulunya berposisi sebagai winger kanan ini mengakui keputusan ini sangat sulit. Namun terlepas dari itu rasa terima kasih tidak lupa diucapkannya kepada para pendukung.

Meniti Karir Dari Akademi FC Groningen

Arjen Robben mengawali karirnya sebagai pesepakbola dari akademi FC Groningen. Juli, 1999 merupakan tahun dimana dirinya masuk ke dalam tim junior. Dua tahun berselang yakni pada Januari 2001, mantan pemain yang dilahirkan pada tahun 1984 ini masuk ke tim utama.

Sebelumnya pada Desember 2000 ketika umurnya baru 16 tahun, dirinya menjalani debutnya pertama kali dan tampil di gelaran resmi. Mantan pelatihnya, Jan Van Dijk merupakan pelatih yang pertama kali memainkannya di kancah Eredivisie.

Pertandingan melawan RKC Waalwijk adalah laga dimana sang mantan pemain menjalani debut. Mantan pemain yang kini berusia 37 tahun itu masuk pada menit ke-77 menggantikan mantan bek kanan FC Groningen, Leonardo. Sayang klubnya tidak mampu berbicara banyak di laga itu. Mereka hanya mampu menahan imbang RKC Waalwijk dengan skor kacamata.

Selanjutnya pada Juli, 2002 Arjen Robben hengkang ke klub Eredivisie lainnya yakni PSV Eindhoven. Semusim bermain di sana, dirinya langsung meraih trofi pertamanya yaitu trofi Eredivisie. Hingga diboyong Chelsea pada Juli, 2004 eks pemain internasional Belanda itu juga telah meraih dua gelar Dutch Super Cup.

Meraih Semua Trofi Domestik Di Inggris

The Blues menebusnya dengan mahar 18 juta Euro kepada PSV Eindhoven untuk mempermulus jalan keluarnya. Bermain di Stamford Bridge, mantan pemain tersebut sukses meraih dua trofi Liga Premier Inggris. Trofi tersebut diraihnya berturut-turut di musim 2004/2005 dan 2005/2006.

Bahkan di musim 2004/2005 hingga 2006/2007, dibawah asuhan Jose Mourinho, Chelsea sukses meraih semua gelar domestik. Mereka sukses menjuarai Liga Premier Inggris, Carabao Cup dan FA Cup serta Community Shield.

Setelah menjuarai semua gelar domestik bersama Chelsea, Real Madrid pun merekrutnya ke Santiago Bernabeu pada Agustus, 2007. Dana 35 juta Euro menjadi harga yang harus dibayarkan manajemen Los Blancos.

Bermain dua musim berseragam Real Madrid, dirinya hanya meraih dua trofi yaitu La Liga dan Spanish Super Cup. Dua gelar tersebut diraihnya masing-masing pada musim 2007/2008 dan 2008/2009. Agustus, 2009 menjadi bulan dimana Arjen Robben hijrah ke klub yang sukses membuat namanya harum kembali.

Juara Liga Champions Bersama Bayern Munchen

Bayern Munchen menjadi pelabuhan berikutnya. Die Bayern membayarkan dana sebesar 25 juta Euro kepada Real Madrid untuk mengamankan tanda tangannya. Bermain selama hampir sepuluh musim, dirinya telah meraih beragam trofi.

Media olahraga inter303 mencatatkan delapan kali juara Bundesliga, lima kali menjadi kampiun DFB Pokal serta empat kali menjadi juara Piala Super DFL menjadi prestasinya. Bahkan trofi paling bergengsi se-daratan Eropa, Liga Champions juga sukses diraihnya.

Di musim 2012/2013, Bayern Munchen memainkan final melawan tim yang sama-sama dari Jerman, Borussia Dortmund. Pertandingan yang dimainkan di Stadion Wembley itu hampir saja dilanjutkan ke babak pertambahan waktu.

Saat itu, hingga akhir-akhir babak kedua, kedua tim bermain imbang 1-1. Die Bayern membuka skor terlebih dahulu lewat eks striker, Mario Mandzukic pada menit ke-60. Tujuh menit berselang, Ilkay Gundogan menyeimbangkan laga dengan golnya dari titik penalti.

Beruntung tim yang berasal dari Bavaria itu memiliki Arjen Robben. Sebab dirinyalah yang menjadi pembeda di laga tersebut. Pada menit ke-89 memanfaatkan assist dari Franck Ribery, dirinya sukses menggetarkan gawang Roman Weidenfeller.

Timnya pun sukses meraih trofi Liga Champions kelimanya di laga tersebut. Arjen Robben terpilih sebagai man of the match berkat golnya yang memenangkan timnya itu. Dirinya juga berhasil meraih trofi Liga Champions pertamanya.

Hingga Juli, 2019 Arjen Robben tidak memperpanjang kontraknya bersama Bayern Munchen. Juli, 2020 dirinya hijrah ke klub masa kecilnya, FC Groningen dan bertahan di sana hingga menit-menit terakhirnya sebagai pesepakbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here