Belum Pernah Clean Sheet, Ini Harapan Terpendam Aji Santoso

0
64

Debatbola.com – Juru taktik Persebaya Surabaya, Aji Santoso menanggapi kegagalan timnya dalam meraih clean sheet hingga pekan ke tujuh Liga 1 Indonesia musim ini. Persebaya kembali kebobolan ketika menghadapi Persipura Jayapura dalam pertandingan seri kedua Liga 1 Indonesia. Beruntungnya tim Bajul Ijo hanya kebobolan satu gol dan mampu mencetak tiga gol balasan.

Dengan begitu, Persebaya menang dengan skor yang meyakinkan di atas Persipura. Tiga gol dicetak oleh Taisei Marukawa pada menit ke-69, Jose Wilkson pada menit ke-63 dan Bruno Moreira pada menit ke-82. Sedangkan gol penghibur Mutiara hitam diciptakan oleh lesatan Ricky Kayame pada menit ke-53.

Kemenangan Buah Evaluasi

Adapun satu gol yang dimiliki Persipura ini semakin memperpanjang rekor kebobolan Bajul Ijo. Dari total tujuh pertandingan yang sudah dilalui, para penjaga gawang Persebaya pasti selalu memungut bola dari gawang. Aji Santoso sebenarnya mengharapkan timnya bisa steril dari gol lawan di setiap pertandingan, sehingga kemenangan yang dicapai bisa lebih terasa sempurna.

Walaupun begitu, juru taktik asal Malang ini tidak ingin menyalahkan penampilan para pemainnya. Lantaran menurutnya, Rachmat Irianto dan rekan-rekannya telah berjuang sekuat tenaga untuk mengawal lini pertahanan belakang. Aji mengatakan bahwa dirinya memang ingin clean sheet, tapi pada gol pertama tadi si penjaga gawang sudah melakukan upaya tepisan pada bola itu. Bola itu sudah dipukul supaya tidak masuk. Namun akhirnya ditangkap dan terlepas. Lebih lanjut lagi, Aji Santoso mengaku senang dengan keseluruhan performa para pemainnya.

Meski Persebaya tidak diperkuat oleh sejumlah pilar inti, tapi permainannya sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tentu performa Persebaya yang alami perkembangan ini tak lepas dari evaluasi total yang dilakukan selama jeda kompetisi dua pekan lalu. Aji menyampaikan, bahwa di seri pertama evaluasi segala aspek baik dari fisik dan teknik dibenahi ketika libur. Dirinya pun bersyukur lantaran kemenangan ini buah hasil dari evaluasi yang dilakukan terhadap tim.

Cerita Keunggulan Persebaya

Sementara itu, Rachmad Irianto menceritakan alasan timnya bisa berbalik unggul ketika berlaga kontra Persipura. Kemenangan timnya ini tidak lepas dari peran sang kapten Persebaya, Rachmad Irianto yang terus memberikan suntikan motivasinya. Pemain yang kerap disapa Rian ini menjelaskan jika dirinya terus mengingatkan para pemain untuk disiplin.

Selain itu, dirinya juga terus meyakinkan Andhika Ramadhani, sang kiper supaya mental pertandingannya tetap kuat. Rian mengatakan bahwa yang pertama dilakukannya adalah menyemangati Andhika supaya tidak down. Menurut Rian, Andhika memiliki potensi sehingga dirinya terus memotivasi sang kiper. Dirinya juga menyemangati rekan-rekannya yang lain supaya tenang seusai kebobolan. Dirinya meyakinkan mereka bisa bangkit lagi.

Rian juga menegaskan bahwa kunci dari kebangkitan timnya ini adalah lebih kepada menahan emosi, sehingga mereka bisa membangun serangan dengan lebih efektif. Hal ini menurutnya bisa membuat skuat Bajul Ijo bisa meraih kemenangan seusai ketinggalan satu gol dari tim Persipura. Irianto menambahkan bahwa ia juga meminta rekan-rekannya untuk disiplin posisi, dan melarang untuk melakukan serangan sporadis hingga melupakan bagian pertahanan. Dia terus mengingatkan semuanya.

Setelah laga kontra Persipura, Persebaya akan menjalani jadwal yang ketat. Pada laga pekan kedelapan, Persebaya akan berhadapan dengan Persela di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada Kamis (21/10/2021). Dalam laga kontra Persela nanti, Persebaya terpaksa tidak bisa memainkan Bruno Moreira lantaran absen terkena kartu merah saat laga duel dengan Persipura. Kemenangan atas Persipura membawa Persebaya menempati posisi kesembilan klasemen sementara dengan total poin 9.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here