Belanda Lolos dari Fase Grup, Frank de Boer Kami Masih Bisa Jadi Lebih Baik

0
124
Belanda Lolos dari Fase Grup, Frank de Boer Kami Masih Bisa Jadi Lebih Baik

Debatbola.com – Timnas Belanda menjelma menjadi salah satu tim favorit dalam gelaran Euro 2020 setelah pada edisi sebelumnya tidak ikut serta meramaikan turnamen. Skuad asuhan Frank de Boer pun tampil mengesankan dan berhasil amankan tiket ke babak 16 besar. Meski skuadnya sudah tampil impresif, De Boer menilai anak asuhnya masih bisa tampil lebih baik lagi.

Penampilan Impresif di Euro dan Sebelum Euro

Absen pada edisi Euro 2016, Timnas Belanda kali ini ikut meramaikan pagelaran Euro 2020 yang dihelat di 11 kota dari 11 negara berbeda. Belanda pun melangkah dengan cukup meyakinkan di turnamen empat tahunan ini. Mereka sukses mengunci posisi ke-2 Grup C babak kualifikasi, berada tepat di bawah Jerman.

Tim asuhan Frank de Boer juga mengawali perjalanan mereka di babak grup Euro 2020 dengan langkah meyakinkan. Mereka sukses menghancurkan Ukraina dengan kemenangan dramatis, 3-2 di Johan Cruyff Arena. Tiket ke babak 16 besar akhirnya berhasil digenggam Der Oranje setelah memastikan kemenangan 2-0 melawan Austria.

Bisa Tampil Lebih Baik

Melihat penampilan Belanda dalam dua laga yang sudah dilakoni, dapat dilihat bahwa tim ini sejatinya memiliki mental juara. Belanda bisa dikatakan sampai saat ini masih termasuk ke dalam golongan salah satu negara tersukses di Euro 2020. Kendati demikian, Frank de Boer, sang pelatih Belanda menilai timnya masih bisa menampilkan permainan yang lebih baik.

De Boer ditemui awak media ketika tim asuhannya sukses menggondol satu tiket ke babak 16 besar via kemenangan kontra Austria. Pelatih Belanda itu mengakui timnya tampil sangat baik dalam kemenangan tersebut. Tetapi ia menilai masih ada banyak hal yang perlu dibenahi, jika berkaca pada penampilan Der Oranje hari itu.

“Rasanya menyenangkan berhasil melaju ke babak berikutnya dari turnamen ini (Euro 2020).” Kata De Boer, seperti dikutip via Firstpost. “Saya sangat senang dengan hasil yang kami dapatkan hari ini. Tapi tetap saja, masih ada banyak hal yang harus kami tingkatkan di masa mendatang.”

“Hari ini, kami menunjukkan kualitas yang berbeda dari kemarin (vs Ukraina). Secara defensif, kami lebih baik ketimbang saat menghadapi Ukraina. Seharusnya kami bisa memanfaatkan situasi lebih baik saat menguasai bola. Tapi secara keseluruhan, itu performa yang luar biasa, dan itu akan memberi kami kepercayaan diri untuk laga berikutnya.”

Tak Mau Pikirkan Status Tim Favorit

Perjalanan Belanda di fase grup Euro 2020 memang bisa dikatakan relatif mudah karena Grup C yang mereka huni, ditempati oleh beberapa negara non unggulan. Ukraina menjadi lawan terberat pasukan Der Oranje di grup ini, tetapi mereka sudah dikalahkan. Austria juga berhasil dijinakkan, dan Makedonia Utara nampaknya bakal menyusul dua negara tadi.

Lawan yang lebih berat tentu saja bakal menanti di babak 16 besar, di mana Belanda akan berhadapan dengan salah satu peringkat ke-3 terbaik selama fase grup. Frank de Boer tahu bahwa timnya menyandang status sebagai salah satu favorit juara di turnamen ini. Tapi De Boer memilih tak mau peduli hal itu, dan hanya ingin fokus menatap laga demi laga.

“Saya tak mau bicara lebih lanjut mengenai kami yang disebut sebagai salah satu favorit turnamen (Euro 2020). Kami memang bisa mengalahkan tim manapun ketika kami benar-benar mengeluarkan permainan terbaik kami, saya tahu itu. Tapi saya pikir tim-tim lain juga punya pikiran sama, memikirkan laga demi laga dan melihat ke mana nasib akan membawa.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here