Bek Paling Mahal di Liga 1 Musim Ini

0
30

Debatbola.com – Pada tanggal 3 Agustus 2022 kemarin bursa Transfer Liga 1 resmi ditutup untuk periode pendaftaran pemain pertama. Dengan begitu, sudah dipastikan tak ada perubahan untuk daftar pemain termahal di Liga 1. Begitu pula dengan daftar bek termahal Liga 1 berikut ini yang juga sudah tak mengalami perubahan untuk sementara ini:

1. Ondrej Kudela

Tak hanya memuncaki daftar pemain termahal, kemudian daftar striker termahal, Persija juga memuncaki daftar bek termahal di Liga 1 2022/2023. Bek tersebut bernama Ondrej Kudela yang kini telah berusia 35 tahun berkebangsaan Republik Ceko. Tak jauh beda seperti Krmencik, Ondrej Kudela juga pernah membela Timnas Ceko di kancah pertandingan Internasional.

Pemain dengan nilai pasar 6,95 Milyar ini pernah membela Timnas Ceko di level senior pada beberapa ajang resmi dan persahabatan. Beberapa laga yang pernah dimainkannya ialah di ajang Pertandingan Persahabatan, Kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Piala Eropa dan UEFA Nation League. Laga Kualifikasi Piala Dunia merupakan yang paling banyak ia mainkan.

Selama 3 laga, Ondrej Kudela mencetak total menit bermain sebanyak 269 menit. Atau rata-rata menit bermain sekitar 89 menit tiap laganya. Rekan Krmencik tersebut bahkan pernah menghadapi Timnas Belgia di Kualifikasi Piala Dunia dengan skuat intinya, Maret 2021 lalu. Pada laga tersebut, dirinya dipercaya hingga tambahan waktu babak kedua berakhir.

Berkat kerjasama yang ciamik dengan lini pertahanannya, Timnas Ceko hanya kebobolan 1 gol saja. Laga akhirnya berakhir imbang, dengan skor 1-1. Meskipun terdapat 9 tendangan ke gawang Timnas Ceko saat itu. Tentu patut diperhatikan bagaimana kinerja Ondrej Kudela di Liga 1 musim ini dengan gaya bermain sekelas ‘Eropa’ yang dimilikinya.

2. Nick Kuipers

Tak mau kalah dengan Persija, Persib juga memiliki seorang Nick Kuipers yang mempunyai harga pasar yang sama dengan Ondrej Kudela. Dengan harga pasar sebesar 6,95 Milyar Rupiah, Nick Kuipers, mendapat posisi kedua karena mengalami penurunan harga pasar. Berdasarkan Transfermarkt, pemain asal Belanda tersebut sebelumnya memiliki nilai pasar 7,39 Milyar Rupiah.

Pemain setinggi 1,93 meter ini pernah berkarir di Eredivisie, yang merupakan divisi sepakbola tertinggi di Belanda. Dari musim 2017/2018 hingga 2019/2020 dirinya membela ADO Den Haag dan FC Emmen. Namun, selama 3 musim tersebut Nick Kuipers hanya bermain sebanyak 28 laga saja. Dengan rata-rata menit bermain 62 menit tiap pertandingannya.

Minimnya menit bermain Nick Kuipers dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Salah satunya karena cedera, dimana ia harus menjalani operasi selangkangan. Dan karena itu, Nick Kuipers harus absen di 7 laga. Meski begitu, Nick Kuipers sempat mendapat pengalaman berharga karena pernah diturunkan kala melawan PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, Feyenoord hingga Ajax Amsterdam.

3. Javlon Guseynov

Selanjutnya terdapat bek asing milik Borneo FC, Javlon Guseynov. Pemain berkewarganegaraan Uzbekistan tersebut memiliki harga transfer 6,08 Milyar Rupiah. Nilai tersebut bahkan menjadi harga pasaran tertinggi dirinya sebagai pesepakbola. Dirinya telah bergabung pada awal 2019 lalu dengan Borneo FC. Sebelum itu ia bermain untuk tim asal Uzbekistan sendiri, AGMK Olmaliq.

Dipercaya penuh hampir di semua pertandingan Piala Presiden lalu, Javlon Guseynov belum bisa kembali membela Borneo FC karena cedera. Adapun ia menderita cedera sejak 21 Juli lalu dan belum bisa kembali bertanding hingga kini. Meskipun begitu, beberapa lalu dirinya telah dikabarkan jika kondisinya mulai berangsur membaik.

Sepanjang kompetisi Piala Presiden yang diikutinya kemarin bersama Laskar Pesut Etam, Javlon Guseynov mampu bekerja dengan baik di lini pertahanan. Dari 9 laga, ia dengan rekan setimnya mampu berkoordinasi dengan baik di lini pertahanan dengan hanya kebobolan 2 gol saja. Dalam beberapa pertandingan, ia juga sempat dipercaya memakai ban kapten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here