Bek Andalan Timnas Indonesia Pratama Arhan Debut Bersama Tokyo Verdy

0
40

Debatbola.com – Pratama Arhan akhirnya melakukan debut bersama klub barunya, Tokyo Verdy, usai didatangkan dari PSIS Semarang pada Februari silam. Ia menghadapi Tochigi SC pada Rabu, (6/7) sore. 

Pada laga tersebut, Pratama Arhan bermain selama 45 menit. Ia sempat memberi umpan terobosan yang hampir membuat dirinya mencetak assist.

Mengenal Tokyo Verdy

Tokyo Verdy adalah klub profesional asal Jepang yang berkompetisi di J2 League. Klub ini bermarkas di Tokyo dan terbentuk dengan nama Yomiuri FC pada 1969. 

Klub ini adalah salah satu klub dengan prestasi gemilang di kompetisi Liga Jepang. Pernah menjuarai J1 League sebanyak 7 gelar, yakni pada 1983, 1984, 1986-1987, 1990-1991, 1991-1992, 1993, dan 1994. 

Selain itu, mereka juga sempat meraih juara JSL Cup sebanyak 6 kali, Piala Kaisar sebanyak 5 kali, dan juara Liga Champions Asia pada 1988.

Sudah Menunggu Lama

Sejak kedatangannya ke Negeri Sakura, pemilik lemparan jauh asal Blora tersebut telah menanti mendapat kesempatan bermain bersama Tokyo Verdy. Sekitar lima bulan menunggu, akhirnya ia dimainkan menghadapi Tochigi SC

Hal itu diketahui melalui Instagram Tokyo Verdy. Mereka memposting starting eleven sebelum laga melawan Tochigi SC. Nama Arhan tercantum sebagai starter dan ditempatkan sebagai gelandang sayap, berbeda ketika bermain bersama Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong

Sebelumnya Arhan tidak dibawa oleh sang pelatih ketika Tokyo Verdy bermain melawan Kawasaki Frontale di Piala Kaisar dan JEF United pada pekan ke-23 J2 League. 

Penampilan gemilangnya bersama Timnas Indonesia kala Kualifikasi Piala Asia kemarin belum mendapatkan kesempatan, bahkan saat Tokyo Verdy menghadapi Ryukyu, tim terlemah di J2 League. 

Jadi Ajang Pembuktian Arhan

Dari debut ini, Arhan diharapkan mampu menunjukkan kualitasnya kepada pelatih Tokyo Verdy, Hiroshi Jofuku. Pemain yang mempunyai lemparan ke dalam yang jauh ini sama sekali tidak dilirik oleh pelatih sebelumnya. 

Terlebih Arhan sudah menunggu momen debutnya sejak lama, usai didatangkan dari klub Liga 1, PSIS Semarang dengan kontrak dua tahun secara gratis. 

Sebelum laga, Hiroshi mengatakan bahwa dirinya akan adil kepada semua pemainnya. Ia selalu akan melihat performa anak asuhnya dalam sesi latihan. Dirinya tidak akan memutuskan pemain berdasarkan usia, namun kinerja dari pemain itu sendiri. 

Sempat Viral di Media Sosial

Sebelum pertandingan berlangsung, kabar mengenai debut Arhan sempat viral di beberapa media sosial. Sebab, kabar baik tersebut tidak langsung datang dari pihak klub, tapi melalui penerjemahnya, Auliya Agung. 

Agung sempat membagikan kabar soal debut pemain berusia 20 tahun itu melalui Instagram Story pribadinya. Hasilnya, informasi tersebut menimbulkan kegaduhan, bahkan sorotan dari jurnalis media Jepang, Dan Orlowitz. 

Dalam postingan Twitter miliknya, ia menjelaskan bahwa Agung akan berada dalam masalah besar terkait informasinya mengenai debut Arhan. Meski begitu, masalah itu sudah diluruskan oleh pihak klub. 

Menjadi Pemain Indonesia Kelima yang Bermain di Liga Jepang

Pemain kelahiran Blora, Jawa Tengah, ini menambah deretan pemain Indonesia yang bermain di Liga Jepang. Sebelum Pratama Arhan melakukan debut bersama Tokyo Verdy, tercatat terdapat empat pemain lainnya. 

Ricky Yakobi adalah pemain pertama yang sempat merasakan bermain di kompetisi Liga Jepang. Ia bermain untuk Matsushita Electric FC yang kini bernama Gamba Osaka pada 1988.

Selanjutnya, Irfan Bachdim yang bermain untuk Ventforet Kofu (2014) dan Consadole Sapporo (2015). Sayang, dirinya tak pernah merasakan debut bersama Ventforet Kofu.

Pemain Borneo FC, Stefano Lilipaly juga sempat merasakan sensasi bermain di Negeri Sakura. Ia pernah bergabung bersama Consadole Sapporo sebanyak dua kali pada 2014. 

Terakhir ada nama Andik Vermansah. Sebelum bergabung dengan Selangor FA, gelandang Bhayangkara FC juga pernah bermain dengan klub asal Jepang, Ventforet Kofu. Namun, Andik hanya bermain untuk tim saat pertandingan pramusim saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here