Beginilah Nasib Eks Timnas Indonesia U-19 Angkatan Evan Dimas

0
44

Debatbola.com – Timnas Indonesia U-19 angkatan Evan Dimas bisa dibilang sangat membanggakan. Semua komponen tim bisa dibilang berkualitas dan bisa diandalkan. Kala itu untuk pertama kalinya Indonesia mampu menjuarai kompetisi Piala AFF U-19 pada tahun 2013. Saat itu para pemain sangat terkenal dan menjadi idola pencinta sepak bola Indonesia. Namun setelah bertahun-tahun berlalu, bagaimanakah kondisi mereka untuk saat ini?

Tim Berprestasi

Timnas Indonesia U-19 tahun 2013 berada di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri. Bisa dibilang tim angkatan ini sangat membanggakan dan bisa menaikkan euphoria sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak, setelah lama Indonesia tidak menjuarai ajang Piala AFF U-19, akhirnya Indonesia bisa memenangkan kompetisi tersebut saat menjadi tuan rumah.

Kehebatan U-19 angkatan Evan Dimas tidak hanya terlihat di Piala AFF U-19, melainkan berlanjut di ajang Kualifikasi Piala AFC U-19 2014. Hebatnya lagi Indonesia bisa mengalahkan juara bertahan Korea Selatan dengan skor meyakinkan 3-1. Namun sangat disayangkan ada penurunan performa di putaran final. Indonesia gugur dalam fase grup dari Uzbekistan, Australia, dan Uni Emirat Arab.

Kini tercatat sudah lebih dari 8 tahun sejak masa keemasan mereka pada tahun 2013-2014. Para pemain sudah memiliki banyak perubahan dalam segi performa dan stamina. Sebagian besar dari mereka kini bermain di kasta liga tertinggi Indonesia, namun ada juga yang kabarnya sudah tidak terdengar hingga sekarang.

Semakin Bersinar

Setelah kompetisi tersebut, banyak tawaran yang menghampiri pemain timnas. Salah satunya adalah penawaran menjanjikan dari Bhayangkara FC pada musim 2016. Salah satu isi penawaran tersebut adalah para pemain ditawari menjadi anggota Polri yang tentunya bisa dibilang masa depan mereka terjamin ditambah pensiunan. Akhirnya banyak pemain yang tertarik dan membela Bhayangkara FC.

Akan tetapi dari beberapa pemain yang ada, hanya 3 pemain yang masih bertahan di Bhayangkara FC hingga saat ini. Mereka adalah Putu Gede, Muhammad Hargianto, dan Fatchu Rohman. Sedangkan Evan Dimas, Zulfiandi, Hansamu Yama dan Ilham Udin Armaiyn memilih berkarir di klub lain karena status mereka bukan anggota Polri.

Semuanya bersaing ketat di klub liga 1 yang merupakan kasta teratas liga sepak bola Indonesia. Evan Dimas dan Ilham Udin kemudian bergabung ke Arema FC setelah keluar dari Bhayangkara FC. Hansamu Yama pindah ke Persija Jakarta. Kemudian Zulfiandi masih menjadi pemain Madura United. Namun setelah itu banyak pemain yang berpindah-pindah klub salah satunya Evan Dimas yang terakhir bergabung dengan Bhayangkara FC.

Semakin Meredup

Dari sekian banyak pemain Timnas U-19 angkatan Evan Dimas, banyak juga yang karirnya semakin meredup. Hal tersebut dikarenakan para pemain kurang bisa memikat klub lokal. Sebagai contoh ada nama Paulo Sitanggang. Sebelumnya dirinya bermain cukup lama untuk Barito Putera dan akhirnya sekarang bermain untuk Borneo FC.

Sedangkan ada 5 pemain lainnya yang kini membela klub Liga 2 dan harus bersaing ketat membawa klubnya naik ke Liga 1. Pemain-pemain tersebut adalah Maldini Pali, Rully Desrian, Fahri Albaar, Al Qomar Tahupelasury, dan Dimas Sumantri. Padahal para pemain ini juga memiliki kontribusi yang baik saat masa keemasan garuda muda.

Selain 5 pemain yang bermain di Liga 2, ada juga 5 pemain lainnya yang sudah jarang terdengar kabarnya. Bahkan bisa dibilang sudah tidak menjadi pemain sepak bola profesional. Mereka adalah Muchlis Hadi, Febly Gushendra, Hendra Sandi Gunawan, Sahrul Kurniawan, dan Dinan Javier. Namun ada pemain dengan nasib kurang mengenakkan yaitu Dinan Javier, dirinya mengalami cedera parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here