Barcelona Terancam Bangkrut?

0
205
Barcelona Terancam Bangkrut?

Debatbola.com – Belum reda isu Barcagate yang mengganggu manajemen Barcelona, masalah baru kembali menyeruak membuat nama Barcelona negatif. Calon Presiden Barcelona, Victor Font, membeberkan bahwa Barcelona sedang mengalami krisis keuangan dan terancam bangkrut.

Font mengatakan hal itu tak lama setelah enam direksi Barcelona memutuskan untuk mengundurkan diri secara bersamaan. Salah satunya adalah Emili Rousard sang wakil Presiden. Mereka mundur karena merasa kasus Barcagate, di mana Barca dituding menyewa buzzer untuk memperbaiki citra sang presiden, Josep Maria Bartomeu, justru mencoreng nama besar Barca itu sendiri.

Hal itu, menurut Font, berdampak pada kualitas permainan Barcelona yang kian menurun. Apalagi Barca kini tampak tak mampu memaksimalkan lagi bakat dari akademi La Masia akibat fasilitas olahraganya tak diperbarui. 

“Barcelona kini sedang menuju badai yang luar biasa. Mereka harus mengganti generasi pemain terbaik dalam sejarah klub, membangun dan membiayai Espai Barca (program pembangunan fasilitas olahraga Barcelona),” tulis Font dalam surat terbuka yang diterbitkan Marca.

“Mereka juga harus bersaing melawan perusahaan lainnya dengan sumber daya keuangan yang hampir tidak terbatas. Mereka harus melakukan itu sambil menjaga kondisi internal klub dan mempertahankan sisi kompetitif mereka di lapangan.”

Masih menurt Font, jika manajemen Barcelona saat ini tak segera menyelesaikan masalah-masalah yang ada, bukan tak mungkin Barca akan mengalami kebangkrutan. Indikasinya terlihat dari Barca yang memotong gaji para pemainnya sampai 70%, padahal Real Madrid hanya memangkas gaji pemainnya sebesar 10%.

“Ini bukan masalah baru – kita telah menjalani hukuman akibat kasus transfer Neymar, juga ketidaksepahaman yang dibuat direksi, pemain, eksekutif klub dan kasus skandal media sosial.”

“Mari kita tambahkan juga kebijakan di bidang olahraga yang tidak pasti, pengunduran dewan direksi dan penurunan pendapatan yang signifikan karena pandemi. Dampaknya adalah bahaya kebangkrutan ekonomi dan keburukan moral akan menghampiri di klub ini. Game over.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here