Barcelona Pantau Situasi Cesar Azpilicueta

0
41

Debatbola.com – Barcelona diberitakan kembali mengincar salah satu pemain dengan masa kontrak yang akan habis dalam waktu dekat ini. Skuat asal Catalan itu kabarnya tengah memantau situasi dari kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta.

Kontrak Akan Habis

Pemain berposisi sebagai bek kanan tersebut sebelumnya didatangkan The Blues dari Olympique Marseille pada Agustus, 2012 silam. Azpilicueta didaratkan ke Stamford Bridge dengan dana sebanyak 8.8 juta Euro.

Terakhir kali kontraknya diperpanjang adalah pada tahun 2018 lalu dengan perpanjangan selama 4 tahun atau hingga akhir musim ini. Juni, 2022 adalah masa terakhir sang pemain berseragam Chelsea menurut kontraknya yang terakhir kali diperpanjang 2018 silam.

Hingga saat ini pihak Chelsea belum diberitakan akan memulai proses penawaran perpanjangan kontrak kepada Cesar Azpilicueta. Namun pihak klub sendiri menginginkan agar sang kapten mau bertahan di London Barat.

Performa Gemilang

Di bawah asuhan Thomas Tuchel, Cesar Azpilicueta menjadi salah satu amunisi terpenting ketika berlaga. Dirinya mempunyai dua role bermain di kubu The Blues yakni bisa sebagai bek sayap dan juga bek sentral.

Dalam taktik 3-4-2-1 milik pelatih asal Jerman itu seringkali sang pemain diturunkan sebagai pelengkap posisi bek tengah. Azpilicueta biasa bermain bersama Antonio Rudiger dan Thiago Silva di jantung pertahanan Chelsea.

Namun terkadang pemain binaan akademi Osasuna itu juga ditempatkan sebagai gelandang sayap kanan tempat utamanya. Sang kapten pun menjadi pesaing tangguh bagi bek sayap muda Inggris, Reece James.

Cesar Azpilicueta juga menjadi pilar penting skuat Thomas Tuchel saat menjuarai trofi Liga Champions. Dimana dalam 13 pertandingan hingga partai final, pemain kelahiran Pamplona tersebut hanya melewatkan dua laga saja.

Berkat performanya yang menanjak itulah pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique memasukkan namanya dalam beberapa event internasional. Sang pemain pun diplot sebagai bek kanan utama skuat Matador di beberapa laga. Di kubu timnas Spanyol, dirinya bersaing ketat dengan nama bek senior Real Madrid, Dani Carvajal.

Bahkan hingga musim ini, Cesar Azpilicueta masih dipercaya oleh pelatihnya sebagai pemain inti. Pemain bertinggi badan 178 cm itu hanya melewatkan 5 kali bertanding dari total 18 pertandingannya bersama Chelsea.

Ingin Dijadikan Leader Di Barcelona

Barcelona yang dipenuhi para skuat muda membutuhkan banyak leader untuk dapat meningkatkan performa wonderkidnya. Sebelumnya sosok Dani Alves, legenda hidup klub telah berseragam klub tersebut kembali setelah merantau 5 tahun.

Namun Xavi Hernandez, pelatih El Barca masih belum puas dengan kedatangannya. Maka diberitakan kembali bahwa sang pelatih menginginkan pemain lainnya yang bertipe sebagai leader di klub yang baru saja dilatihnya itu.

Cesar Azpilicueta saat ini tengah didekati oleh Barcelona dengan memanfaatkan masa kontraknya yang mendekati kadaluarsa. Fokus manajemen klub adalah membujuknya agar tidak memperpanjang masa bermain di Chelsea.

Kemudian ketika masa kontraknya habis, dirinya akan diboyong dengan gratis di akhir musim nanti. Dengan usianya yang sudah menginjak 32 tahun dan performanya yang masih stabil dirinya bakal menarik minat El Barca.

Kemungkinan Cesar Azpilicueta di usianya yang sudah menuju masa senja ini akan tertarik untuk pulang kampung. Bermain di Liga Spanyol, tanah kelahiran dan pensiun di sana mungkin menjadi ketertarikan utamanya. Apalagi dirinya telah lama sekali menetap di Inggris yakni sejak 2012 silam.

Jika jadi didatangkan dipastikan pemain-pemain muda Barcelona terutama bertipe bek seperti Oscar Mingueza dan Sergino Dest banyak mendapatkan pelajaran. Sosok pemain berpengalaman pasti banyak memiliki pelajaran-pelajaran berharga yang bisa diwariskan kepada anak-anak muda tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here