Barcelona Masih Minati Jose Gaya

0
100

Debatbola.com – Sudah lama, Barcelona meminati full-back milik Valencia yang juga merupakan kapten tim berjuluk Kelelawar Mestalla, José Gayà. Isu ketertarikan Barca pada Gayà sempat meredup setelah klub Catalan batal memboyong sang pemain di musim panas. Tetapi, Barca ternyata dilaporkan masih menaruh minat pada full-back asal Spanyol tersebut.

Cari Backup Jordi Alba

Perlahan namun pasti, pemain-pemain kaya pengalaman meninggalkan Barcelona. Mulai dari Xavi, hingga yang teranyar, Lionel Messi, Sepeninggal beberapa pemain tersebut, kini hanya ada beberapa nama anggota lawas yang masih tampil untuk tim utama. Salah satunya adalah sosok Jordi Alba.

Selama beberapa musim terakhir, Alba menjadi tumpuan Barca di sektor full-back kiri. Sayangnya, sampai saat ini, klub asal Catalan sepertinya belum bisa menemukan sosok yang tepat untuk menjadi backup Alba. Barca juga belum bisa menemukan bek kiri lain yang bisa menjadi opsi jangka panjang ketika Alba sudah tinggalkan Camp Nou.

Untuk beberapa alasan itulah, bahkan sebelum bursa transfer musim panas dibuka, Azulgrana sudah memasukkan bek kiri Valencia, José Gayà ke dalam radar mereka. Sebagai bek kiri yang tangguh, Gayà tentu bisa menjadi backup yang bagus untuk Alba. Dengan usia yang masih muda pula, Gayà bisa menjadi pilihan jangka panjang untuk menggantikan Alba.

Masih Berminat

Meski diketahui sangat berminat mendapatkan tanda tangan Jose Gayà, Barca rupanya gagal mendapatkan bek kiri Valencia itu, sampai ditutupnya pasar transfer musim panas. Seiring kegagalan itu, isu Gayà ke Camp Nou pun kian memudar. Namun, baru-baru ini, Barca diketahui ternyata masih berharap Gayà jatuh ke pelukan mereka.

Kabar ini disampaikan oleh media asal Spanyol, Mundo Deportivo. Sumber berita wahana88 via Mundo Deportivo menyatakan bahwa sampai saat ini, Barcelona masih belum menyerah dapatkan Gayà. Namun, Barca tak mau buru-buru dalam menuntaskan transfer sang pemain. Barca disebut baru akan meluncurkan tawaran berikutnya untuk Gayà pada musim panas tahun depan.

Misi Barca mendapatkan Gayà di musim panas tahun depan nampaknya akan semakin mudah, apalagi jika mengingat sang pemain kini berada di ujung masa baktinya. Sebagai informasi, kontrak Gayà bakal berakhir di tahun 2023. Artinya, akhir musim nanti, Gayà harus memperpanjang kontraknya di Valencia, atau ia akan ditaruh di daftar jual.

Valencia tentu saja tak mau kehilangan pemain seperti Gayà tanpa mendapat bayaran sepeser pun. Oleh karena itu, klub yang bermarkas di Mestalla mungkin akan berusaha memberikan sodoran kontrak baru, sebelum kontrak Gayà yang sekarang selesai. Jika akhirnya Gayà tak memperpanjang kontraknya, maka Valencia tak segan menjualnya dengan harga yang pantas.

Untungnya Barca Jika Rekrut Gayà

Selama memperkuat Valencia, José Gayà sendiri mampu memainkan perannya dengan baik, entah sebagai seorang full-back, maupun sebagai kapten tim. Memulai debut pada tahun 2012 untuk Valencia, tiap tahunnya, Gayà seakan menjadi makin tangguh saja. Sekarang, ia bahkan kerap dicap sebagai salah satu full-back terbaik La Liga.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bagi Barca, mendatangkan Gayà bakal memberi mereka banyak keuntungan. Kedatangan Gayà akan semakin menambah kedalaman skuad mereka, terlebih setelah hengkangnya Junior Firpo ke Leeds United. Pasalnya, pasca kepergian Junior Firpo, Barca tidak punya banyak opsi di sektor full-back.

Sektor bek kanan mereka biasanya diisi Sergiño Dest, dan dalam keadaan darurat, Dest bisa dipaksa bermain di sisi kiri untuk menggantikan Jordi Alba. Di sektor kiri, Alba sendiri hanya punya satu backup, yakni pemain muda klub Catalan, Álex Balde. Dengan datangnya Gayà, maka opsi full-back armada Ronald Koeman pun akan kian beragam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here