Barcelona Hampir Dipermalukan Klub Divisi 3

Debatbola.com – Babak 32 besar Copa del Rey 2019/20 nyaris menyajikan sejarah kelam bagi Barcelona. Bertandang ke kesebelasan Divisi 3, UD Ibiza, Barca tertinggal lebih dulu sebelum akhir mampu menang dengan skor tipis 2-1. 

Ibiza yang bermain di hadapan para pendukungnya berhasil unggul cepat. Pada menit ke-10, Josep Caballe mencetak gol yang akan selalu dikenangnya dengan mengecoh kiper Barca, Neto Murara. 

Ibiza bahkan mencetak gol kedua pada menit ke-34. Akan tetapi gol tersebut dianulir karena Anggel Rodado dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Clement Lenglet. 

Skor 1-0 bertahan hingga menit ke-72. Adalah Antoine Griezmann yang berhasil menyelamatkan wajah Blaugrana. Eks penyerang Atletico Madrid ini mencetak dua gol sebelum pertandingan berakhir.

Barcelona Hampir Dipermalukan Klub Divisi 3

Barcelona sebenarnya mendominasi permainan dengan penguasaan bola yang mencapai 82%. Akan tetapi Barca kesulitan untuk menciptakan peluang karena Ibiza bermain dengan pertahanan yang rapat.

Hal ini juga yang membuktikan Barca asuhan Quique Setien pun masih sangat bergantung pada Lionel Messi. Pada laga ini, penyerang Timnas Argentina itu diistirahatkan. Selain Griezmann, Setien memasang Carles Perez dan Ansu Fati di lini depan. Barca total hanya mencetak 8 tembakan pada laga ini, unggul satu tembakan dari Ibiza.

Catatan tersebut tentu patut menjadi evaluasi bagi Barca. Pasalnya meski tanpa Messi, Setien memainkan pemain-pemain seperti Frenkie de Jong, Ivan Rakitic, Sergi Roberto, dan Lenglet sejak menit pertama. Gol Barca juga mulai hadir setelah Jordi Alba masuk sebagai pemain pengganti.

Laga melawan Ibiza sebetulnya memang dijadikan sebagai uji formasi dan sistem baru. Karena pada laga yang berlangsung di Estadio Municipal de Can Misses ini, Barca memainkan skema tiga bek dengan memasang para pemain yang tidak pada posisi biasanya, seperti Roberto dan Firpo yang bermain sebagai bek tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here