Barcelona 99% Akan Memecat Koeman

0
78
Ronald Koeman

Debatbola.com – Barcelona telah menyelesaikan 37 pertandingannya di kancah La Liga musim ini. Nahas, peluang tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut untuk meraih gelar domestik itu harus kandas. Lantaran pada laga tersebut, mereka tak meraih poin penuh.

Pertandingan yang dimainkan di Camp Nou tersebut melawan Celta Vigo, tidak dimanfaatkan tim dengan sebaik-baiknya. Barcelona malah kalah di saat-saat genting. Dua gol dari Santi Mina membuat tim asal Catalan tersebut mau tak mau harus mengucapkan perpisahan untuk titel La Liga.

Mendekati Akhir Musim, Semangat Barcelona Juga Menurun

Barcelona di bawah asuhan Ronald Koeman begitu sangat berubah. Pelatih tersebut awalnya muncul di saat posisi klub yang sedang pincang-pincangnya. Ketidakstabilan di kursi manajemen dan dalam urusan finansial menjadi titik terlemah tim.

Kesemrawutan transfer pemain ditambah banyaknya pemain uzur di skuat merupakan hal pertama yang dibenahi oleh sang pelatih. Beberapa pemain tua yang dirasa tak cocok dengan gaya mainnya langsung berada di transfer list.

Luis Suarez dan Ivan Rakitic menjadi dua nama contoh pemain yang dijual Koeman sewaktu awal-awal melatih Barcelona. Di skuat sekarang hanya tersisa Pique, Messi, Alba dan Busquets pemain dengan usia yang sudah senja.

Pada pertengahan musim, sang pelatih asal Belanda tersebut berhasil meramu taktik mumpuni untuk tim. Formasi tiga bek menjadi andalannya hingga mendekati akhir musim ini. Berkat taktik tersebut, Barcelona mampu meraih titel Copa Del Rey.

Namun mendekati akhir musim, taktiknya seakan sudah terbaca oleh lawan. Pada tiga laga terakhir, tim tidak mampu sekali pun meraih kemenangan. Bahkan pada laga puncak melawan Atletico Madrid, El Barca harus puas berbagi poin.

Semangat para pemain berangsur-angsur menipis padahal selangkah lagi titel La Liga berpotensi diraih mereka. Kini mereka hanya bisa menjadi penonton dua rival sekota Atletico Madrid dan Real Madrid yang sedang bersaing ketat.

Ronald Koeman Kemungkinan Besar Angkat Kaki

Dilansir dari RAC1, radio Catalan, diberitakan bahwa Barcelona 99% telah memutuskan untuk memecat Ronald Koeman akhir musim ini. Pelatih berusia 58 tahun tersebut bukan pelatih pilihan utama Joan Laporta.

Satu-satunya hal yang bisa membuat Koeman bertahan adalah jika klub tidak bisa mendapatkan penggantinya. Namun dikabarkan pula bahwa presiden Barcelona tidak akan mencampuri urusan ini selama musim masih berlangsung.

Selain Koeman, kini ada berita terbaru mengenai kapten tim, Lionel Messi. Megabintang asal Argentina tersebut dirumorkan akan hengkang dari Catalan akhir musim ini. Performa tim yang tidak konsisten menyebabkan penyerang berusia 33 tahun tersebut ingin hengkang.

Xavi Berlibur Ke Barcelona

Selepas isu mengenai pemecatan Koeman, isu lain juga berkembang dengan pesat. Salah satu kandidat kuat penggantinya, Xavi Hernandez menjadi buah bibir banyak pecinta sepakbola. Pasalnya kelihaiannya dalam melatih tim Qatar, Al Sadd patut diapresiasi.

Kini mantan kapten El Barca tersebut sedang menjalani masa liburannya ke Spanyol tepatnya di Barcelona. Dikabarkan Xavi juga akan menjalani tahapan negosiasi lebih dengan beberapa direksi klub asal Catalan tersebut.

Dilansir dari Sport, Mateu Alemany, direktur olahraga Barcelona diberitakan sedang melakukan pembicaraan dengan pelatih Al Sadd tersebut. Sport sendiri telah mengkonfirmasi bahwa pembicaraan itu benar-benar dilakukan.

Hingga akhir musim nanti patut ditunggu mengenai kelanjutan kepelatihan Ronald Koeman di kubu El Barca. Akankah dirinya diberikan kesempatan setahun lagi untuk menghabiskan masa kontraknya? Ataukah Joan Laporta punya pemikiran lain dan merekrut pelatih baru yang lebih kompeten?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here