Aubameyang Pergi Gara-Gara Arteta Begini Respon Sang Pelatih

0
68

Debatbola.com – Konflik antara Pierre-Emerick Aubameyang dan Mikel Arteta berakhir dengan kepergian striker Gabon menuju Barcelona. Aubameyang belum lama ini mengungkapkan bahwa Arteta adalah alasan utama mengapa ia memilih meninggalkan Arsenal. Lalu, bagaimana tanggapan Arteta atas pernyataan mantan anak asuhnya tersebut?

Awal Perseteruan Aubameyang vs Arteta

Winter transfer memang sudah berakhir, tetapi periode transfer yang terjadi antara bulan Desember sampai bulan Januari masih menyisakan banyak cerita. Salah satunya adalah cerita kepergian Pierre-Emerick Aubameyang dari Arsenal menuju Barcelona. Berawal dari konflik dengan pelatih, sang striker akhirnya memutuskan pindah menuju klub lain.

Momen-momen mendekati winter transfer memang menjadi periode terpanas perseteruan antara Aubameyang dengan pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Perseturuan bermula ketika Aubameyang melanggar aturan disiplin klub. Aubameyang terlambat kembali ke pusat latihan Arsenal setelah pulang kampung ke negaranya.

Alhasil, kepercayaan Mikel Arteta terhadap mantan penyerang Borussia Dortmund itupun kian menurun. Semenjak pelanggaran tersebut, Arteta mencopot jabatan Aubameyang sebagai kapten tim. Bukan cuma itu, Arteta juga tak lagi memainkan Aubameyang sampai sang striker akhirnya memilih merapat ke Barcelona.

Gara-Gara Arteta

Ketika pertama kali ditanya soal kepindahannya ke Barcelona dan alasan mengapa ia tinggalkan Arsenal, Aubameyang menyalahkan Mikel Arteta. Striker Gabon menganggap bahwa Arteta adalah satu-satunya alasan mengapa ia hengkang dari Arsenal. Aubameyang juga menyatakan bahwa Arteta lah yang mendepaknya dari Emirates Stadium.

“Saya pikir, (masalah saya) cuma dengan dia (Arteta).” Kata Aubameyang ketika ditanya apakah ia punya masalah dengan Arsenal yang menyebabkan ia pergi. “Dia lah yang membuat keputusan ini (mendepak Aubameyang). Itu masalahnya, dia tidak senang, tapi saya sendiri tenang.”

Keputusan Terbaik

Pernyataan Aubameyang ini ternyata menuai respon dari Arteta sendiri. Arteta seakan menganggap bahwa tindakannya terhadap Aubameyang sudah benar. Menurutnya, tindakan itu ia lakukan sebagai solusi, bukan sebagai biang masalah. Selanjutnya, Arteta menyatakan bahwa Arsenal masih bisa sukses, bahkan tanpa Aubameyang sekalipun.

“Jujur, saya sangat bersyukur atas apa yang dilakukan Auba untuk klub, atas semua kontribusinya sejak saya melatih tim ini. Lalu, saya melihat situasi itu sebagai solusi, bukan sebagai sumber masalah.” Tutur Arteta, merespon pernyataan Aubameyang, seperti mengutip via Evening Standard.

“Tentu saya melakukan banyak kesalahan. Tapi semua yang saya lakukan selama ini adalah yang terbaik, dan itu bukan untuk saya, tapi untuk klub dan tim. Saya pikir, kejadian ini berakhir dengan cara terbaik untuk semua orang. Bagi saya, ketika suatu hal berubah, itu adalah bagian yang tak terpisahkan dari sepakbola.”

Tidak Butuh Aubameyang

Media Wahana888 tak dapat dipungkiri bahwa kepergian Aubameyang telah meninggalkan lubang di sektor serang Meriam London. Peran kapten kali ini bakal diambil oleh Alexandre Lacazette yang telah ditunjuk secara langsung. Kendati tanpa Aubameyang, Arteta tetap optimis Arsenal bisa menggapai tujuan mereka dengan pemain yang ada di skuad.

“Peran Auba di klub dan gol-gol pentingnya di sini memang tak dapat dilupakan. Tapi kami punya banyak pemain lain. Kami percaya kami punya banyak kualitas dan cara yang lain untuk menggapai banyak tujuan kami sebagai tim. Itulah yang selama ini sedang kami perjuangkan.”

Sekadar informasi, Arsenal yang sempat tercecer di pembukaan musim kini sudah bersaing di papan atas tabel klasemen. Meriam London kini memang belum bisa masuk ke zona Liga Champions dan masih bercokol di pos ke-6. Tapi, jika mereka terus berjuang keras, bukan tak mungkin margin empat angka dari posisi ke-4 bisa terkejar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here