Arthur Irawan Merasa Nyaman Berperan Sebagai Gelandang Persik Kediri

0
40

Debatbola.com – Arthur Irawan merupakan salah satu pemain sepakbola yang telah bermain di banyak klub di Indonesia. Ia telah malang melintang membela berbagai klub mulai dari Persija, Borneo FC, Badak Lampung, PSS Sleman hingga terakhir Persik Kediri. 

Selama berkarir di Indonesia, Arthur Irawan kerap diplot sebagai pemain belakang. Namun sejak kedatangannya ke Persik, ia Justru dipercaya oleh pelatih Javier Rocha untuk bermain sebagai gelandang.

Nama Arthur Irawan sempat menghebohkan dunia sepakbola nasional kala dirinya bergabung dengan klub ternama La Liga Spanyol, Espanyol. Bersama tim Catalan tersebut, ia merupakan orang Indonesia pertama yang mencicipi bermain di Liga Spanyol.

Nyaman Dengan Posisi Baru

Arthur Irawan mengaku sangat menikmati peran barunya sebagai pemain gelandang dan berguna bagi tim. Bermain sebagai gelandang membuatnya lebih nyaman dan menjadi lebih bebas dalam melakukan eksploitasi. 

Ia juga mengungkapkan penampilan apiknya di posisi baru ini berkat jasa coach Javier Rocha. Sejak berkostum Espanyol sampai PSS Sleman Arthur Irawan dikenal sebagai Bek kanan. Namun setelah berganti kostum Persik Kediri, Javier Rocha memplot dirinya sebagai seorang gelandang.

Sering Pindah Posisi

Selama berkarir sebagai pesepakbola, baik saat masih di akademi hingga menjadi pemain profesional, Arthur Irawan beberapa kali berganti posisi bermain. Ia pernah menjadi seorang striker ketika menimba ilmu di sebuah akademi sepakbola Inggris, Lytham Town.

Namun ketika berkarir di Spanyol bersama Espanyol B dan Malaga B serta Liga Belgia Waasland-Beveren ia bermain sebagai seorang gelandang box to box. Posisinya kembali berubah menjadi bek sayap ketika pulang dan berkarir di Indonesia, hingga akhirnya saat ini ia kembali bermain sebagai gelandang bersama tim Macan Putih.

Tidak Mempunyai Posisi Favorit

Pemain yang mulai bergabung bersama Persik Kediri di putaran dua Liga 1 ini mengaku tidak memiliki posisi favorit. Selama dirinya berguna bagi tim, ia siap ditempatkan di posisi apapun. Arthur juga mengatakan jika dirinya sangat respek terhadap pelatihnya, Javier Rocha.

Lebih lanjut, Arthur merasa senang dan menyambut positif terhadap gelandang baru Persik, Renan Silva. Pemain asal Brasil yang baru saja direkrut dari Madura United ini membuat dirinya semakin nyaman berada di posisi gelandang. Ia juga berharap dapat melakukan kolaborasi dengan Renan Silva yang berposisi lebih ke depan. 

Sebelumnya permainan Arthur bersama Taufiq dan Eko di lini tengah Persik Kediri cukup solid. Ketiganya tahu pergerakan rekan mereka masing-masing. Atas hal itulah yang membuat Arthur Irawan merasa nyaman bermain sebagai gelandang.

Terinspirasi Legenda Liverpool

Salah satu faktor yang membuatnya nyaman bermain sebagai gelandang karena mengidolakan mantan kapten Liverpool yaitu Steven Gerrard. Pemuda kelahiran Surabaya ini mengatakan jika Steven Gerrard sangat menginspirasi dirinya ketika menjalani peran barunya sebagai seorang gelandang. Bahkan ia juga memilih angka 8 sebagai nomor punggungnya, sama dengan nomor yang dikenakan Steven Gerrard saat membela Liverpool.

Tidak Ingin Dicap Sebagai Anak Emas

Manajemen baru saja mengumumkan jika PT Astar Asia Global menjadi pemilik saham mayoritas di PT Kediri Djajati. PT Astar Asia Global merupakan sebuah perusahaan milik Arthur Irawan. Meski demikian, Arthur Irawan tidak ingin dijadikan anak emas dalam skuad Persik Kediri. Terbukti beberapa kali ia diturunkan sebagai pemain cadangan bahkan rela untuk tidak dimainkan oleh Javier Rocha.

Arthur juga tidak menunjukkan rasa kecewa ketika ditarik keluar dan diganti oleh pemain lain. Menurutnya pelatih lebih mengetahui kebutuhan tim. Oleh karena itu meskipun sebagai pemilik saham mayoritas, ia tetap menghormati keputusan pelatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here