Arsène Wenger Chelsea Masih Bisa Sukses Tanpa Abramovich

0

Debatbola.com – Chelsea kini sedang berada dalam situasi pergantian owner pasca owner mereka saat ini Roman Abramovich memilih menjual klubnya itu. Banyak yang khawatir Chelsea tidak akan bisa sesukses sekarang pasca ditinggal Abramovich. Namun, mantan pelatih Arsenal, Arsène Wenger menilai Chelsea masih bisa sukses walau tanpa Abramovich.

Akhir Kekuasaan Roman Emperor

Ketegangan politik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina yang mengakibatkan terjadi invasi Rusia ke Ukraina rupanya telah merembet ke dunia sepakbola. Chelsea adalah klub yang langsung terkena imbas hal ini. Pemilik mereka, Roman Abramovich terancam terkena sanksi pembekuan aset, dan karena hal inilah, Abramovich memutuskan menjual Chelsea.

Melalui pernyataan resmi yang tercantum di laman web resmi The Blues, Abramovich mengonfirmasi bahwa dirinya akan menjual Chelsea, klub yang ia beli pada 2003 itu. Chelsea sendiri dibanderol seharga 3 miliar poundsterling oleh sang taipan Rusia. Dengan begini, berakhir sudah era Roman Emperor yang hampir 20 tahun berkuasa di Chelsea.

Semasa masih menjadi owner, Abramovich dikenal sebagai orang yang tidak setengah-setengah dalam membangun klub. Lihat saja, berapa nama besar yang sudah berhasil dibawa ke Stamford Bridge, baik pelatih, maupun pemain. Tentu, semua bintang itu dibawa dengan biaya yang tidak murah.

Masih Bisa Sukses Tanpa Abramovich

Kepergian Abramovich ditakutkan bakal menjadi awal kemunduran Chelsea karena pemilik baru klub nanti belum tentu bisa melakukan apa yang dilakukan Abramovich dahulu. Banyak yang menilai bahwa Chelsea tidak akan sukses lagi pasca kepergian Abramovich. Tapi opini tersebut disanggah dengan tegas oleh mantan pelatih Arsenal, Arsène Wenger.

Dalam sebuah sesi wawancara, Wenger menyebut bahwa Chelsea tak akan terpuruk begitu saja hanya dengan ditinggal Abramovich. Kendati demikian, Wenger tidak yakin pemilik baru Chelsea nanti bakal bisa menandingi kekuatan ‘The Roman Emperor’. Wenger pun meminta pemilik baru Chelsea meneruskan kesuksesan yang sudah dibangun Abramovich.

“Saya akan bilang bahwa dia adalah investor besar (sebelum) keluarga Glazers datang.” Kata Wenger kepada beIN Sports, menggambarkan sosok Abramovich. “Waktu itu, belum ada Financial Fair Play (FFP). Anda bisa menginvestasikan uang anda sebanyak yang anda inginkan.”

“Sekarang, dengan FPP, saya tidak menyarankan siapapun bertarung melawan klub-klub seperti Manchester City, Chelsea atau Liverpool. Mereka adalah tim-tim yang punya masa depan cerah dalam membangun tim. Karena dengan FPP, anda tidak bisa menginvestasikan uang sesuai keinginan anda.”

Kunci Utama Untuk Pemilik Baru

Satu hal yang membuat Chelsea sukses di tangan Abramovich menurut Wenger adalah kepintaran sang taipan Rusia mengelola keuangan. Menurutnya, Abramovich tahu kapan harus berinvestasi besar dan kapan harus mempertahankan keuangan. Kunci sukses pemilik Chelsea berikutnya, menurut Wenger adalah meniru sifat Abramovich tersebut.

“Anda tidak akan bisa (menyamai Abramovich). Sekarang, anda dibatasi dalam mengeluarkan uang, mungkin sekitar 200 juta poundsterling tiap tahun. Dulu, anda bisa mengeluarkan miliaran poundsterling tiap tahun. Saran saya adalah ketimbang berinvestasi 100 juta tiap tahun, lebih baik berinvestasi 500 juta dan beli pemain yang tepat.”

“Dia (Abramovich) bisa melakukan semua itu dengan sangat baik, dan menurut saya, Chelsea telah ditangani dengan sangat baik sehingga kini mereka bisa berada di level atas.” Sambung Wenger. “Mereka masih berada di level terbaik. Tapi, dari semua itu, yang terpenting adalah bagaimana mengelola keuangan dan keputusan yang baik.”

“Terkadang ada orang yang bisa membuat keputusan yang baik, tetapi mereka tak punya uang. Lalu terkadang juga sebaliknya, ada juga orang yang punya banyak uang, tetapi mereka terkenal sebagai pembuat keputusan yang buruk. Jadi, anda harus bisa mengatur supaya keduanya bisa berjalan seimbang.”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version