Arsenal Sedang Terpuruk, Ini Kata Gary Neville

0
112

Debatbola.com – Arsenal kini tengah terpuruk, bahkan mungkin berada di titik paling rendah mereka. Mengenai keterpurukan Arsenal, mantan pemain Manchester United yang kini berprofesi sebagai pundit, Gary Neville punya pendapatnya sendiri. Lalu, apakah saran dan nasehat yang diberikan Neville di tengah kondisi The Gunners yang tengah terpuruk?

Tetap Terpuruk Meski Banyak Belanja

Hanya bisa finish di urutan ke-8 di ajang Liga Inggris musim 2020/2021, nasib buruk nampaknya belum selesai menaungi Arsenal. Buktinya, dari tiga laga yang dimainkan sepanjang musim 2021/2022, Arsenal sama sekali belum menang. Klub arahan Mikel Arteta itupun terjebak di urutan ke-20, atau di dasar klasemen sementara EPL.

Summer transfer tahun ini memang telah dimanfaatkan dengan baik oleh Arsenal untuk menambah kekuatan armadanya. Namun, kedatangan beberapa amunisi anyar nyatanya juga tak berhasil mendongkrak performa klub. Alhasil, tekanan kini kian berat dirasakan Arsenal, apalagi sang manajer, Mikel Arteta.

Transfer yang Tidak Jelas

Menanggapi buruknya performa Arsenal di tiga laga awal musim 2021/2021, beberapa orang pun menyampaikan komentarnya. Termasuk salah satunya adalah eks punggawa Manchester United yang kini beralih profesi menjadi seorang pundit, Gary Neville. Berbicara kepada Sky Sports, Neville mengungkap beberapa alasan mengapa Arsenal masih saja terpuruk musim ini.

Alasan pertama, Neville menilai Arsenal telah gagal memanfaatkan bursa transfer musim panas untuk mencari pemain yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Neville mengaku tidak ada satupun pemain anyar Arsenal yang membuatnya tertarik. Lebih lanjut, Neville mengatakan, Arsenal tak butuh pemain baru, tetapi hanya butuh bersatu lagi sebagai tim.

Tak cuma itu, Neville juga menyoroti kebijakan transfer Arsenal yang sepertinya lebih memilih mendatangkan pemain-pemain muda ketimbang pemain-pemain senior. Secara tidak langsung, Neville menyarankan Arsenal membeli pemain senior. Karena pemain senior adalah pemain yang bisa membimbing para pemain muda agar bisa kompak dan bersatu lagi.

“Tidak ada satupun pemain baru (Arsenal) yang membuat saya berpikir bahwa ia adalah pemain menarik. Masalahnya adalah, mereka perlu tim yang selalu kompak dan bersatu.” Papar Neville kepada Sky Sports. “Terkadang, mereka bukanlah pemain yang dibutuhkan Arsenal, dan mereka butuh pemain senior yang justru kadang dinilai tak berguna.”

“Pertama-tama, mereka perlu saling bekerjasama di atas lapangan, dan kemudian menjadi tim yang sulit dikalahkan. Setelah itu, baru mereka bisa memikirkan kemenangan di setiap pertandingan. Musim ini, mereka terlihat sangat mudah untuk ditaklukkan, dan itu bukanlah sesuatu yang bagus.”

“Saya tak tahu pasti bagaimana sebenarnya strategi transfer yang dipakai Arsenal. Strateginya terlihat tidak tepat sasaran. Mungkin ada beberapa yang tepat sasaran, tapi tetap, strateginya tidak jelas.” Tambah Gary Neville. “Saya tak tahu pasti, gaya main seperti apa yang akan mereka pakai, tapi itu akan terlihat dalam beberapa hari ke depan.”

Belum Move On dari Arsène Wenger

Neville lalu menambahkan bahwa Arsenal sejatinya masih belum bisa move on dari era kejayaan dinasti Arsène Wenger. Eks defender Inggris itu bisa tahu karena mantan klubnya, Manchester United juga tengah mengalami hal serupa. Usai kejayaan era Sir Alex Ferguson, United kesulitan membangun citra sebagai tim menakutkan Eropa, seperti dulu.

“Manchester United sekarang sudah lepas dari periode kepelatihan Sir Alex Ferguson, dan itu terasa sangat sulit bagi mereka. Arsenal juga ternyata mengalami hal seperti itu, di mana era Arsène Wenger kini telah meninggalkan mereka.” Tambah pria yang juga pernah menjadi asisten timnas Inggris tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here