Arsenal Resmi Datangkan Bek Jepang, Takehiro Tomiyasu

0
127

Debatbola.com – Demi memperbaiki performa di kompetisi musim 2021/2022 kali ini, Arsenal diketahui telah mendatangkan satu nama baru selang beberapa jam sebelum jendela transfer ditutup. The Gunners mendatangkan Takehiro Tomiyasu dari Bologna.

Pengganti Hector Bellerin

Nama Tomiyasu memang sudah diberitakan akan segera merapat ke Arsenal dalam beberapa hari belakangan ini. Hingga kini transfer pemain asan Negeri Sakura ini benar-benar menjadi nyata. Setelah tuntas menyelesaikan serangkaian transfer sang pemain, Arsenal menaruh sebuah harapan yang cukup besar.

Pemain yang kini berusia 22 tahun ini diharapkan akan menjadi solusi jitu untuk rapuhnya pertahanan pasukan Mikel Arteta musim ini. Takehiro Tomiyasu merupakan pemain dengan posisi bermain sebagai bek kanan maupun bek tengah. Pemain seperti inilah yang kini tengah dibutuhkan oleh Arsenal. Sebab bek timnas Jepang tersebut diproyeksikan untuk menggantikan peran Hector Bellerin yang dipinjamkan ke Real Betis musim panas ini.

Bellerin merupakan pemain terlama yang dimiliki skuad The Gunners saat ini. Karena Mikel Arteta lebih suka memainkan Calum Chambers atau Cedric Soares, maka Bellerin mulai terpinggirkan. Hingga akhirnya Bellerin menerima tawaran untuk dipinjamkan ke Real Betis hingga akhir musim ini.

Klarifikasi Resmi Arsenal

Melalui laman resminya, pihak manajemen Arsenal langsung mengabarkan kedatangan Takehiro Tomiyasu menjelang deadline day musim panas ini. Pada hari Rabu (1/9/2021) dini hari WIB, Arsenal mengabarkan jika sang pemain sudah siap dan kini berada di Emirates Stadium.

Manajemen Arsenal diketahui memboyong Takehiro Tomiyasu dengan mahar senilai 19,8 juta pound setelah mencapai kesepakatan dengan Bologna. Pemain kelahiran 5 November 1998 ini mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun hingga tahun 2025 mendatang. Meski demikian masih banyak orang yang masih asing dengan pemain ini.

“Arsenal Berhasil mendatangkan pemain profesional Jepang, Takehiro Tomiyasu dan telah bergabung dengan kami dari klub Liga Serie A, Bologna, dengan kontrak jangka panjang,” tulis manajemen Arsenal melalui laman resmi mereka.

“Bek 22 tahun ini mengawali karirnya di tanah kelahirannya bersama klub Avispa Fukuoka, dimana bakatnya berkembang bersama tim muda sebelum akhirnya promosi dan mencatatkan 45 penampilan bersama trim utama dari tahun 2015 hingga 2017,” lanjut manajemen Arsenal sembari menjelaskan sedikit perjalanan karir dari punggawa terbarunya tersebut.

Mengenal Sosok Takehiro Tomiyasu

Mengutip dari Football London, Tomiyasu adalah seorang bek dengan postur tubuh yang cukup tinggi. Pemain ini memiliki tinggi mencapai 1,88 meter dan merupakan postur yang cukup baik untuk seorang pemain bertahan. Dia merupakan pemain serba bisa yang bisa dimainkan sebagai bek tengah, kanan, maupun kiri untuk memenuhi skema bermain dengan tiga bek.

Bisa dibilang kemampuan yang dimiliki Takehiro Tomiyasu mirip dengan bek senior Chelsea, Cesar Azpilicueta yang mampu memainkan beberapa posisi. Dengan kemampuan yang dimiliki, juga dengan kepergian Bellerin, Tomiyasu bisa menjadi pilihan tepat Mikel Arteta yang sering memainkan skema 4-2-3-1.

Jika dilihat secara detail, tim pertama di Eropa yang pernah dibela Tomiyasu adalah Sint-Truiden yang berkompetisi di Liga Utama Belgia. Usai merantau ke Belgia, bakatnya tercium oleh Bologna dan memboyongnya ke Italia pada jendela transfer musim panas tahun 2019 lalu. Keputusan untuk hijrah ke Liga Italia dinilai menjadi keputusan yang sangat berani yang pernah diambil sang pemain.

Hingga pada akhirnya keputusan tersebut memang lah tepat. Karir Takehiro Tomiyasu semakin melambung, dan kemampuan bermainnya semakin terasah. Dua musim bermain di Serie A, Tomiyasu mampu memainkan 64 laga bersama Bologna. Sebanyak tiga gol sudah dia sumbangkan untuk Bologna sebelum akhirnya mendapatkan tawaran dari Arsenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here