Arsenal Juara Piala FA, Arteta Berterima Kasih Pada Guardiola

Debatbola.com – Mikel Arteta membuktikan kualitasnya sebagai pelatih. Pada musim pertamanya bersama Arsenal, pelatih asal Spanyol itu berhasil mempersembahkan trofi Piala FA untuk The Gunners. Arsenal mengalahkan Chelsea di partai puncak.

Pencapaian tersebut menjadikan Arteta sebagai pelatih Arsenal pertama setelah George Graham pada 1986/87 yang langsung memberikan gelar juara pada musim pertamanya. Arteta sendiri sebelumnya menggantikan Unai Emery.

Arteta senang atas pencapaiannya ini. Ia berterima kasih pada guru kepelatihannya di Manchester City, Pep Guardiola. Arteta sebelumnya merupakan asisten pelatih Manchester City sejak 2016 hingga 2020.

“Dia [Guardiola] telah menjadi sosok penting dalam perkembanganku sebagai seorang pelatih. Aku sangat berterima kasih padanya. Aku tidak akan duduk di sini tanpa dia. Aku sangat berterima kasih padanya,” ujar Arteta pada konferensi pers usai laga Arsenal vs Chelsea.

Banyak yang tak menyangka bahwa Arteta bisa meraih kesuksesan bersama Arsenal pada musim ini. Pasalnya Arsenal musim ini meraih hasil terburuk dalam 25 tahun terakhir di Premier League. Mereka menempati peringkat 8 dan untuk pertama kalinya dalam 25 tahun gagal meraih poin lebih dari 60. 

Arteta sadar betul atas keraguan tersebut. Maka dari itu ia merasa pencapaian menjuarai Piala FA menjadi pembuktikan dirinya dan para pemainnya. Ia bangga pada para pemainnya yang benar-benar membuktikan kualitasnya dan membalikkan prediksi.

“Aku rasa ini adalah momen terbaik dalam karierku karena aku tahu kesulitan yang kami lalui sebelumnya. Aku punya satu misi di sini, untuk membuat para pemain dan staf percaya bahwa kami bisa melakukan sesuatu. Lalu melihat perubahan di ruang ganti membuatku lebih bangga.”

“Aku sangat memahami apa yang dibutuhkan oleh klub ini. Aku tahu betul tantangan yang aku hadapi ketika aku memutuskan untuk datang ke sini dan segala ekspektasi yang akan selalu kami dapatkan. Ini adalah trofi pertama. Mari kita nikmati hari ini. Para pemainku sudah tampil fantastis dan semua orang sudah naik level.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here