Arsenal Bangkit, Mikel Arteta Disebut Bisa Jadi Seperti Jürgen Klopp

0

Debatbola.com – Arsenal saat ini benar-benar sudah bangkit dan telah kembali menjadi pesaing papan atas klasemen Liga Inggris musim 2021/2022. Kebangkitan Arsenal tentu tak lepas dari peran besar Mikel Arteta selaku sang manajer. Berkat kebangkitan Meriam London, Arteta pun disebut bakal bisa meniru apa yang telah dilakukan Jürgen Klopp bersama Liverpool.

Buah dari Kesabaran

Musim 2021/2022 sempat digadang bakal jadi musim yang sulit buat Arsenal. Meriam London mengalami rentetan hasil minor manakala kompetisi baru dibuka. Alhasil, mereka sempat terjebak di papan bawah klasemen. Pasukan Mikel Arteta bahkan sempat nyaris terdegradasi, tepat sebelum jeda internasional bulan September kemarin berlangsung.

Namun, musim yang disangka bakal jadi salah satu musim terburuk, ternyata berubah menjadi salah satu musim terbaik buat Arsenal. Perlahan namun pasti, armada Arteta kembali menemukan ritme permainan terbaiknya. The Gunners kini kembali bersaing di papan atas, dan siap memperebutkan kursi menuju kompetisi Liga Champions musim depan.

Keberhasilan Arsenal bangkit dari keterpurukan jelas tak lepas dari peran seorang Mikel Arteta selaku sang juru ramu taktik. Arteta sejatinya pernah berada di ujung tanduk, yakni manakala timnya hampir masuk ke jurang degradasi. Namun, Arsenal memilih bersabar mempertahankan Arteta, dan kesabaran itu kini mereka tuai hasilnya.

Perkembangan Pesat Arsenal Era Arteta

Melihat perkembangan Arsenal yang cukup pesat jelang berakhirnya musim 2021/2022, Eduardo selaku mantan pemain Meriam London ikut senang. Eduardo menilai bahwa Arsenal telah berkembang luar biasa cepat semenjak Arteta duduk di kursi kepelatihan. Ia bahkan memuji Arteta dan menyebut bahwa sang Spaniard bisa meniru Jürgen Klopp.

Klopp, seperti kita tahu, telah berhasil membangkitkan aura juara Liverpool lagi setelah sekian tahun memudar. Pelatih asal Jerman itu memenangkan berbagai gelar bersama klub asal Merseyside berjuluk The Reds tersebut. Termasuk satu gelar Liga Champions, Piala Dunia Antarklub dan gelar Liga Inggris.

“Perkembangan yang benar-benar pesat telah ditunjukkan Arsenal. Mereka telah meningkat sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dari masa transisi antara Arsène Wenger, hingga menjadi tim yang dilatih Mikel Arteta sekarang.” Papar Eduardo, berbicara kepada Ladbrokes, seperti dikutip via Daily Express.

“Tahun ini sendiri, bagi saya, adalah tahun terbaik mereka sebagai tim dalam kurun waktu delapan tahun terakhir. Mereka sudah sangat dekat untuk bisa kembali bermain di Liga Champions. Untuk itu, mereka layak mendapat banyak apresiasi, apalagi ketika anda melihat siapa saja yang ada di belakang mereka sekarang.”

Bisa Tiru Jürgen Klopp

“Mikel (Arteta) layak mendapat semua apresiasi. Sangat sulit untuk berkompetisi dengan tim-tim macam Manchester City dan Liverpool. Tapi lihat, mereka sekarang berada tepat di belakang kedua tim itu, sebagai salah satu tim terbaik di divisi pertama.” Tambah pemain bernama lengkap Eduardo Alves da Silva tersebut.

“Manchester City punya kombinasi berbahaya, antara banyak uang dan pelatih top kelas dunia. Sementara Liverpool punya Jürgen Klopp yang biasa membangun skuad dengan kekuatan luar biasa. Tapi mereka butuh waktu beberapa tahun. Lihatlah Liverpool ketika Klopp datang, dan lihatlah berapa lama mereka bisa berubah menjadi penantang gelar.”

“Jika dibandingkan klub-klub top lainnya, Arsenal tidak banyak menghabiskan uang, tapi saya tahu mereka sedang membangun sesuatu yang spesial. Langkah demi langkah. Saya optimis dengan Mikel Arteta bisa mereplikasi sukses 1998 dan 2004. Dalam lima tahun ke depan, saya yakin Arsenal bisa memenangkan gelar Liga Inggris kembali.”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version