Argentina Menang? Apa Taktik Lionel Scaloni dalam Menaklukan Sang Juara Bertahan

0
229
Argentina Menang Apa Taktik Lionel Scaloni dalam Menaklukan Sang Juara Bertahan

Debatbola.com – Pertandingan Final Piala Dunia Qatar adalah puncak dari ajang kompetisi empat tahun sekali ini. Pada pertandingan babak final ini yang berhasil masuk adalah Agentina dan Prancis. Argentina berhasil taklukan Kroasia dengan skor 3 – 0 di babak semi final, sedangkan di hari selanjutnya Prancis sukses menghambat langkah Maroko dengan skor 2 – 0 serta The Blues kembali mencicipi babak final lagi setelah edisi sebelumnya.

Argentina yang diasuh oleh Lionel Scaloni akan menghadapi juara bertahan di final kali ini. Lionel Scaloni harus memutar kepala dalam menyusun taktik pada laga nanti. Laga ini menjadi hidup mati Argentina setelah mereka pernah dikalahkan oleh Jerman di dua edisi sebelumnya.

Laga ini akan membuktikan kekuatan Argentina yang sempat diremehkan oleh penikmat sepakbola karena tim tango sempat meraih kekalahan secara mengejutkan dari Arab Saudi di pertandingan pembuka di grup C. Pasca kekalahan itu Argentina berbenah dalam memperbaiki penampilan mereka dan membuktikan performa tim setelah kejadian itu.

Perkembangan performa dari tim tango sangat berbeda, terlihat mereka ketika berhadapan dengan meksiko langsung mendapatkan kemenangan pertama mereka dilanjutkan di laga terakhir menundukan Polandia dengan skor 2 : 0 serta menjadi juara grup C sampai babak penyisihan selesai.

Pada babak 16 besar, Argentina menundukan Australia kemudian dilanjutkan menaklukan Belanda dengan adu penalti. Di laga kemarin ketika melawan Kroasia, tim tango tampil dengan sangat luar biasa setelah membobol tiga gol tanpa balas di semi final.

Hal ini membuktikan bahwa keringat dan kerja keras tim dari Argentina sanga lah kompak dan luar biasa. Taktik yang di mainkan oleh Lionel Scaloni berjalan dengan sangat lancar, apalagi megabintang tim tango yaitu Lionel Messi berhasil tampil dengan sangat luar biasa pada setiap laga yang dijalani mereka.

Strategi yang di pakai oleh pelatih Argentina sangat beragam dan tidak bisa di tebak pada laga penyisihan ada dua formasi yaitu 4-3-3 dan 4-3-2-1. Sedangkan 3 pertandingan sebelumnya selalu berbeda yaitu 4-3-3, 5-3-2 dan 4-4-2 Terlihat formasi yang berhasil dalam memenangkan pertandingan adalah formasi dimana Lionel Messi dijadikan salah satu penyerang yang akan membuka pertahanan lawan.

Setiap laga yang mereka menangkann tidak lepas dari penampilan oleh sang kapten dalam membongkar pertahanan dan membangun serangan. Selain itu Lionel Scaloni tidak membebankan Messi dalam hal pertahanan tim sehingga bisa fokus memcah kebuntuan untuk membobol gawang lawan.

Lionel Scaloni juga berhasil meracik pola penyerangan dimana Alvarez diduetkan dengan La Pulga sehingga menambah daya dobrak Argentina saat membangun serangan. Pola ini bisa dimainkan oleh pelatih usia 54 tahun ini untuk menghadapi Prancis sehingga Messi bebas dalam mencari celah pertahanan The Blues pada Final nanti.

Selain Alvarez Argentina juga memiliki Paulo Dybala jika membutuhkan daya serangan tim tango. Pada bagian gelandang pelatih Argentina bisa memilih Enzo Jeremias Fernandez, Leandro Paredes, Alexis MacAllister, Rodrigo De Paul, Angel Correa Exequil Palaciaos dalam hal mengalirkan bola ke depan. penampilan gelandang tim tango cukup baik dalam hal menjaga serangan balik dan jenius membangun serangan.

Sedangkan di bagian pertahanan, Lionel Scaloni dapat memainkan empat bek andalannya yaitu Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico dalam menjaga pertahanan tim tango jika masih kurang baik, mereka masih memiliki Lisandro Martinez.

Penjaga gawang Argentina bia dipercayakan kepada Emiliano Martinez karena sepanjang kompetisi ini dia berhasil tampil dengan baik dalam menjalankan tugasnya. Jadi untuk melawan Prancis pelatih Argentina bisa memainkan formasi 5-3-2 dengan menduetkan Lionel Messi bersama Alvarez atau Paulo Dybala di lini serang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here