Argentina Akhirnya Bisa Menikmati Lionel Messi Versi Barcelona

0
202

Debatbola.com – Lionel Messi adalah salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Namun, karirnya di klub dan di tim nasional berbanding terbalik. Di timnas, Messi belum pernah meraih gelar apapun, sementara di klubnya Barcelona, ia banyak mempersembahkan trofi. Meski begitu, Argentina kini tengah menikmati permainan terbaik La Pulga layaknya ketika membela Barca.

Dua Sisi Messi, Barcelona dan Argentina

Ajang Copa América edisi tahun 2021 bisa saja menjadi ajang Copa América terakhir bagi Lionel Messi. Oleh karena itu, wajar apabila mega bintang Barcelona itu siap mengerahkan segala kemampuannya untuk merebut trofi perdana untuk La Albiceleste. Messi pun kini memberikan penampilan terbaik, layaknya ketika ia berkostum Barcelona.

Sebelumnya, Messi dikenal kurang memiliki taji ketika ia sudah mengenakan kostum biru putih khas timnas Argentina. Buktinya, sejak melakoni debut senior pada tahun 2005, Messi belum pernah mempersembahkan apapun untuk Argentina. Pencapaian terbaiknya hanyalah membawa Argentina menuju final World Cup pada tahun 2014 lalu.

Bagaikan dua sisi mata koin, penampilan Messi di Barcelona justru sangat berbeda dengan penampilannya kala membela Argentina. Di Argentina, Messi memang masih memiliki citra sebagai salah satu predator mematikan. Tetapi ketika La Pulga bermain di Barcelona, ia bagaikan hantu yang siap menghantui lawan-lawan klub Spanyol tersebut.

Dapat dilihat, selama hampir 20 tahun membela Barca, pemain yang identik dengan nomor 10 telah memberikan banyak gelar. Messi telah mempersembahkan total 10 gelar La Liga, tujuh gelar Copa del Rey, dan tujuh gelar Supercopa de España. Jangan lupa, ia juga pernah membawa Barca juara Liga Champions empat kali, ditambah juara Club World Cup tiga kali.

Mulai Tiru Gaya Main di Barca

Selama bertahun-tahun memperkuat Argentina, Messi memang terlihat kesulitan meniru gaya bermainnya kala berkostum Barcelona. Meski begitu, perlahan namun pasti, pemain kelahiran Rosario berhasil melakukannya. Sekarang, di gelaran Copa América 2021, Messi menjadi bintang utama Argentina yang sukses mengamankan tiket ke babak semifinal.

Bintang andalan Barcelona itu beberapa kali mencatatkan rekor ketika membela negaranya di turnamen antar negara Amerika Selatan. Beberapa waktu lalu, Messi berhasil melangkah Javier Mascherano untuk menjadi pemain Argentina dengan caps paling banyak. Setelahnya, Messi juga masuk ke dalam urutan 10 besar pencetak gol terbanyak untuk timnas.

Statistik cukup menarik juga dicatatkan La Pulga dalam turnamen Copa América edisi tahun ini. Messi sampai saat ini masih memimpin daftar pemain dengan jumlah gol paling banyak di turnamen ini dengan lesatan empat gol. La Pulga pun berkesempatan menyabet gelar top skorer pertamanya di ajang ini.

Terhitung, sudah banyak pelatih yang mencoba membawa gaya main Messi versi Barcelona ke Messi versi Argentina. Tapi Lionel Scaloni sepertinya menjadi pelatih yang paling beruntung karena dialah yang berhasil melakukan itu. Messi yang tampil di Copa América tahun ini punya tingkat kesuburan yang mirip dengan Messi yang membela Barcelona.

Bantuan Rekan Setim

Bagaimanapun, Messi tak bisa tampil sebaik ini tanpa bantuan dari rekan-rekan setimnya. Salah satu kunci Messi tampil impresif bersama Argentina adalah koneksinya yang semakin kuat dengan para punggawa La Albiceleste. Messi bisa mengerti permainan rekan-rekannya seperti Leandro Paredes, Rodrigo De Paul, Giovani Lo Celso, serta para pemain lain.

Para pemain Argentina lain juga sepertinya mengerti benar apa yang selama ini Messi butuhkan dalam tim. Contohnya Lautarto Martínez. Martínez sesekali membuka ruang agar Messi dapat bergerak dengan bebas. Sebaliknya, Messi juga kerap memberikan ruang kepada Martínez dan rekan-rekan setimnya yang lain agar ruang gerak mereka lebih bebas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here