APPI Temui PT. LIB Sebelum Liga 1 Dimulai

0
29

Debatbola.com – Persiapan yang dilakukan PT. LIB demi menyambut Liga 1 musim baru kini bertambah matang. Perijinan dari berbagai pihak termasuk kepolisian sudah dikantongi oleh PT. LIB baru-baru ini. Bahkan proses verifikasi stadion home base juga hampir rampung dilaksanakan.

Menjelang dimulainya Liga 1, PT. LIB kedatangan tamu yang cukup penting yaitu Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia. Badan yang mewakili pemain-pemain sepak bola Indonesia itu menemui PT. LIB karena menyampaikan beberapa hal. Topik yang paling utama yaitu mengenai klub yang menunggak gaji serta jadwal malam.

Bahas Klub Yang Menunggak Gaji
Rabu tanggal 20 Juli 2022 kemarin, PT. LIB telah melakukan pertemuan dengan APPI yang menjadi perwakilan para pemain Indonesia. Pertemuan tersebut membahas banyak hal yang berkaitan dengan Liga serta para pemainnya. Salah satunya yaitu adanya klub yang masih menunggak gaji para pemain.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Akhmad Hadian Lukita selaku direktur utama dari PT. LIB dan anggotanya. Pihak APPI sendiri diwakili oleh Andritany Ardhiyasa selaku presiden dan M Hardika Aji selaku CEO dari APPI. Sedangkan untuk perwakilan pemain diwakili oleh Maman Abdurrahman dan Syahrian Abimanyu.

Seperti yang diketahui, APPI adalah badan yang dimandati oleh para pemain sepak bola Indonesia sebagai jembatan dengan operator Liga. Karena hal itulah ketika ada permasalahan mengenai penunggakan gaji tersebut, para pemain langsung menghubungi APPI. Sebelumnya memang ada pemain yang protes tunggakan gajinya di musim lalu belum juga dibayar.

APPI memang tidak memberitahukan secara jelas klub mana yang dimaksud, akan tetapi lebih dari satu. Namun pihak APPI berharap ada tidak lanjut dari PT. LIB mengenai permasalahan yang merugikan para pemain sepak bola itu. Pasalnya Liga 1 sudah akan dimulai sedangkan klub wajib melunasi masalah gaji sebelum itu.

Menanggapi hal tersebut, PT. LIB mengaku senang karena data yang diberikan APPI cukup lengkap dan detail. Pihak PT. LIB akan melakukan re-check terhadap laporan mengenai klub-klub yang menunggak itu. PT. LIB juga menjanjikan akan segera membantu penyelesaian masalah tersebut sebelum Liga 1 dimulai.

Berdasarkan regulasi yang disampaikan PT. LIB sebelumnya, setiap klub wajib melunasi tunggakan gaji pemain di musim sebelumnya. Setiap klub yang belum menyelesaikan pembayaran gaji pemain ketika Liga 1 dimulai, terancam tidak bisa mengikuti kompetisi. Karena hal itulah PT. LIB akan berusaha masalah tersebut cepat selesai.

Jam Malam Tidak Lupa
Selain membahas mengenai klub yang menunggak gaji, APPI juga membicarakan mengenai kesejahteraan pemain dengan PT. LIB. Salah satunya mengenai jadwal pertandingan yang dinilai masih terlalu malam. Seperti yang diketahui, musim baru nanti masih ada pertandingan yang dimulai lebih dari jam 08.00 malam.

APPI beranggapan jika jam malam akan sangat mengganggu jam biologis para pemain yang bertanding. Pasalnya jam istirahat para pemain akan berkurang jika pertandingan baru selesai ketika menjelang tengah malam. Belum lagi keselamatan para penonton yang melihat langsung ke stadion bisa saja terancam karena pulang di malam hari.

Sejatinya, APPI bukan hanya satu-satunya pihak yang tidak setuju mengenai jam malam. Sebelumnya, Persib dan 2 klub lainnya juga mengeluhkan hal yang sama dan bahkan sampai protes ke PT. LIB. Kini jadwal tersebut memang sudah dirubah, tetapi tidak bisa menghilangkan jam malam.

Sebagai operator Liga, PT. LIB juga menyambut dengan baik masukan dari APPI mengenai jam malam tersebut. Kini PT. LIB tengah berusaha memperbaiki mengenai hal tersebut meskipun masih belum sepenuhnya optimal. Akan tetapi PT. LIB akan terus berusaha membuat formula jadwal yang terbaik agar tidak memberatkan pihak manapun.

Selain membahas dua hal penting tersebut, kabarnya APPI juga membicarakan mengenai edukasi medis termasuk adanya dokter di setiap tim yang bertanding. APPI juga membicarakan mengenai kampanye yang berkaitan dengan isu-isu sepak bola. Bahkan APPI juga berharap bisa bekerja sama dengan PT. LIB mengenai proyek dan program-program lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here