Apapun Bisa Terjadi di El Clasico

Debatbola.com – Laga super seru akan terjadi pada Senin (02/03) dini hari WIB. Barcelona akan menjamu Real Madrid. Dua raksasa La Liga itu akan berupaya saling mengalahkan, terlebih keduanya menempati posisi pertama dan kedua.

Saat ini Barcelona memuncaki klasemen sementara. Total 55 poin yang mereka raih hanya unggul dua poin dari Real Madrid di bawahnya. Kekalahan pada El Clasico nanti akan membuat Real Madrid kembali ke puncak klasemen.

Sebelumnya Madrid memang berada di singgasana. Tapi dalam dua laga terakhir, Madrid kehilangan empat poin setelah ditahan imbang Celta Vigo dan ditaklukkan Levante. Di lain tempat, Barca sukses meraih enam poin dengan Getafe dan Eibar. 

Namun Madrid akan menjalani laga El Clasico kali ini dengan lebih sulit. Selain kalah di dua laga La Liga terakhir, Los Blancos juga baru saja dikalahkan Manchester City di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Tak hanya itu, Madrid juga tidak akan diperkuat beberapa pemain andalan. Eden Hazard kembali cedera, Marcos Asensio pun masih belum bisa tampil. 

Barcelona juga sebenarnya sedang mendapatkan badai cedera setelah Luis Suarez dan Ousmane Dembele cedera panjang. Tapi magis Lionel Messi mampu menutupi para pemain yang absen. Barca juga baru mendapatkan amunisi baru dalam diri Martin Braithwaite yang direkrut dari Leganes. Tak ayal Barca diunggulkan pada El Clasico kali ini. 

Tapi legenda Real Madrid, Fernando Hierro, mengatakan bahwa teori di atas kertas tak akan berlaku di laga sebesar El Clasico. Duel antara Real Madrid vs Barcelona, sebagaimana yang pernah ia jalani kala masih bermain, selalu menghadirkan kejutan.

“Kami pernah kalah [dari Barcelona] ketika kami jadi juara La Liga, kami kalah di kandang ketika kami sudah menyegel gelar juara La Liga. Kami pernah menang di Barcelona ketika tak ada seorang pun yang mengira kami bisa menang. Tak ada jaminan apapun di El Clasico,” ujar eks kapten Real Madrid ini. 

“Peringkat di liga tak jadi jaminan; tapi performa akan menentukan. Ini bukan soal kita ada di puncak klasemen atau sudah jadi juara atau belum.”

Hierro pun memberi tips pada para pemain Real Madrid agar bisa tetap meraih kemenangan meski mereka tak diunggulkan. Menurut eks bek tengah Tim Nasional Spanyol ini, semua pihak yang ada di klub harus bisa menikmati laga El Clasico ini.

“Hal terpenting dalam sebuah rivalitas adalah rasa senang yang dirasakan semua orang: klub dan fans. Itu juga yang akan menjadi asupan motivasi. Apapun bisa terjadi di El Clasico, dan itu sudah sering terjadi.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here