Antonio Conte dan Andrea Pirlo Jadi Opsi Alternatif Pelatih Barcelona

0
63

Debatbola.com – Tekanan yang dirasakan Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona semakin besar usai hasil imbang timnya melawan Granada, beberapa waktu lalu. Memang, manajemen Barca tak punya keinginan memecat Koeman secepatnya. Tapi jika Koeman dipecat, Barca tentu akan siapkan beberapa opsi, termasuk dua opsi alternatif yakni Antonio Conte dan Andrea Pirlo.

Masih Ada Kesempatan Untuk Koeman

Akhir-akhir ini, masa depan Ronald Koeman sebagai juru taktik Barcelona terus dipertanyakan. Pelatih asal Belanda itu memang sudah kerap diisukan bakal didepak dari kursi kepelatihan Barca sejak Joan Laporta maju sebagai presiden untuk kali ke-2. Koeman memang tak jadi dipecat, tetapi kini, tekanan yang ia rasakan semakin berat.

Kekalahan melawan Bayern München di Liga Champions telah membuat kapasitas Koeman dipertanyakan oleh pihak manajemen. Tekanan yang dirasakan Koeman pun menjadi semakin berat akibat hasil seri yang diperoleh Barca ketika menantang Granada. Di laga itu, Barca hanya bermain seri 1-1, dan hal itu ikut mengancam posisi Koeman.

Usai laga kontra Bayern, manajemen Barca memang langsung menggelar rapat untuk membahas masa depan Koeman. Tetapi setelah laga kontra Granada, Barca diketahui masih ingin memberi kesempatan untuk juru taktik asal Belanda itu. Barca belum mau memecat Koeman, dan ingin memberi waktu, setidaknya sampai dua jornada La Liga ke depan.

Opsi Alternatif Pelatih

Memang, Barca dikabarkan tak mau memecat Koeman secepatnya usai hasil seri melawan Granada. Kendati demikian, bukan berarti pihak manajemen bakal mempertahankan Koeman setelah laga melawan Cádiz pada tengah pekan mendatang. Jika hasil di laga kontra Cádiz tak memuaskan, Koeman bisa saja didepak.

Jika memang Koeman meninggalkan Barcelona, maka jelas, klub asal Catalan itu membutuhkan sosok pengganti. Selama ini, ada banyak kandidat yang dikait-kaitkan bakal menjadi suksesor Koeman melatih di Camp Nou. Namun, nama Xavi masih berada di posisi terdepan dalam perebutan kursi pelatih Azulgrana.

Xavi memang menjadi yang nama yang paling sering dikait-kaitkan dengan Barcelona. Tetapi, bukan berarti Barca tidak punya pilihan lain selain mantan gelandang mereka tersebut. Mengutip dari RAC1 Sport via Mundo Deportivo, media wahana88 juga memberi kabar Barca telah mempersiapkan beberapa nama alternatif Xavi, termasuk dua pelatih kenamaan Italia.

Dua nama pelatih asal Italia yang dimaksud adalah dua nama mantan pelatih Juventus, Andrea Pirlo dan Antonio Conte. Dua pelatih yang dahulu pernah melatih Juventus saat ini tengah menganggur usai sebelumnya hengkang dari klub masing-masing. Pirlo menganggur usai dipecat dari Juventus, sedang Conte belum melatih setelah undur diri dari Inter Milan.

Rekam jejak Conte sebagai pelatih jelas tak bisa dianggap enteng karena ia pernah memenangkan berbagai gelar selama karirnya. Mulai dari Serie A, Premier League, hingga FA Cup dan Supercoppa Italiana. Jangan lupa, Conte juga merupakan sosok yang membuat Juventus mendominasi Serie A, dan ia pula yang meruntuhkan kedigdayaan Si Nyonya Tua.

Pirlo di sisi lain, adalah pelatih yang masih minim pengalaman, tetapi bukan berarti kemampuannya pantas diragukan. Semasa masih melatih Juventus, Pirlo tercatat telah memenangkan dua gelar juara, yakni Coppa Italia dan Supercoppa Italiana. Hal inilah yang membuat sang juru taktik layak masuk opsi alternatif pelatih Barca.

Tak Mau Rekrut Pelatih Interim

Siapapun pilihan Barca nanti, yang pasti, menurut Mundo Deportivo, Barca tak mau merekrut pelatih sementara. Media asal Spanyol menyebut Barca ingin mendatangkan pelatih yang bisa menangani proyek jangka panjang klub. Artinya, Barca tak ingin merekrut pelatih interim, melainkan pelatih yang bisa mereka pertahankan hingga beberapa tahun ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here