Antisipasi Persib Menyambut Kedatangan Bonek

0
28

Debatbola.com – Sejak drawing grup diumumkan, grup yang berisi Persib, Persebaya ditambah dengan Bali United dan Bhayangkara FC terus menjadi sorotan. Bukan hanya isi dari grup tersebut yang seakan seperti neraka, tetapi ada faktor lain seperti supporter. Diperkirakan akan ada penumpukan supporter terutama dari penggemar fanatik Persebaya.

Pihak Persebaya yang khawatir sempat menyurati pihak PT. LIB. Namun permintaan Persebaya tersebut ditolak sehingga kompetisi berjalan seperti yang direncanakan. Demi mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, pihak Persib serta pemerintah kota Bandung telah menyiapkan langkah antisipasi selama pertandingan berjalan.

Persiapan Persib Untuk Bonek
Babak penyisihan fase grup di kompetisi Piala Presiden 2022 akan segera dimulai dengan Bandung menjadi tuan rumah untuk Grup C. Dibandingkan supporter dua klub lainnya, pendukung Persebaya tentu yang paling diantisipasi kedatangannya. Pasalnya Bonek terkenal dengan loyalitasnya yang selalu mengikuti dimana klub kesayangannya bertanding.

Hubungan Bonek dengan Bobotoh juga sangat dekat dibandingkan dengan supporter klub lain. Bahkan pendukung dari dua klub besar ini sering kali duduk berdampingan ketika Persebaya dan Persib Bandung bertanding. Karena hal itulah kedatangan Bonek ke kota Bandung dipastikan akan berjumlah besar.

Penumpukan Bonek yang dipastikan tidak akan sedikit dengan jangka waktu 10 hari tentu berpotensi menyebabkan masalah terutama di Kamtibmas. Namun, kali ini bukan pertama kalinya Persib Bandung kedatangan Persebaya beserta para pendukungnya. Berbekal pengalaman, Persib telah menyiapkan jamuan untuk Bonek.

Demi menciptakan situasi yang kondusif selama babak penyisihan, pihak kepolisian dari Kota Bandung akan dilibatkan. Kepolisian Bandung telah menyiapkan tenda dan dapur umum yang bisa digunakan Bonek. Dua fasilitas itu akan didirikan di sekitar Stadion yang digunakan untuk bertanding

Kompol Rahayu selaku Kasubbag Humas di Polrestabes Bandung juga telah melakukan rapat koordinasi terbatas dengan Kapolda Jawa Barat. Pihak Kapolda memberikan arahan untuk melakukan pengamanan yang optimal serta tidak under estimate. Karena hal itulah Kompol Rahayu melakukan koordinasi dengan Persebaya serta pimpinan Bonek.

Seperti yang diketahui pertandingan perdana di grup C akan dilakukan di Stadion GBLA. Agar acara berjalan lancar, ribuan personel gabungan dari pihak kepolisian dan lain-lain akan diturunkan. Belum lagi Stadion yang berkapasitas 38 ribu penonton itu akan diisi sebanyak 75% dari kapasitas aslinya.

Larangan Dan Himbauan
Pemerintah Bandung dan juga Persib juga turut memberikan beberapa himbauan dan larangan selama pertandingan berlangsung. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah rasisme sehingga pertandingan berlangsung suportif. Demi mewujudkan hal tersebut Kapolrestabes Bandung juga sudah berkoordinasi dengan pihak PSSI Bandung, Persib dan juga Bobotoh.

Yoko Angga Surya selaku ketua PSSI wilayah Bandung meminta pada Bobotoh untuk tidak menyanyikan lagu yang sifatnya rasisme. Karena hal itulah telah disiapkan koordinator lapangan yang akan mengatur Bobotoh termasuk lagu yang dinyanyikan. Ketua PSSI Bandung tersebut berharap Bobotoh bisa menjaga situasi agar tetap kondusif selama laga berlangsung.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga ikut memberikan himbauan pada seluruh supporter yang hadir. Yana Mulyana berpesan jika keseluruhan supporter wajib mematuhi prokes yang ditetapkan meskipun kini Bandung sudah PPKM level 1. Bagaimanapun pandemi masih ada sehingga tetap harus waspada.

Tidak mau ketinggalan PT KAI juga ikut menetapkan peraturan serta himbauan kepada seluruh suporter yang akan ke kota Bandung. Pasalnya kereta api diprediksi akan menjadi sarana transportasi untuk para supporter yang ingin mendukung klubnya. Terutama Bonek yang akan datang secara rombongan dari Surabaya.

Pada prinsipnya PT KAI akan melayani setiap penumpang kereta api selama mematuhi peraturan yang diberlakukan. Namun dengan adanya situasi seperti Piala Presiden ini, penjagaan serta pemeriksaan akan diperketat untuk kenyamanan bersama. Karena itulah dibuatkan peraturan sebagai bentuk antisipasi dari hal yang tidak diinginkan.

PT KAI akan memberlakukan peraturan yang biasa diberlakukan ketika ada kompetisi. Baik untuk Bonek, Bobotoh dan juga pendukung klub lainnya dilarang menggunakan atribut identitas klub selama menggunakan kereta Api. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kericuhan antar supporter klub.

Piala Presiden Sebentar Lagi
Seperti yang telah diumumkan, Piala Presiden 2022 akan dimulai pada tanggal 11 Juni. Persib Bandung yang menjadi tuan rumah di grup C akan menyambut Persebaya, Bali United serta Bhayangkara FC selama 10 hari penuh. Kedatangan klub-klub tersebut tentu saja dibarengi dengan para pendukung fanatik klub yang juga harus dijamu oleh Persib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here