Ancaman Virus Corona Bagi Sepakbola Semakin Parah

Debatbola.com – Mewabahnya virus covid-19 atau yang lebih dikenal dengan sebutan virus corona sudah benar-benar mengancam seluruh dunia. Dunia olahraga pun terdampak atas merebaknya virus mematikan ini. Sejumlah kompetisi olahraga di berbagai dunia terpaksa dibatalkan atau ditunda.

Sepakbola pun terkena dampaknya. Sejumlah pertandingan digelar tanpa penonton di sejumlah negara seperti Italia, Perancis, dan Jerman. Bahkan ancaman virus ini di Italia semakin mengerikan karena sudah lebih dari 200 orang meninggal karena virus yang bermula dari Tiongkok ini.

Terus meningkatnya pasien virus corona di Italia ini pun akhirnya menghentikan semua kegiatan olahraga di Italia, termasuk Serie A Italia, untuk sementara waktu. Liga dihentikan selama kurang dari empat pekan, di mana rencana baru akan bergulir pada awal April mendatang.

Serie A sendiri sempat menunda beberapa laga terkait adanya virus corona ini. Kemudian pertandingan-pertandingan yang sempat tertunda akhirnya digelar tanpa bisa disaksikan penonton, salah satunya laga Juventus vs Inter Milan. Larangan melanjutkan kompetisi olahraga sendiri diputuskan setelah provinsi Lombardy di utara Italia, meliputi kota Milan, dikarantina untuk sementara waktu sehingga tidak ada boleh yang keluar-masuk dari wilayah tersebut.

Di Inggris, Premier League masih terus menggelar pertandingan karena belum ada korban jiwa karena virus corona di tanah Britania Raya. Tapi pada akhirnya satu pertandingan besar antara Manchester City melawan Arsenal harus ditunda lantaran kesehatan para pemain Arsenal harus diobservasi secara mendadak setelah presiden Olympiakos dinyatakan positif virus corona, di mana para pemain dan staf Arsenal sempat bertemu dengan sang presiden dua pekan lalu pada ajang Liga Europa.

Karena laga antara Olympiakos vs Arsenal terjadi 13 hari sebelum sang presiden dinyatakan positif corona, maka hanya laga Man City vs Arsenal yang merupakan bagian dari pekan ke-29 saja yang ditunda. Premier League memutuskan untuk melanjutkan pekan ke-30 yang digelar tiga hari setelah jadwal Man City vs Arsenal seharusnya. Meski begitu, Premier League sendiri sudah menghapus ritual berjabat tangan sebelum pertandingan dimulai untuk sementara waktu.   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here