Alternatif Azpilicueta, Barcelona Pantau Juan Foyth

0
39

Debatbola.com – Barcelona selama ini meminati kapten sekaligus defender Chelsea César Azpilicueta. Namun, mereka sadar bahwa mendapatkan Azpilicueta tidak akan mudah. Untuk itu, disiapkanlah satu opsi alternatif, dan opsi alternatif itu ternyata adalah Juan Foyth milik Villarreal.

Sulitnya Transfer Azpilicueta

Mencari defender baru akan menjadi agenda utama Barcelona dalam mengarungi summer transfer 2022 ini. Defender baru menjadi sebuah keharusan mengingat banyak nama defender yang bakal pergi. Sebut saja Samuel Umtiti, Sergiño Dest, Dani Alves, hingga Clément Lenglet.

Selama ini, yang disasar Xavi adalah defender-defender Liga Inggris, atau lebih tepatnya defender-defender Chelsea. Tercatat, ada tiga nama yang telah dikait-kaitkan dengan raksasa asal Catalan. Mereka antara lain Antonio Rüdiger, Andreas Christensen, hingga César Azplilicueta.

Untuk saat ini, nama César Azpilicueta menjadi nama yang masih sering dikaitkan dengan tim Catalan. Barcelona disebut telah menjadikannya sebagai target utama. Tetapi perlu diketahui, negosiasi antara Barcelona dengan Chelsea berjalan cukup sulit. Kesepakatan pun belum bisa tercapai sampai sekarang.

Ada Target Alternatif dari Villarreal

Dengan kontrak sang pemain yang baru saja diperpanjang oleh The Blues, Barcelona sadar bahwa upaya membajak Azpilicueta dari Chelsea tidak akan berjalan mudah. Untuk itu, target alternatif sudah disiapkan. Target itu juga berasal dari rival mereka sendiri, yakni Villarreal.

Seorang target alternatif Azpilicueta yang berasal dari Villarreal itu ternyata adalah Juan Foyth, defender muda tim Kapal Selam Kuning. Kabar ini disampaikan oleh Luca Bendoni yang merupakan tim pakar transfer Italia Gianluca Di Marzio. Xavi kini menjadikan Foyth sebagai target.

Rencana untuk membajak Azpilicueta masih tetap ada, tapi Barcelona ingin berjaga-jaga kalau-kalau transfer bek Spanyol itu berjalan tak sesuai rencana. Dengan kata lain, Xavi ingin memperkaya pilihannya, dan bukan cuma menargetkan Azpilicueta saja.

Menurut laporan Luca Bendoni, Xavi sejatinya merupakan penggemar berat Foyth dan sangat meminati pemain muda asal Argentina tersebut. Alasannya tentu adalah karena fleksibilitas gaya bermainnya. Barcelona saat ini butuh bek tengah, tetapi mereka juga perlu bek kanan tambahan.

Sementara itu, posisi asli Foyth adalah bek tengah, tetapi di Villarreal, bek Argentina berhasil memainkan peran sebagai bek kanan. Ia membawa pasukan Kapal Selam Kuning menjuarai Europa League 2020/2021. Juga membawa timnya melangkah ke empat besar Liga Champions 2021/2022.

Mateu Alemany juga disebut punya pemikiran sama dengan Xavi, yakni menghargai Foyth begitu tinggi. Untuk itu, ia sepakat menjadikan punggawa Villarreal itu sebagai salah satu target. Ia ingin Foyth menjadi bagian dari tim besutan Xavi musim depan.

Sumber yang sama menuturkan bahwa minat Barcelona terhadap Foyth sudah masuk tahap serius, di mana mereka bakal menemui agen sang pemain untuk membahas transfer. Ini akan jadi awal yang bagus, dan Barcelona berharap transfer ini bisa terealisasi.

Foyth Harusnya Jadi Pilihan Utama

Beberapa bulan yang lalu, peminat Foyth bukan Barcelona saja, tetapi juga ada Real Madrid dalam perburuan sang pemain. Banyaknya peminat membuat Villarreal membandrol Foyth dengan harga yang agak mahal. Kala itu, harga Foyth diperkirakan ada di kisaran 20 juta euro.

Kendati demikian, Barcelona seharusnya lebih memilih Foyth ketimbang Azpilicueta yang disebut-sebut menjadi target utama. Soal pengalaman, Foyth mungkin kalah telak atas kapten Chelsea itu. Tapi apabila Barcelona mencari pemain untuk jangka panjang, maka Foyth lah jawabannya.

Prospek mendatangkan Azpilicueta baru menguntungkan apabila Barcelona bisa mendapatkannya secara gratis. Kontrak Azpilicueta kini sudah diperpanjang, dan artinya Barcelona harus membayar mahar transfer jika menginginkannya. Jadi, Foyth tampaknya jadi opsi yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here