Alasan Ronaldo Kwateh Harus Belajar dan Mengikuti Kompetisi di Prancis

0
48

Debatbola.com – Indonesia memiliki banyak pemain muda berbakat yang masih butuh banyak pengalaman, salah satunya adalah Ronaldo Kwateh. Kebetulan sebentar lagi akan ada kompetisi di Prancis yang sangat bisa dimanfaatkan Ronaldo Kwateh. Sebenarnya apa saja alasan kenapa Ronaldo Kwateh harus mengikuti kompetisi ini ?

Menambah Jam Terbang
Mengikuti kompetisi di Prancis tentunya akan menambah jam terbang Ronaldo Kwateh. Hal ini sangat penting bagi Ronaldo Kwateh, pasalnya pemain ini masih membutuhkan jam terbang lebih banyak supaya mentalnya benar-benar terbentuk.

Sama-sama masih muda, apabila dibandingkan dengan Maselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh masih dibawah kualitas dan pengalaman Marselino. Terbukti dalam BRI Liga 1 musim lalu, lebih banyak perkembangan Marselino Ferdinan yang terlihat.

Selain itu, Ronaldo Kwateh hanya bermain 11 kali bersama Madura United. Hal ini tentunya menghambat perkembangan Ronaldo Kwateh. Berbeda dengan Marselino Ferdinan yang dipercaya bermain 23 kali bersama Persebaya Surabaya.

Mencoba Posisi Lain
Pertandingan di Prancis juga akan bermanfaat bagi Ronaldo Kwateh untuk mencoba posisi biasanya dan bermain diluar nomor 9. Dalam SEA Games kemarin, terlihat Ronaldo Kwateh kesulitan bersaing memperoleh tempat di lini depan.

Padahal pemain ini bisa memberikan kontribusi yang baik untuk Timnas Indonesia apabila diberi kesempatan. Terbukti ketika dirinya mendapat kesempatan bermain sejak menit awal di pertandingan perebutan perunggu Indonesia vs Malaysia. Ronaldo Kwateh mampu mencetak gol di menit 68.

Bermain di kompetisi Toulon Cup Prancis bisa memberikan kesempatan Ronaldo Kwateh bereksplorasi kemampuan terbaiknya. Setiap pemain memang perlu meningkatkan penampilannya saat ditempatkan di luar posisi utamanya.

Semakin banyak posisi yang dikuasai tentunya akan semakin baik. Karena pemain tidak hanya bergantung pada satu posisi. Sehingga kebutuhan tim juga akan sangat terpenuhi apabila semua pemain menguasai beberapa posisi sekaligus.

Persiapan Piala Dunia
Kompetisi yang akan digelar di Prancis tersebut tentu sangat bermanfaat bagi semua tim khususnya Ronaldo Kwateh. Pasalnya Indonesia juga sedang mempersiapkan diri untuk kompetisi bergengsi yaitu Piala Dunia
U-20 tahun 2023.

Dalam ajang Piala Dunia tersebut, kebetulan Indonesia akan menjadi tuan rumah. Tentu ini menguntungkan Indonesia karena bermain di kandang sendiri akan lebih mudah menyesuaikan lapangan, musim, mental, dan sebagainya.

Sebenarnya tidak hanya Toulon Cup untuk persiapan Piala Dunia U-20 mendatang. Indonesia juga sudah sering melakukan laga uji coba kekompakan para pemain. Hingga saat ini Indonesia tercatat sudah menjalani 9 laga uji coba ketika pemusatan pelatihan di Korea Selatan.

Meningkatkan Kualitas Mental
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan negara-negara tangguh dari berbagai belahan dunia. Kebetulan Indonesia akan berhadapan dengan Venezuela, Ghana, hingga Meksiko di fase grup. Tentu ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental pemain.

Dari fase grup saja Indonesia sudah berhadapan dengan tim tangguh, apabila berhasil lolos Indonesia berkesempatan bertanding dengan tim lebih kuat lainnya. Pasalnya kompetisi ini juga diikuti oleh negara besar seperti Jepang, Prancis, hingga Argentina.

Dengan banyaknya tim kuat, tentu akan sangat mempengaruhi kualitas mental pemain termasuk Ronaldo Kwateh. Apabila Indonesia menjuarai kompetisi di Prancis, bukan tidak mungkin di pertandingan-pertandingan lain semua pemain akan lebih percaya diri.

Shin Tae-yong nampaknya sangat tahu betul apa yang dibutuhkan oleh semua pemain Timnas Indonesia. Karena memang, secara teknik permainan Indonesia sudah bisa dibilang baik, hanya saja dari segi mental dan stamina yang harus lebih ditingkatkan. Banyak yang beranggapan demikian dan Shin Tae-yong juga pernah mengatakan demikian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here