Alasan Roberto Mancini Ganti Kiper Utama di Laga Kontra Wales

0
121
Alasan Roberto Mancini Ganti Kiper Utama di Laga Kontra Wales

Debatbola.com – Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini berhasil menunjukkan kualitas kepemimpinannya di kursi manajer timnas. Pasalnya, penampilan Italia di kancah Euro 2020 sukses mendulang kekaguman dari publik. Mancini pun berhasil mematahkan anggapan bahwa Italia hanya dihuni pemain veteran saja. Bahkan, rotasi yang dilakukan sang pelatih terbukti ampuh membawa Italia mendominasi sejauh ini.

Roberto Mancini berhasil memandu Timnas Italia hingga lolos ke babak 16 besar. Bahkan, Italia tampil sempurna dalam fase grup A yang memastikan mereka menang atas tiga laga penting. Di grup negara yang juga dihuni Italia, mereka sudah berhasil menumbangkan tiga timnas besar. Termasuk laga kontra Wales yang sukses dituntaskan pekan kemarin.

Pada laga kontra Wales yang berlangsung di Olimpico, Roma, pada Minggu (20/6) tersebut, Roberto Mancini melakukan hal yang tidak biasa. Dirinya menarik keluar kiper utama Gianluigi Donnarumma dari lapangan dan menggantinya. Padahal, kiper sudah bermain selama 89 menit pertandingan. Apa alasan sang pelatih melakukan pergantian?

Subtitusi Tak Biasa

Roberto Mancini menurunkan beberapa pemain andalannya untuk laga kontra Wales. Pertandingan tersebut akhirnya mencapai kemenangan dengan skor 1-0 untuk Italia. Namun, hal yang tidak biasa dilakukan sang pelatih ketika dirinya menarik keluar Gianluigi Donnarumma di menit ke -89. Alasan sang pelatih pun belum sempat diketahui saat itu.

Roberto Mancini menarik Donnarumma keluar lapangan dan digantikan oleh Salvatore Sirigu. Sang kiper pelapis tersebut akhirnya menikmati laga pertamanya dalam debut di Euro 2020. Sirigu sendiri masih berusia 12 tahun lebih tua dibandingkan Donnarumma. Namun, dirinya mendapatkan jatah untuk bisa mengawal gawang Italia di menit penghabisan laga tersebut.

Ternyata, keluarnya Gianluigi Donnarumma dari lapangan bukan dikarenakan cedera atau penampilannya yang menurun. Usut punya usut, ternyata sang pelatih menganggap semua anak buahnya bisa dimaksimalkan untuk pentas Euro 2020 kali ini. Mancini juga mengaku ingin semuanya diberikan kesempatan mencicipi pentas di Piala Eropa tersebut.

Akhirnya, harapan Roberto Mancini tersebut bisa tercapai di laga kontra Wales. Setidaknya, pada laga penghabisan fase grup kali ini, dirinya bisa memberikan jatah penampilan untuk seorang kiper pelapis di timnas Italia. Salvatore Sirigu bisa merasakan atmosfer pertandingan di kancah Euro kali ini atas kemauan sang pelatih.

Italia Sukses Besar

Italia dipastikan lolos ke babak 16 besar setelah menumbangkan tiga lawan mereka. Berada dalam posisi aman karena unggul dan menjadi juara grup A membuat Roberto Mancini pun mendapatkan pujian sana-sini. Selain itu, dari jumlah 26 pemain yang dibawanya untuk Piala Eropa kali ini, Mancini sudah meratakan jatah masing-masing pemain.

Sejauh ini, hanya satu pemain yang belum mendapatkan jatah penampilan. Dia adalah kiper ketiga yang dimiliki Italia, Alex Meret. Alasan yang belum diketahui secara pasti mengapa sang pelatih belum menurunkan kiper tersebut. Meski demikian, dari informasi yang beredar, Mancini akan tetap memberikan kans untuk Meret tampil.

Roberto Mancini diduga sedang berkorelasi pada pengalaman buruknya ketika bermain di masa lalu. Pasalnya, pelatih yang juga mantan penyerang tersebut menjadi bintang di Italia saat itu. Akan tetapi, pelatih 56 tahun ini kala itu jarang diberikan jatah penampilan oleh manajer timnas. Seperti yang tercatat di piala Dunia 1990 silam.

Roberto Mancini rupanya tidak ingin mengulang pengalaman pahitnya saat masih membela timnas Italia. Itulah sebabnya, sang pelatih harus respect pada semua posisi pemain yang dibawanya tampil ke Eropa untuk memberikan jatah bermain yang adil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here