Alasan Kenapa Chelsea Hanya Kantongi Recehan dari Penjualan Tammy Abraham

0
283

Debatbola.com – Chelsea yang baru-baru ini dilaporkan baru membeli Romelu Lukaku baru saja menjual Tammy Abraham ke AS Roma. Roma mendapatkan Abraham dengan dana sekitar 40 juta euro. Akan tetapi, Chelsea hanya akan menerima dana receh ketika Abraham resmi pindah. Mengapa demikian?

Roma Selamatkan Abraham

Juru gedor Chelsea, Tammy Abraham kerap mendapat kesempatan mengawal lini serang The Blues di era kepelatihan Frank Lampard. Bahkan, bisa dibilang, posisi Abraham di bawah arahan Lampard hampir tak tergeser. Namun, era kepelatihan Thomas Tuchel sepertinya menjadi era keruntuhan sang striker di Stamford Bridge.

Sejak Tuchel menangani Chelsea, Abraham hampir tidak pernah tampil lagi sebagai starter untuk skuad The Blues. Di era Tuchel, Abraham kalah saing dengan nama-nama macam Timo Werner dan Kai Havertz. Situasi sang striker kian bertambah parah dengan kedatangan Romelu Lukaku menuju Stamford Bridge.

Dengan catatan tampil sebagai starter yang sangat minim, wajar apabila Abraham merasa tak betah berada di Stamford Bridge. Isu sang striker hengkang dari Chelsea pun kian mengalir deras. Sekarang, isu itu telah menjadi kenyataan dengan kepindahan Abraham menuju klub Serie A, AS Roma.

Skema Cicil Jadi Jawaban

Di atas kertas, Roma memboyong Abraham dengan mahar transfer senilai 40 juta euro. Akan tetapi, Chelsea hanya akan menerima dana recehan di awal pembelian striker asal Inggris. Pasalnya, Roma dikonfirmasi akan membayar mahar transfer Abraham dengan sistem mencicil selama beberapa tahun.

Adapun mengenai skema cicilan Roma, jurnalis asal Italia Gianluca Di Marzio diketahui sudah berhasil mengungkapnya. Seperti dikutip via Football.London, Roma diketahui bakal membayar hanya 5 juta euro di musim panas ini. Lalu, tambahan 20 juta euro bakal didapat Chelsea pada musim panas tahun 2024, dan sisanya dibayar di akhir musim 2024/2025.

Football.London juga mengungkapkan bahwa Abraham telah menyepakati kontrak berdurasi lima tahun bareng Roma. Artinya, sistem cicilan Roma baru akan selesai setelah masa bakti Abraham di ibukota Italia berakhir. Ini berarti, Chelsea baru bisa menikmati uang penjualan Abraham, lima tahun setelah sang striker tinggalkan London.

Selain pembayaran dengan sistem cicilan yang cukup rumit, Chelsea dan Roma juga diketahui telah menyepakati hal rumit lain. Kali ini adalah mengenai klausul istimewa yang terdapat dalam kesepakatan pembelian Abraham. Meski Chelsea telah menjual Abraham ke Roma, The Blues disebut berhak meminang kembali sang striker apabila dibutuhkan.

Dalam kesepakatan transfer Abraham menuju klub berjuluk Serigala Ibukota, Chelsea disebut memasukkan klausul pembelian kembali. Klausul ini baru bisa diaktifkan sekurang-kurangnya, dua tahun setelah Abraham diresmikan. Dalam klausul ini, Chelsea bisa membeli Abraham lagi dengan biaya di kisaran 80 juta euro.

Senangnya Perasaan Rekrutan ke-4 Roma

Usai negosiasi yang cukup panjang, AS Roma sendiri akhirnya memperkenalkan Abraham sebagai rekrutan anyar mereka pada Selasa (17/8). Serigala Ibukota langsung memberikan hadiah istimewa berupa nomor punggung 9 untuk sang striker. Nomor ini sendiri sebelumnya dikenakan oleh Edin Džeko, pemain yang kini sudah hijrah menuju Inter Milan.

Perihal kepindahannya menuju Serie A bersama Roma, Abraham sendiri mengaku senang. Menurut Abraham, Roma bakal menjadi klub yang cocok untuk mewujudkan ambisinya meraih sejumlah trofi bergengsi. Saat ditanya mengenai nomor punggung yang diberikan Roma, Abraham juga merasa terhormat bisa menjadi pewaris nomor bekas Džeko itu.

Lewat keberhasilan merekrut Abraham, Roma kini terhitung sudah belanja empat pemain sepanjang summer transfer tahun ini. Kiper asal Portugal, Rui Patrício tercatat menjadi rekrutan anyar pertama I Lupi. Kemudian, Roma juga berhasil mengamankan servis dua pemain lain, yakni Eldor Shomurodov dan Matías Viña.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here