Akibat Hal Ini, Merih Demiral Terancam Absen Dalam Laga 8 Besar Kontra Belanda

0
27

Debatbola.com – Pahlawan Timnas Turki di babak 16 besar EURO 2024, yaitu Merih Demiral tampak sedang terancam akan menerima sanksi larangan bermain dari UEFA sebab gestur yang ia tunjukkan saat mengantar Timnas Turki memperoleh kemenangan kontra Austria pada ajang Euro 2024.

Merih Demiral sukses mencetak dua gol yang memastikan mereka meraih kemenangan di babak 16 besar dalam selisih skor tipis 2-1 dan akan berhadapan menantang Belanda dalam babak perempat final. Tetapi, pemain yang genap berusia 26 tahun ini terancam akan mendapat hukuman dari UEFA usai ia melakukan sebuah gerakan salam serigala ketika melakukan selebrasi pada gol keduanya.

Gestur tersebut diketahui sebagai gestur Serigala Abu-Abu, yaitu sebuah kelompok dari ekstremis sayap kanan dan memiliki hubungan dekat dengan partai yang berkuasa di Turki, yaitu Partai Gerakan Nasionalis (MHP).

Dari beberapa laporan diketahui bahwa hormat yang ditujukan kepada Serigala Abu-abu merupakan tindakan yang dilarang oleh Austria serta dapat dihukum berupa denda maksimal 4.000 euro. Kelompok yang berdiri tahun 1960 ini juga terlarang di Prancis sebab mendukung penggunaan kekerasan di tahun 1980 yang ditujukan kepada para etnis minoritas dan aktivis sayap kiri.

“Simbol-simbol dari ekstremis sayap kanan di Turki tidak mendapatkan tempat di dalam stadion-stadion milik kami,” ujar Nancy Faeser, Menteri Dalam Negeri Jerman.

“Menggunakan ajang Kejuaraan Sepak Bola Eropa untuk platform rasisme tidak dapat diterima sama sekali.”

UEFA saat ini telah melakukan penyelidikan terkait sikap Merih Demiral. Bek andalan Timnas Turki tersebut tengah menghadapi kondisi yang memungkinkan dirinya mendapat skorsing dalam laga perempat final kontra Belanda pada akhir pekan ini.

“Sehubungan dengan lanjutan pertandingan di Babak 16 Besar di Kejuaraan Eropa 2024 yang mempertemukan Austria dengan Turki dan dimainkan pada tanggal 02 Juli 2024 di Leipzig, penyelidikan dibuka sesuai Pasal 31 (4) tentang Peraturan Disiplin oleh UEFA yang berhubungan dengan dugaan atas tindakan yang tidak pantas oleh Merih Demiral, pemain Timnas Turki.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here