Akhirnya, Aymeric Laporte Dipanggil Timnas

0
573
Aymeric Laporte

Debatbola.com – Aymeric Laporte merupakan bek papan atas. Sejak membela Athletic Bilbao, ia sudah hilir mudik membela Tim Nasional Junior Perancis. Tapi entah kenapa pelatih Timnas senior Perancis, Didier Deschamps, tak terlalu tertarik untuk menggunakan jasanya.

Tak ada nama Laporte di skuat Perancis pada turnamen sebesar Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Tapi Deschamps membuktikannya dengan melangkah ke babak final Piala Eropa dan juara di Piala Dunia 2018.

Kesuksesan itu sempat membuat Aymeric Laporte cemburu. Menurutnya, dia merasa cukup layak membela Tim Nasional Perancis dan menjadi bagian dari kesuksesan Timnas Perancis.

“Sejujurnya aku cemburu. Tapi keputusan sudah diambil dan yang aku bisa lakukan hanya menerimanya. Aku tidak lagi kaget ketika tidak dipanggil Timnas. Tak tak berada di skuat itu sebelumnya dan selalu tak ada namaku ketika mereka mengumumkan daftar pemainnya. Aku agak kecewa,” ujar Laporte pada 2018.

Keputusan Deschamps memang mengundang pertanyaan. Laporte merupakan andalan Timnas junior Perancis yang sudah dibelanya sejak usia 17 tahun. Bahkan pemain kelahiran kota Agen itu beberapa kali menjadi kapten tim.

Kekecewaan terhadap Perancis sendiri nyaris membuat Laporte menerima panggilan Timnas Spanyol. Pemain bertinggi 191 cm ini memang bisa membela Spanyol karena memiliki keturunan Basque dari kakek buyutnya. Selain itu Laporte sudah membela Athletic Bilbao sejak usia 15 tahun.

Tapi tampaknya penantian Laporte berseragam Timnas Perancis akan segera berakhir. Dia mendapatkan panggilan dari Deschamps untuk laga babak kualifikasi Piala Eropa 2020 menghadapi Albania dan Andorra pada September mendatang. Laporte pun senang bukan kepalang.

“Sangat bahagia dipanggil Tim Nasional! Ini membuktikan bahwa sesuatu akan datang bagi mereka yang sabar menunggu. Aku sangat bahagia! Go The Blues!” tulis Laporte pada akun Instagramnya.

Kesempatan bermain untuk Laporte cukup besar karena kali ini Perancis tidak akan diperkuat salah satu bek andalannya, Samuel Umtiti, yang mengalami cedera. Selain itu Deschamps juga tampaknya akan memberikan kesempatan pada pemain yang belum menjalani debut seperti Leo Dubois, Mike Maignan, Jonathan Ikone, dan tentu Laporte.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here