Akhir Laga Persita vs PSIS Berakhir Kontroversi, Pelatih Protes Keras

0
207

Debatbola.com – Juru taktik Persita Tangerang, Widodo C. Putro menerima kartu kuning saat timnya dihantam PSIS Semarang 2-3 dalam laga lanjutan Liga 2021/2022. Itulah kartu kuning pertamanya sepanjang kariernya sebagai pelatih.

Widodo C. Putro mengatakan bahwa sepanjang karirnya sebagai pemain dan pelatih, dirinya hanya pernah mendapatkan dua kartu kuning. Apa yang terjadi di laga kontra PSIS ini dilatarbelakangi oleh kekesalannya terhadap kepemimpinan wasit.

Widodo Protes Keras

Widodo C. Putro menambahkan pada sepanjang karirnya selama 20 tahun ini hanya pernah menerima satu kartu kuning. Widodo menekankan hanya satu. Kini, saat menjabat menjadi pelatih, dirinya malah mendapatkan kartu kuning. Hal ini lantaran keputusan wasit yang kontroversial.

Wasit Rully Ruslin yang memimpin laga Persita Tangerang kontra PSIS Semarang tercatat beberapa kali mengambil keputusan yang ganjil. Kedua tim yang seharusnya mendapatkan penalti lantaran pelanggaran keras di kotak penalti, tapi tidak dipedulikan oleh pengadil lapangan.

Satu momen paling krusial bagi Persita Tangerang yakni gol yang dicetak oleh Harrison Cardoso pada menit ke-82 yang dianulir oleh wasit. Padahal, ketika itu tidak ada pelanggaran atau kontak yang terjadi dengan pemain PSIS.

Melalui media sosial Instagram, Widodo C. Putro bahkan menyentil kualitas dari kompetisi sepak bola nasional. Dirinya menyinggung adanya indikasi kepentingan terselubung saat Persita Tangerang kalah dari PSIS Semarang.

Dirut PT LIB Buka Suara

Sementara itu, Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, mengatakan bahwa kontroversi dalam laga Persita kontra PSIS ini pasti akan dilaporkan ke PSSI. Lukita mengatakan bahwa laporan dari setiap pertandingan pasti akan dilaporkan pada PSSI.

Jika ada komplain resmi juga pasti akan diarahkan ke Komdis PSSI. Selanjutnya semua keputusan tergantung dari pihak Komdis. Semua kejadian ini pasti ada laporan match commissioner.

Pertandingan dari kedua tim kasta tertinggi ini disoroti lantaran kejadian gol dari Persita yang dianulir oleh wasit Rully Ruslin Tambuntina. Tentu kejadian ini diprotes keras oleh Widodo Cahyono Putro.

Dalam tayangan ulang memang terlihat bahwa kiper PSIS, Jandia Eka Putra gagal menangkap umpan lambung. Bola liar itu langsung disambar oleh Harrison Cardoso untuk mencetak gol. Namun, wasit malah menganulir gol tersebut. Lantaran protes yang keras, Pelatih Persita malah diganjar dengan kartu kuning.

Selepas Widodo Cahyono Putro mengeluarkan kegundahannya akan ketidakadilan wasit, dirinya lantas memberikan selamat kepada PSIS. Meski begitu, dia masih berharap akan ada perbaikan dari PSSI terhadap kepemimpinan wasit.

Widodo mengucapkan selamat kepada PSIS Semarang yang telah memenangkan pertandingan. Dirinya juga berterima kasih kepada anak asuhnya yang telah bekerja keras. Meskipun semangat mereka harus dipatahkan oleh keputusan-keputusan kontroversial wasit.

Manajer Persita, I Nyoman Suryanthara masih belum memberikan responnya mengenai kelanjutan kontroversi kepemimpinan wasit, apakah akan dilaporkan ke PSSI atau tidak. CEO PSIS pun belum menjawab ketika ditanya mengenai ini.

Bukan Pertama Kali

Beberapa waktu lalu, tindakan tidak adil juga pernah menimpa Persebaya Surabaya. Ketika itu para suporter Persebaya merasa tidak terima dengan tindakan itu dan melaporkan ke PSSI. Namun, hasilnya tidak banyak berubah.

Keputusan wasit yang merugikan satu belah pihak juga dirasakan oleh klub Persib Bandung. Ketika itu, Persib laga kontra Persija Jakarta. Sebuah gol yang dieksekusi oleh Marc Klok dengan bola yang melewati garis tidak dianggap sah oleh wasit. Keputusan ini pun dinilai sangat merugikan Persib Bandung sehingga sangat gencar dibahas di media sosial.

Setelah pertandingan itu, Persib Bandung kembali merasa dirugikan oleh keputusan wasit yang dinilai merugikan Maung Bandung, mengenai Marc Klok yang berhasil menggoyangkan jala gawang Madura United tidak disahkan oleh pengadil lapangan. Meski begitu, akhirnya Persib masih bisa memenangkan pertandingan 2-0 atas Madura United.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here