Aji Santoso Jadi Pelatih Lokal Terbaik

0
51

Debatbola.com – Juru racik serangan dari klub Persebaya Surabaya, Aji Santoso didapuk sebagai pelatih lokal terbaik versi Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 ini. Hal ini dikarenakan sang pelatih mampu membawa tim asuhannya bertengger di papan atas.

Tembus Lima Besar Klasemen

Nama Aji Santoso baru-baru ini kembali mendapatkan sanjungan dari banyak pihak. Sebab jerih payahnya membesut skuad Bajul Ijo –julukan Persebaya Surabaya– akhirnya membuahkan hasil manis. Timnya mampu bersaing di papan atas dan menjadi pesaing gelar yang serius. Meski pada akhirnya tim ini gagal menyabet gelar juara kompetisi Liga Indonesia edisi 2021/2022 kali ini.

Meski gagal juara, ada satu hal yang cukup membanggakan dari sosok Aji Santoso. Pelatih berusia 51 tahun ini mampu menunjukkan kualitasnya dengan bersaing di lima besar klasemen musim ini. Bahkan Persebaya mampu finis di peringkat empat dengan koleksi 63 poin di pekan ke-33. Dari lima besar tim yang ada, Aji Santoso menjadi satu-satunya pelatih lokal. Sebab empat tim lainnya ternyata dinahkodai oleh pelatih dari luar negeri.

Pada pekan terakhir dari kompetisi musim ini, Persebaya Surabaya masih akan melakoni laga kontra Borneo. Dalam laga terakhir ini Persebaya akan berusaha untuk mengincar peringkat tiga besar dan bertukar posisi dengan Bhayangkara. Kedua tim tersebut memiliki koleksi poin sama banyak, yaitu 63 poin.

Penghargaan Untuk Aji Santoso

Meski dianggap sebagai pelatih lokal tersukses musim ini, Aji Santoso enggan terlalu jemawa. Pria kelahiran Malang, 6 April 1970 ini mengaku apa yang diraih timnya saat ini tercipta dari kerjasama tim. Tidak hanya sebatas pemain, namun selusuh keluarga besar dari Persebaya Surabaya.

“Persebaya memang saat ini memang ada di papan atas, dan itu patut kami syukuri. Tetapi, yang jelas semua ini terjadi karena kerjasama dari semua tim, baik dari ofisial, pelatih, pemain, dan akhirnya kamu semua mampu memenuhi target yang diberikan oleh pihak manajemen,” ungkap sang pelatih saat jumpa pers, via Bola.com.

Melihat penampilan terbaru dari Persebaya Surabaya, tim ini berhasil menumbangkan sang juara Bali United dengan skor telak 0:3. Laga yang terjadi di pekan ke-33 kemarin ini sukses membuat Aji Santoso mendapatkan penghargaan sebagai pelatih terbaik.

“Terima kasih atas penghargaan ini yang sudah berkali-kali saya dapatkan dari putaran pertama hingga putaran kelima. Alhamdulilah saya mendapatkan sebuah apresiasi. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk saya agar bisa lebih berkembang lagi di masa yang akan datang, dan juga lebih bermanfaat untuk persepakbolaan Indonesia,” sambung pelatih berkacamata tersebut.

Pesan Aji Santoso

Meski saat ini mampu bersaing di papan atas, Aji Santoso sempat berpesan kepada timnya untuk tidak cepat puas dengan apa yang mereka raih saat ini. Aji selalu menekankan timnya untuk bisa selalu tampil maksimal dalam setiap laga yang tersaji di hadapan mereka.

“Satu hal, yang jelas saya menyampaikan kepada seluruh pemain saya bagaimana di dalam setiap penampilan, Persebaya harus bisa terus bermain maksimal. Berusaha untuk tampil maksimal baik secara hasil, maupun secara kualitas tim dan juga maksimal secara individu pemain,” tegas eks pelatih Arema tersebut.

Sebagai seorang pelatih, Aji Santoso sudah malang melintang di dunia sepak bola tanah air. Daftar tim yang pernah dia latih cukup panjang yang membuat sang pelatih banyak makan asam garam. Sebelum menukangi Persebaya, dia pernah melatih PSIM Yogyakarta, Persela Lamongan, dan Arema.

Sebelum fokus melatih klub, Aji Santoso juga pernah mendapatkan kepercayaan dari PSSI untuk menukangi Timnas U-22 dan juga Timnas U-23 di tahun 2012 lalu. Khusus untuk Persebaya Surabaya, musim ini menjadi periode keduanya. Sebab di tahun 2009 lalu pelatih 52 tahun ini juga sudah pernah membesut skuad Bajul Ijo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here