Ada Wajah Baru di Timnas U-23 Indonesia, Siapa Saja Mereka

0
353

Debatbola.com – Pelatih utama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah secara resmi mengumumkan siapa saja pemain yang akan diikutsertakan dalam training camp guna persiapan kompetisi piala AFF-U-23. Pemusatan latihan sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan tanggal 3 hingga 8 Februari mendatang.

Nantinya, selama menjalani pemusatan latihan di Bali, para pemain yang telah dipanggil akan diseleksi. Hanya pemain yang terbaiklah yang akan dibawa ke Kamboja untuk membawa nama Indonesia dalam ajang Piala AFF U-23.

Misi mempertahankan Gelar

Tugas berat menanti para pemain Timnas Indonesia U-23. Pelatih Shin Tae-yong menargetkan kepada para anak asuhnya untuk mempertahankan gelar juara. Meskipun Indonesia berada di grup B dan merupakan tim yang diunggulkan, namun harus tetap mewaspadai tim lawan. Grup B sendiri berisikan Indonesia, Malaysia, Myanmar dan Laos.

Pemain Baru di Pemusatan Latihan Timnas U-23

Sebagian besar nama-nama yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan adalah para pemain lama dan pemain U-19 yang mendapat rekomendasi. Meskipun demikian, Pelatih Shin Tae-yong juga memasukkan nama baru yang sebelumnya belum pernah menjalani latihan maupun pertandingan bersama Timnas. Tercatat ada 3 nama pemain baru yang masuk dalam 29 pemain yang mengikuti seleksi pada pemusatan latihan bersama Timnas U-23, yakni:

1. Cahya Supriadi

Masuknya nama kiper muda asal Persija Jakarta ini terbilang cukup mengejutkan. Hal ini dikarenakan dia berhasil menggeser posisi Ernando Ari yang sebagai langganan membela Timnas. Kiper berusia 18 tahun ini akan bersaing untuk memperebutkan posisi penjaga gawang Timnas bersama dengan Muhammad Adi Satryo (Persik Kediri) dan Muhammad Riyandi (Barito Putera).

Pelatih Shin Tae-yong mempunyai penilaian sendiri kepada Cahya Supriadi yang notabene belum pernah diturunkan selama Liga 1 2021/2022. Salah satu alasan dipanggilnya Cahya Supriadi adalah penampilan apiknya saat membela Timnas U-18 Turki, November Tahun lalu. Dipanggilnya Cahya Supriadi untuk membela Timnas, tentu kesempatan ini tidak akan dia sia-siakan.

2. Muhammad Ferrari

Pemain debutan Timnas lainnya yaitu Muhammad Ferrari. Pemain muda asal Persija Jakarta ini menjadi salah satu yang ditunggu kiprahnya bersama Timnas U-23. Meskipun dibilang masih sangat belia, namun pengalaman serta jam terbang bersama Macan Kemayoran cukup banyak. 

Selama Liga 1 musim ini, dia telah bermain sebanyak 6 kali. Atas permainannya yang menjanjikan bersama timnya ini, Shin Tae-yong tertarik untuk memasukkannya ke skuad Timnas U-23.

Pengalamannya bertanding di level Internasional sudah ada sejak usianya baru menginjak 13 tahun. Kala itu dia ke tim Indonesia U-15 2018. Tercatat Muhammad Ferrari pernah menjadi Runner-up JSSL yang diadakan di Singapura serta menjadi juara Gothia Cup China. Muhammad Ferrari diharapkan mampu menjadi bek masa depan Indonesia.

3. Kakang Rudianto

Penampilan impresifnya bersama Persib Bandung mengalahkan Persikabo beberapa waktu lalu menjadi sorotan banyak kalangan. Tidak terkecuali pelatih timnas Shin Tae-yong yang tertarik dengan bek berusia 20 tahun ini untuk dimasukkan kedalam daftar pemain Timnas U-23.

Pemain jebolan Persib Bandung ini merupakan salah bek andalan Timnas U-19. Gaya permainannya yang menyerupai bek tangguh Liverpool, Virgil Van Dijk nampaknya disukai oleh pelatih Shin Tae-yong. Dia merupakan tipikal bek yang lengkap. Selain mampu melakukan duel udara, ketenangannya dalam mengambil keputusan menjadi poin plus tersendiri.

Tidak Memasukan Pemain Abroad

Satu hal yang mengejutkan dan dapat dibilang cukup berani yakni tidak dimasukkannya para pemain abroad dalam skuad yang akan dibawa ke Kamboja. Pelatih Shin Tae-yong sudah memutuskan untuk tidak memanggil para pemain yang berada di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Elkan Baggot, Bagus Kahfi, David Maulana, dan Brylian Aldama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here