Debatbola.com – Tak mendapatkan kesempatan bermain di Arsenal, Serge Gnabry memutuskan untuk meninggalkan London dan hijrah ke Jerman untuk membela Werder Bremen pada 2016. Setahun kemudian ia direkrut Bayern Munich.

Sempat dipinjamkan ke Hoffenheim, Gnabry terus meningkatkan kualitasnya. Hingga akhirnya per musim 2018, gelandang asal Jerman tersebut mulai menghiasi skuad Bayern Munich.

Memasuki musim 2019/20, Gnabry telah menjadi salah satu andalan Bayern. Dari 25 laga Bundesliga, total 23 laga dimainkan pemain berusia 24 tahun tersebut. Ditambah lagi ia sukses mencetak 11 gol dan 9 asist.

Perjalanannya bermain dengan berbagai kesebelasan yang memberikannya kesempatan bermain membuat talentanya semakin terasah. Tapi Gnabry sendiri tak melupakan peran besar rekan setimnya di Arsenal, Per Mertesacker. Menurutnya, selama di Arsenal, Mertesacker lah yang membuatnya terus berlatih keras hingga meningkatkan kemampuan.

“Dia [Mertesacker] selalu keras padaku, tapi dalam hal positif. Dia seperti kakakku di Arsenal, dan tak peduli seberapa bagus mainku, atau seberapa keras latihanku, dia selalu mengkritik permainanku,” ujar Gnabry pada The Players Tribune.

“Anda harus mendengar suaranya langsung. Anda harus melihat wajahnya. Per adalah orang teramah di dunia. Tapi dia juga seperti orang Jerman kebanyakan.”

Orang Jerman yang dimaksud Gnabry adalah sifat keras yang memang dimiliki oleh banyak orang Jerman. Terlihat kasar, tapi sebenarnya tujuannya baik.

“Semua yang dikatakannya sangat keras. Dia sangat tinggi, dia akan menunduk untuk menatapmu dan mencoba mengintimidasimu tapi dia juga sangat baik. Aku tak tahu Bahasa Inggris untuk menyebut orang seperti itu apa.”

“Bayangkan saja kalau dia adalah Arnold Schwarzenegger versi sangat ramah. Itulah Per. Dia akan mendatangiku dan berkata: ‘Serge, ingat dari mana kamu berasal! Kamu dari Stuttgart! Rendah hati, rendah hati, rendah hati! Serge, kamu pikir kamu sudah hebat sekarang, hah? Kamu harus tetap rendah hati! Rendah hati!’”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here