Ada Kabar Persipura Gagal Degradasi, PSSI Berikan Klarifikasi

0
42

Debatbola.com – Persipura menjalani musim yang cukup buruk yang membuat klub tersebut terjebak di zona merah hampir di sepanjang musim. Hingga musim berakhir pun Persipura tidak mampu membuat klubnya lepas dari zona berbahaya itu meskipun performanya sudah membaik di akhir musim. Akhirnya Persipura harus menyusul Persiraja dan Persela yang lebih dulu dipastikan pindah ke Liga 1.

Diantara ketiga klub tersebut, Persipura merasa jika klubnya seharusnya tidak terdegradasi sehingga mengajukan banding pada pihak PSSI. Berdasarkan kabar yang beredar, Persipura dikabarkan gagal degradasi dan PSSI memenuhi tuntutan klub tersebut. Mendengar hal tersebut, PSSI akhirnya buka suara dan memberikan klarifikasi mengenai kabar itu.

Persipura Dikabarkan Gagal Degradasi

Belakang ini ada isu mengenai salah satu klub yang harus turun kasta, Persipura dinyatakan gagal terdegradasi dari Liga 1. Seperti yang diketahui Persipura tengah berusaha mengajukan banding pada pihak PSSI terkait keputusan degradasi itu. Kabar tersebut tentu mengejutkan banyak pihak karena sejak berakhirnya musim ini klub tersebut sudah dipastikan akan berlaga di Liga 2.

Sebelum musim berakhir, Persipura memang tengah mengajukan banding pada pihak PSSI yang berkaitan dengan penghapusan tiga poin milik klub tersebut. Saat itu, Persipura Mangkir dari laga melawan Madura United dikarenakan banyaknya pemain yang terserang Covid. Pihak Persipura ingin PSSI menangguhkan keputusannya dengan mengembalikan 3 poin milik Persipura dan mengadakan tanding ulang dengan Madura United.

Belum selesai perkara tersebut, publik dihebohkan kembali dengan kabar jika Persipura gagal terdegradasi dari Liga 1 dan pihak PSSI menangguhkan keputusannya. Kabar tersebut membuat heboh publik dan langsung dipertanyakan kebenarannya. Karena terus membesar, akhirnya pihak PSSI memberikan pernyataan mengenai isu yang telah beredar.

Klarifikasi PSSI

Melihat adanya kabar mengenai pembatalan degradasi Persipura, pihak PSSI yang saat itu diwakili oleh Yunus Nusi memberikan pernyataan. Menurut Yunus, berita tersebut tidak lah benar dan terbukti hanya hoax semata. Bahkan pihak PSSI meminta kepada media yang telah mengeluarkan berita tersebut untuk meralatnya karena tidak sesuai dengan kenyataan.

Pihak PSSI bahkan siap mengajukan tuntutan pada media yang melaporkan berita hoax tersebut pada Dewan Pers jika tidak segera dibenarkan. Hal tersebut dikarenakan Berita yang telah itu adalah opini sendiri dan bukan pernyataan dari PSSI. Secara tegas Yunus Nusi juga mengatakan jika tidak ada perubahan mengenai hasil akhir Liga 1 musim ini.

Berdasarkan hasil dari Liga 1 Musim 2021-2022, Persipura hanya mampu mengoleksi 36 poin saja dari 34 laga yang dilakoni klub tersebut sehingga menempati posisi 16. Dengan hasil tersebut, Persipura sudah dapat dipastikan terdegradasi. Hasil tersebut dipastikan sudah final dan PSSI juga mengatakan jika tidak akan ada perubahan dari hasil tersebut,

Persipura Gugat Banyak Pihak

Sampai saat ini, Persipura masih belum terima dengan keputusan PSSI yang membuat klub tersebut harus terdegradasi. Karena hal itulah sejak beberapa waktu lalu para penggemar dan manajemen Persipura bersiap mengajukan gugatan pada banyak pihak. Diantaranya yang menerima gugatan dari Persipura yaitu PSSI ditambah dengan Persib dan Barito putra serta David da Silva.

PSSI menerima gugatan dari Persipura terkait adanya praktek sepak bola gajah dalam pertandingan pekan ke-34 antara Persib Bandung melawan Barito Putra. Pasalnya pada saat itu merupakan laga penentu dari nasib Persipura di Liga 1 musim depan sekaligus yang membuat klub tersebut terdegradasi. Pihak klub menuntut laga tersebut harus diulang karena dinilai ada praktek sepak bola gajah.

Tuntutan yang diajukan Persipura bukan hanya melakukan tanding ulang saja, klub tersebut juga meminta PSSI untuk mendiskualifikasi Persib dan Barito Putra. Kedua klub tersebut dinilai merusak citra sepak bola dengan praktek sepak bola gajahnya. Bahkan Persipura juga meminta sanksi yang sangat berat untuk David da Silva yang merupakan pemain Persib.

Sebagai antisipasi jika tuntutannya tidak dipenuhi, Persipura akan bersiap melaporkan hal tersebut ada pihak FIFA dan juga pemerintah. Hingga kini klub asal Papua tersebut memberikan waktu 7×24 jam untuk memberikan jawaban. Jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi, maka Persipura siap melakukan hal yang lebih besar lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here