Pemain Paling Berharga di Liga 1 2022/2023

0
32

Debatbola.com – Setelah masa bursa transfer, terdapat pemain baru yang mengisi daftar pemain dengan harga pasar termahal di Liga 1 musim ini. Top 5 besar pemain paling mahal di Liga 1 pun kini sudah berubah. Dan berikut merupakan daftar 5 pemain dengan harga pasar tertinggi di Liga 1 musim 2022/2023 menurut Transfermarkt:

1. Michael Krmencik

Di urutan pertama diisi oleh penyerang baru Persija Jakarta, Michael Krmencik. Pemain berusia 29 tahun itu bisa dibilang terpaut cukup jauh dengan pemain lainnya dalam daftar ini. Tercatat, dirinya memiliki harga pasar sebesar 26 Milyar Rupiah. Kedatangannya menggeser Marc Klok yang musim lalu merupakan pemain paling berharga di Liga 1.

Pernah bergabung di beberapa klub Eropa seperti Slavia Praha, PAOK, Club Brugge dan FC Viktoria Plzen tentu menjadi nilai tambah. Apalagi mengingat beberapa klub tersebut adalah salah satu klub papan atas pada setiap negaranya. Belum lagi usia yang masih dibawah 30 tahun menjadi penunjang utama tingginya harga transfer Krmencik.

2. Hanno Behrens

Posisi selanjutnya diisi oleh Gelandang Tengah asal Jerman, Hanno Behrens yang juga merupakan pemain anyar dari Persija Jakarta musim ini. Berbeda cukup jauh dibawah Michael Krmencik yang menempati tempat paling atas, Behrens hanya memiliki harga pasar 9,56 Milyar Rupiah. Jumlah tersebut bahkan tidak ada separuh dari harga pasar Michael Krmencik.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Transfermarkt, tercatat jika Hanno Behrens pernah menjuarai sebuah trofi. Trofi tersebut ia raih saat dirinya masih membela klub asal Jerman, SV Darmstadt 98. Lebih tepatnya pada musim 2012/2013, Hanno Behrens berhasil mengantarkan tim yang berbasis di Darmstadt tersebut menjuarai Hessen Cup.

3. Marc Klok

Selanjutnya diisi oleh Gelandang Tengah Persib Bandung saat ini, Marc Klok. Pemain kelahiran Amsterdam itu telah berlabuh dari Persija Jakarta ke kubu Maung Bandung pada Juni 2021 yang lalu. Hingga kini, Marc Klok masih memiliki harga pasar yang masih sama seperti sebelumnya dengan nilai mencapai 7,82 Milyar Rupiah.

Selama karirnya, Marc Klok sempat mengangkat setidaknya 4 trofi di 3 klub. 2 trofi yang diraihnya merupakan gelar Piala Indonesia bersama PSM Makassar dan juga Piala Menpora bersama dengan Persija Jakarta. Sementara 2 trofi sisanya ialah Bulgarian Cup dan Bulgarian Super Cup yang diraihnya saat masih membela Cherno More Varna.

4. Youness Mokhtar

Kemudian ada sayap kiri anyar milik Bhayangkara FC musim ini, Youness Mokhtar dengan nilai pasar yang sama dengan Marc Klok. Hal tersebut lantaran ia mengalami penurunan harga pasar dari nilainya sebelumnya. Nilai pasarnya turun menjadi 7,82 Milyar Rupiah setelah tadinya ia memiliki harga pasar 11,30 Milyar Rupiah.

Selama pemain berusia 30 tahun tersebut berkarir, dirinya sempat menjuarai 1 trofi saat ia masih membela Columbus Crew SC. Atau lebih tepatnya pada musim 2019/2020, ia mengangkat trofi MLS Cup yang merupakan trofi pertama yang diraihnya di kompetisi profesional.

5. Taisei Marukawa

Berbeda dengan Youness Mokhtar yang mengalami penurunan harga pasar, Marukawa yang beberapa bulan lalu direkrut PSIS Semarang justru mengalami peningkatan. Dari yang semula bernilai 6,52 Milyar Rupiah sekarang justru bernilai 7,82 Milyar Rupiah. Tak mengherankan lagi tentunya mengingat musim lalu bersama Persebaya, pemain asal Jepang itu mampu tampil dengan ciamik.

Musim lalu, dirinya didaulat sebagai pemain terbaik Liga 1. Pada musim pertamanya di Liga 1 Indonesia, Marukawa sukses menceploskan 17 gol dan 10 assists untuk Persebaya Surabaya. Harga pasar dari Marukawa sendiri masih besar kemungkinan untuk meningkat cukup pesat mengingat usianya yang masih menginjak umur 25 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here