6 Pemain Andalan Timnas U-16 Untuk Merebut Kembali Gelar Piala AFF U-16

0
49

Debatbola.com – Kesuksesan Timnas U-16 melaju ke partai puncak tak lepas dari penampilan apik pemain-pemain yang dipilih oleh pelatih Bima Sakti. Mereka berhasil mengalahkan lawan-lawan tangguh hingga dapat tampil di babak final. Garuda Muda sukses mengalahkan semua lawan yang dihadapinya.

Mereka mengandaskan Filipina 2-0, menghajar Singapura 9-0, menghancurkan Vietnam 2-1, dan terakhir melibas Myanmar melalui adu penalti dengan skor akhir 6-5. Kemenangan tersebut yang membawa mereka bisa kembali berlaga di babak final dan berkesempatan mengulang kesuksesan saat menjadi juara pada 2018. Berikut 5 pemain andalan Timnas U-16 untuk merebut kembali gelar Piala AFF U-16.

Iqbal Gwijangge

Nama Iqbal langsung mencuat sejak laga pertama Timnas U-16 bertemu Filipina. Peran vital di barisan belakang membuat pertahanan Garuda Muda cukup kokoh. Ketenangan dalam memutus serangan lawan juga sedikit memberi efek positif dari gempuran lawan.

Sebagai pemain yang didapuk sebagai kapten tim, Iqbal sukses membayar kepercayaan yang diberikan oleh Bima Sakti. Performanya selalu mengesankan, ia juga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dalam mengomandoi rekan-rekannya di lapangan. Tak heran, ia selalu dipercaya tampil penuh 360 menit.

Kafiatur Rizky

Selanjutnya, ada nama Kafiatur Rizky yang penampilannya cukup mengesankan setiap diberi kepercayaan oleh Bima Sakti. Ia berposisi sebagai gelandang serang, yang bertugas mengawal lini tengah Garuda Muda. Kafiatur juga bisa berperan sebagai pencetak gol di beberapa kesempatan.

Pemain asal Borneo FC itu selalu tampil pada 4 pertandingan yang dijalani Timnas U-16. Kafiatur tampil sebanyak 316 menit, ia hanya ditarik ketika menghadapi Singapura pada menit ke-46. Ia juga telah mencetak total 2 gol.

Rizdjar Nurviat Subagja

Rizdjar adalah salah satu andalan di lini belakang Timnas U-16. Ia selalu mengisi sektor bek kanan yang diberi kepercayaan penuh oleh pelatih Bima Sakti. Bek asal Cirebon ini selalu tampil pada empat laga yang dilakoni Garuda Muda.

Ia hanya diganti oleh Fadel Ahmad Arrafi pada menit ke-46 ketika Indonesia melawan Singapura. Selebihnya, Rizdjar tampil 90 menit sehingga mencatatkan 316 menit bermain selama gelaran Piala AFF U-16.

Nabil Asyura

Mengisi sektor sayap kiri, peran Nabil Asyura cukup mengesankan. Ia selalu menjadi andalan dalam membangun serangan Garuda Muda. Nabil sempat diganti pada laga pertama ketika menghadapi Filipina. Namun saat melawan Singapura, ia tampil trengginas dengan mencetak trigol ke gawang lawan.

Ia juga ambil bagian dalam mencetak gol ketika mengandaskan Vietnam 2-1, yang membuat Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal. Kini namanya bertengger di daftar pencetak gol Piala AFF U-16 dengan koleksi 4 gol.

Arkhan Kaka

Arkhan juga mendapat kepercayaan Bima Sakti dalam kesebelasan awal Timnas U-16. Selama fase grup, ia tampil selama 90 menit dan mencetak satu gol pada saat mengalahkan Filipina. Kemudian, ia diganti Waliy Marifat ketika laga kontra Singapura. Arkhan juga berperan dengan menyumbang gol saat mengandaskan Vietnam.

Anak dari legenda Purwanto Suwondo ini berperan vital di barisan depan armada Bima Sakti. Banyak yang berharap ia dapat merebut kembali gelar Piala AFF U-16 ke genggaman Indonesia, yang pernah diraih pada 2018 silam.

Riski Afrisal

Pada sektor sayap kiri, pelatih Bima Sakti selalu memberi kepercayaan kepada Riski Afrisal. Remaja yang lahir pada 25 April 2006 itu selalu tampil dalam empat pertandingan yang dilakoni Timnas U-16.

Riski sempat ditarik keluar pada laga kontra Filipina, perannya diganti oleh Yanuar Sanusi. Sisanya, ia selalu tampil penuh selama 90 menit, terutama saat mencetak gol indah ke gawang Singapura dan Myanmar melalui sepakan kaki kanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here