5 Wonderkid Indonesia Yang Mencuri Perhatian

0
107

Debatbola.com – Belakangan ini, Timnas dihebohkan dengan munculnya beberapa pemain baru yang dalam segi usia sangat belia. Beberapa diantaranya sudah dibawa oleh pelatih Shin Tae-yong kala berlaga di Piala AFF 2020 lalu. Meskipun Timnas Indonesia kembali gagal di partai final, namun kita patut bangga karena dari segi rataan usia Timnas Indonesia diisi oleh pemain-pemain muda.

Nyatanya para pasukan garuda muda diisi oleh pemain dengan usia rata-rata dibawah 23 tahun. Ini membuktikan bahwa regenerasi yang dilakukan oleh pelatih Shin Tae-yong berada pada jalur yang tepat. Tidak hanya sampai disitu, Indonesia masih memiliki beberapa pemain muda potensial alias wonderkid yang siap untuk mencuri perhatian. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

1. Ronaldo Joybera Kwateh

Anak dari pesepakbola asal Liberia, Roberto Kwateh dan Citra Rusmawati ini mampu mencuri perhatian melalui skillnya yang diatas rata-rata. Pemain yang kini berusia 17 tahun ini sekarang bermain untuk Madura United. Kala debut bersama tim laskar sapeh kerrap, ia dinobatkan sebagai pemain termuda yang berlaga di Liga 1.

Pada pertandingan FIFA Matchday kemarin yang berakhir dengan skor 4-1 merupakan laga debut Ronaldo Kwateh bersama timnas asuhan Shin Tae-yong. Laga tersebut sekaligus menjadikannya pemain timnas termuda yang melakoni laga internasional di usia 17 tahun 3 bulan 8 hari. Ronaldo Kwateh masuk menggantikan Ramai Rumakiek pada menit 46’. Di pertandingan tersebut dia berhasil memberikan assist yang mampu diselesaikan Ricky Kambuaya menjadi gol.

2. Marselino Ferdinan

Berbicara mengenai wonderkid Indonesia tentunya tidak akan melupakan nama Marselino Ferdinan. Pemain 17 tahun ini mampu menjadi salah satu pemain penting bagi timnya yakni Persebaya Surabaya. Kemampuannya dalam melakukan olah bola serta tendangan keras khas miliknya menjadikan pemain ini sebagai pemain muda terbaik yang dimiliki Indonesia.

Hingga pekan ke 21 Liga 1 BRI, Marselino Ferdinan telah mencetak tiga gol dengan 5 assist. Sama dengan Ronaldo Joybera Kwateh, Marselino Ferdinan juga melakoni laga debut bersama timnas saat melawan Timor Leste kemarin. Marselino Ferdinan diharapkan mampu menjadi angin segar bagi persepakbolaan Indonesia.

3. Alexandro Felix Kamuru

Berbicara mengenai pesepakbola asal Papua, setiap tahunnya selalu muncul bintang-bintang baru. Belakangan ini nama yang sering diperbincangkan yaitu Alexandro Felix Kamuru. Meskipun namanya masih cukup asing bagi sebagian orang, namun pemain yang berposisi sebagai fullback kiri ini sering disamakan dengan legenda sepakbola, Ortizan Solossa.

Kemampuannya dalam bertahan dan juga menyerang, menjadikan Alexandro Felix Kamuru sebagai pemain bertipe fullback modern. Dia juga pernah mendapat kontrak untuk bermain di luar negeri, namun dikarenakan usia yang masih cukup belia, dia memutuskan untuk bertahan di klubnya saat ini yaitu Barito Putera.

4. Bagus Kahfi

Nama Bagus Kahfi sempat menyita perhatian publik kala dirinya direkrut oleh FC Utrecht, Belanda. Saat ini dia bermain untuk tim muda FC Utrecht hingga Juni 2022. Akan tetapi dia masih memiliki opsi perpanjangan kontrak hingga dua tahun kedepan. 

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini memiliki kelebihan pada kecepatannya. Adanya Bagus Kahfi diharap mampu memperkuat daya serang Timnas di masa depan. Seperti yang kita ketahui saat ini timnas sangat sulit mencari penyerang berkualitas.

5. Elkan Baggot

Nama terakhir dalam daftar wonderkid Indonesia adalah Elkan Baggot. Bek dengan tinggi 194 cm ini mengawali karir bersama timnas Indonesia ketika laga Piala AFF 2020 kemarin. Pada laga itu, dia mencatatkan 6 penampilan dengan satu gol. 

Pemain berusia 19 tahun ini sekarang bermain untuk tim Ipswich Town U-23. Banyak rumor beredar jika dia diminati oleh klub asal Jepang, FC Tokyo.

Itulah daftar pemain wonderkid andalan Timnas di masa depan. Dengan adanya regenerasi pemain diharapkan selalu muncul bintang-bintang baru yang mampu mengangkat prestasi sepakbola Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here