5 Statistik dan Rekor Menarik Sepanjang Gelaran Sepakbola Wanita Olimpiade Tokyo 2020

0
150

Debatbola.com – Pertempuran antara 12 negara di cabang olahraga sepakbola wanita Olimpiade Tokyo memang sudah selesai. Tetapi data dan fakta mengenai ajang ini masih tetap menarik untuk disimak. Oleh karena itu, sepanjang perhelatan cabang olahraga sepakbola wanita, berikut adalah lima statistik menarik yang tersaji.

Top Skorer

Pembahasan mengenai top skorer selalu menjadi pembahasan paling menarik ketika membicarakan sebuah kompetisi. Demikian pula halnya dengan ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabor sepakbola wanita. Sederet pemain berlomba merebut status top skorer, tapi pada akhirnya, hanya ada satu yang berdiri di posisi paling atas daftar ini.

Timnas Belanda memang gugur awal di perhelatan ini, tetapi nama penyerang andalan mereka, Vivianne Miedema masih kokoh di puncak daftar top skor. Sepanjang perhelatan sepakbola wanita Olimpiade, Miedema telah berhasil mengemas sepuluh gol. Miedema unggul empat gol dari tiga pemain yang menjadi pesaing terdekatnya.

Mengisi daftar berikutnya, ada nama pemain Australia Sam Kerr yang sejauh ini telah mencetak enam gol. Sementara itu, penyerang andalan Britania Raya Ellen White juga berhasil enam gol sepanjang turnamen. White dan Kerr juga sejajar dengan penyerang sensasional Zambia, Barbra Banda.

Jumlah Gol

Selepas membahas top skorer, tak lengkap rasanya apabila tak membahas statistik banyaknya gol yang tercipta sepanjang gelaran sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020. Olimpiade tahun ini barangkali menjadi Olimpiade dengan jumlah gol terbanyak. Bayangkan saja, hanya dari 26 pertandingan, sudah ada total 101 gol tercipta di ajang ini.

Statistik 101 gol dari 26 pertandingan membuat sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020 tercatat memiliki rata-rata gol tercipta hingga 3,88 gol per laga. Jika diperhatikan, catatan ini bahkan lebih baik dari catatan ajang Olimpiade 1996. Sebagai informasi saja, Olimpiade 1996 hanya mencatatkan rata-rata 3,31 gol per laga.

Peringkat Negara Peserta

Mengingat laga final sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020, maka sudah dapat dipastikan, mana tim yang mengisi posisi tiga besar. Kanada sebagai peraih medali emas berhak mendapat posisi pertama. Sementara Swedia dan Amerika Serikat berturut-turut berhak mendapat peringkat ke-2 dan ke-3.

Lebih lanjut, peringkat ke-4 turnamen ini diisi oleh Australia, tim yang memang menampilkan banyak kejutan di sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020. Belanda dan Brazil berturut-turut mengisi posisi enam besar klasemen. Adapun untuk posisi tiga terbawah, ada China, Chile, dan juga Selandia Baru.

Statistik Menarik Tim-Tim Peserta

Berbagai rekor juga tercipta selama gelaran sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020, termasuk rekor-rekor kreasi para tim peserta. Timnas Belanda contohnya. Di turnamen ini, armada Sarina Wiegman mencatatkan dua rekor. Belanda adalah negara peraih margin kemenangan terbesar, dan terlibat dalam laga dengan gol terbanyak sepanjang Olimpiade.

Bukan cuma Belanda, timnas wanita Swedia juga mencatatkan rekor. Meski mereka adalah finalis turnamen ini, rekor yang diraih justru bagaikan keranjang sampah emas. Swedia sekarang menjadi tim dengan kekalahan paling banyak di Olimpiade, dengan 12 kekalahan. Mereka juga menjadi tim dengan kebobolan paling banyak di Olimpiade, yakni 34 kali.

Deretan Rekor Individual

Selain menyuguhkan rekor tiap negara peserta, ajang sepakbola wanita Olimpiade Tokyo juga menjadi ajang ukir rekor bagi para pemain. Sebagai contoh, ada punggawa Zambia, Barbra Banda. Pada laga melawan Belanda beberapa waktu lalu, Banda menjadi pemain Zambia pertama yang mencatatkan gol, sekaligus mengemas hattrick di Olimpiade.

Tak mau kalah dari Barbra Banda, penyerang Belanda Vivianne Miedema juga ukir rekor di sepakbola wanita Olimpiade tahun ini. Miedema saat ini tercatat sudah mengoleksi sepuluh gol di ajang sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020. Catatan versi media inter303 ini membuatnya dinobatkan sebagai pemain dengan jumlah gol paling banyak di satu edisi Olimpiade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here