5 Pemain Timnas Indonesia Ini Sudah Kembali ke Indonesia Setelah Bermain di Luar Negeri

0
16

Debatbola.com – Indonesia memiliki banyak pemain muda yang menjalani karier sepak bola bersama tim luar negeri. Namun saat ini tercatat ada 5 pemain yang sudah pulang ke Indonesia karena tidak menyepakati perpanjangan dengan tim sebelumnya. Tentunya akan sangat menarik melihat pemain berpengalaman luar negeri bermain di tim lokal. Lantas siapa saja yang dimaksud? Berikut diantaranya :

Witan Sulaeman

Salah satu pemain Indonesia paling terkenal yang telah kembali setelah berkelana di luar negeri adalah Witan Sulaeman. Pemain ini sebelumnya ke luar negeri untuk bergabung dengan tim sepak bola asal Polandia yaitu Lechia Gdansk. Namun sayang, karier sepak bola Witan Sulaeman di Lechia Gdansk tidak semulus karirnya bersama Timnas Indonesia.

Witan hanya bergabung sebentar dengan Lechia Gdansk, bahkan tercatat Witan Sulaeman belum pernah membela klubnya di Polandia ini sejak dirinya bergabung di tahun 2021. Dirinya hanya dimainkan untuk Lechia Gdansk II empat kali.

Witan Sulaeman juga pernah bermain untuk FK Senica dengan status pemain pinjaman. Dalam masa karirnya bersama FK Senica, Witan berhasil mencetak 2 gol dari 8 laga yang dilakoninya bersama klub asal Slovakia.

Bagus Kahfi

Bagus Kahfi merupakan pemain yang terbilang masih muda namun sudah memiliki banyak pengalaman di luar negeri. Pemain ini menandatangani kontrak dengan klub eropa Jong Utrecht. Namun mimpinya bermain di Eropa akhirnya harus berhenti untuk saat ini karena kontraknya sudah berakhir.

Selama bersama dengan Jong Utrecht, Bagus Kahfi tercatat bermain sebanyak 2 kali. Hingga saat ini dikabarkan pemain masih berburu klub baru. Meskipun dirinya hanya bermain dua kali bersama Jong Utrecht, pemain ini memiliki pengalaman dan latihan kelas Eropa yang tentunya bisa diandalkan.

Masih berusia 20 tahun, tentunya menjadikan Bagus Kahfi pemain muda yang masih sangat layak melanjutkan karirnya di dunia sepak bola. Hingga saat ini masih menarik untuk ditunggu kemana selanjutnya Bagus Kahfi akan bermain.

Yanto Basna

Yanto Basna bermain bersama tim asal Thai League All Stars yaitu dari PT Prachuap FC. Pemain asal tanah Papua tersebut berkarier cukup lama bersama klub asal Thailand. Kurang lebih sudah 4 tahun dirinya memperkuat sejumlah klub, diantaranya Khon Kaen, Sukhotai, dan PT Prachuap.

Setelah 4 tahun di Thailand, akhirnya Yanto Basna pulang ke tanah air setelah dirinya tidak mendapat kesepakatan di klub terakhirnya. Kontrak Yanto Basna dengan PT Prachuap tidak lagi diperpanjang pada tahun 2021 kemarin. Kini Yanto Basna sudah kembali ke tanah air dan membela Bhayangkara FC.

Ryuji Utomo

Pemain berusia 27 tahun ini akhirnya kembali ke dunia sepak bola Indonesia. Ryuji Utomo merupakan pemain belakang milik Persija Jakarta yang dipinjamkan ke klub Penang FC. Pemain yang satu ini terbilang memiliki karier bersinar bersama klubnya di luar negeri.

Dalam masa mengembaranya di klub luar negeri, Ryuji Utomo telah membela 2 klub besar yaitu PTT Rayong pada tahun 2017 hingga 2018, kemudian Penang FC 2021. Ryuji Utomo berhasil berkontribusi dengan baik ketika membela Penang FC yang akhirnya finis di urutan 3 Liga Super Malaysia 2021. Pemain ini tercatat telah bermain sebanyak 15 kali hingga bisa membawa timnya masuk 3 besar.

Egy Maulana Vikri

Nampaknya pecinta sepakbola kenal dengan pemain yang satu ini, Egy Maulana Vikri namanya sangat terkenal di tanah air. Pemain ini nampaknya sudah mengakhiri karier sepak bolanya di Eropa untuk saat ini. Pasalnya FK Senica memutuskan tidak lagi memperpanjang kontrak bersama Egy Maulana Vikri.

Hingga saat ini, Egy sudah dikaitkan dengan beberapa klub lokal Liga 1. Namun dari banyak klub yang ada, nampaknya Persija Jakarta yang paling serius dan paling mungkin mendapatkan pemain berusia 22 tahun tersebut. Sayangnya, untuk sementara ini Egy masih akan fokus dalam pemulihan cedera yang dialaminya. Menarik ditunggu bagaimana kelanjutan karir pemain ini di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here