5 Pemain Muda Yang Cepat Bersinar Bersama Tim Senior

0

Debatbola.com – Indonesia merupakan salah satu negara kuat untuk sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Terbukti Timnas Indonesia memiliki banyak talenta berbakat, bahkan pemainnya rata-rata masih berusia muda. Indonesia memiliki sejarah yang panjang dengan mempercayakan kekuatannya pada pemain-pemain muda dalam membela Tim Nasional Senior.

Mayoritas Pemain Muda

Saat ini komposisi pemain Tim Nasional Indonesia senior rata-rata berusia dibawah 25 tahun. Bahkan saat ajang bergengsi di Asia Tenggara yaitu Piala AFF 2020 lalu, Indonesia diisi oleh pemain-pemain muda. Kepercayaan yang Shin Tae-yong berikan ke para pemain ternyata tepat. Dengan kekuatan pemain muda, Indonesia berhasil menembus partai final.

Meskipun pemain Indonesia di dominasi oleh pemain muda, nyatanya Indonesia mampu memberikan penampilan yang menarik dan perlawanan yang sengit. Dengan usia yang masih muda, tentunya jam terbang yang dimiliki tidak sebanyak pemain lawan yang usianya sudah lebih senior dibanding Indonesia. Rata-rata pemain dari tim nasional negara lain memang lebih senior dan memiliki jam terbang lebih tinggi.

Final Piala AFF

Dalam ajang Piala AFF 2020 Indonesia bertemu Tim Nasional Thailand di partai puncak. Namun sayang Indonesia harus menerima kenyataan untuk kalah dari Thailand. Dalam pertemuan final Leg pertama Indonesia kalah 4-0 dari Thailand. Hal ini bisa terjadi karena pemain Indonesia yang kalah pengalaman dibanding Thailand yang memiliki jam terbang lebih banyak.

Dalam pertemuan final Leg kedua, Indonesia bermain lebih baik dan berhasil menahan imbang 2-2 dengan Thailand. Ini menandakan Indonesia telah belajar banyak dari pertemuan sebelumnya. Dengan usia pemain yang masih muda, tentunya Indonesia berpeluang lebih besar dalam ajang pertandingan Internasional berikutnya.

Pemain Senior Indonesia Memulai Debut Usia Muda

Indonesia memiliki banyak pemain yang berbakat bahkan saat usianya masih muda. Tercatat ada beberapa pemain senior yang memulai debut di usia muda bersama Tim Nasional Senior dan cepat bersinar. Sebagai contoh dibawah ini ada nama 5 pemain senior yang memulai debut di usia muda dan cepat bersinar:

1. Marselino Ferdinan

Pemain muda ini masih berusia cukup belia ketika bergabung bersama Tim Nasional Indonesia yakni 17 tahun 4 bulan 8 hari. Pemain ini masuk Tim Nasional Senior pada pertandingan bulan lalu yakni dalam ajang FIFA Matchday  melawan Timor Leste. Pemain ini berkali-kali merepotkan permainan lawan. Skill pemain ini juga sudah terasah dan terlatih bersama Persebaya Surabaya.

2. Ronaldo Kwateh

Dalam Laga FIFA Matchday ketika Indonesia melawan Timor Leste, pemain ini ikut berkontribusi besar atas kemenangan Skuad Garuda. Ronaldo Kwateh bermain dengan sangat baik hingga akhirnya Indonesia menang telak atas Timor Leste. Pemain ini dipromosikan oleh pelatih asal Negeri Ginseng pada usianya yang masih 17 tahun 3 bulan 8 hari.

3. Boaz Solossa

Boaz Solossa sebelumnya pernah mencetak rekor dan sejarah saat menjalani debutnya pertama kali bersama Tim Nasional Indonesia. Pemain ini saat bergabung bersama skuad senior masih berusia 18 tahun 14 hari. Debutnya pertama kali dengan Tim Nasional Senior adalah ketika Indonesia berhadapan dengan Turkmenistan dalam kualifikasi piala dunia.

4. Evan Dimas

Evan Dimas masih berusia 19 tahun saat menjalani debut bersama Tim Nasional Senior. Sebelumnya Evan Dimas bermain dengan sangat apik ketika membela Tim Nasional U-19. Dengan penampilannya tersebut membuat pelatih Indonesia Senior saat itu memutuskan untuk mempromosikan Evan Dimas. Saat ini Evan Dimas berusia 26 tahun dan masih aktif bersama Tim Nasional Senior.

5. Oktovianus Maniani

Oktovianus Maniani pertama kali debut dengan Tim Nasional Senior ketika usianya menginjak 20 tahun. Pemain ini memulai debut pada tahun 2010 dan ikut memeriahkan ajang Piala AFF 2010. Namun sayang, pemain ini hanya membela Tim Nasional Senior selama 3 tahun saja hingga 2013. Selama 3 tahun tersebut, pemain ini sudah ikut bermain sebanyak 25 kali bersama Tim Nasional Senior.

Indonesia bisa menjadi penguasa di Asia Tenggara karena memiliki kualitas pemain yang baik. Selain itu pemain muda memiliki langkah lebih panjang dibanding pemain negara lain yang memiliki usia lebih senior. Dalam ajang internasional berikutnya bukan tidak mungkin Indonesia akan menguasai kompetisi, mengingat pemain muda jika dilatih terus-menerus akan menjadi sangat berkualitas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version